Categories: MotoGP

Penggalangan Dana untuk Phil Read

RiderTua.com – Penggalangan dana untuk Phil Read… Mantan pembalap yang kini sudah berusia 81 tahun itu kini dalam perangkap kemiskinan. Dia tidak hanya menjadi pasien tetap di rumah sakit selama 2 tahun belakangan ini, sekarang dia juga dalam kesulitan keuangan. Penggalangan dana diupayakan untuk membantunya. Phil Read sudah lama menghabiskan tabungannya dari kontraknya dengan Yamaha, MV Agusta, dan Honda.

Penggalangan Dana untuk Phil Read

Juara dunia balap motor 8 kali Phil Read, mendapati dirinya dalam situasi yang menyedihkan di Inggris pada usia 81. Karena menderita penyakit yang cukup serius (penyakit paru-paru COPD), dan usianya yang sudah uzur.

Pada 10 April 2020, Phil Read berkomunikasi kepada banyak penggemarnya dengan memposting di akun Facebooknya. “Saya baru saja keluar dari rumah sakit NHS Canterbury, dan telah dibebaskan dari penyakit ini. Tapi saya masih membutuhkan oksigen untuk paru-paru saya yang sakit, karena saya menderita COPD, penyakit paru-paru.”

“Saya tahu dari masa lalu, apa yang terbaik bagi saya dalam hal ini. Makanya saya pesan tablet anti malaria Antovaquone / Proguanil yang 100 mg pil. Saya juga membaca di Internet dan melihat di TV bahwa itu memudahkan pasien untuk bernapas. Semoga sukses! “

Tak hanya itu, Phil Read juga positif C-19. Dia tidak bisa ikut serta dalam acara atau perjalanan kemana pun, jadi penghasilannya benar-benar hilang. Di masa lalu, dia telah berulang kali mengumpulkan uang yang cukup besar, untuk balapan motor klasik dan acara lainnya, bahkan pada usia 80 tahun.

Phil Read

Helping Phil Read

Inilah mengapa kampanye bertajuk ‘Helping Phil Read’ kini telah dimulai di situs gofundme.com di Inggris Raya, yang diluncurkan oleh penggalangan dana Stephen Williams.

“Saya telah mengenal Phil Read selama lebih dari 40 tahun. Kami selalu berteman baik. Sayangnya, karena sakit Phil tidak lagi bisa tampil di depan umum. Ini telah menciptakan hambatan finansial. Phil harus pergi ke rumah sakit lagi dan lagi karena kesulitan bernapas selama beberapa tahun terakhir.”

“Dia berjuang untuk menutupi biaya hidupnya. Dan meskipun saya membantunya sebanyak mungkin, dia masih membutuhkan sedikit uang ekstra agar dia dapat menjalani hidup yang lebih nyaman,” kata Stephen Williams kepada basis penggemar Inggris itu.

Dengan penggalangan dana ini, setidaknya 5.000 pound (94 juta) bisa dikumpulkan. Sejauh ini sejak 19 Oktober setidaknya 560 pound telah disimpan, sebagian besar berjumlah 20, 25, 30 atau 50 pound. Mantan pembalap seperti Eddie Roberts juga turut berkontribusi.

Pembalap Legendaris Inggris

Meski mengalami kemunduran, Phil Read masih bertahan. Pembalap motor legendaris Inggris yang dianugerahi gelar tinggi sebagai Anggota Kerajaan Inggris (MBE) oleh Ratu (seperti Hailwood dan Sheene) itu, harus dirawat di rumah sakit dua setengah tahun yang lalu di sebuah acara di Imola karena dari gagal jantung akut. Namun dia segera sembuh dan kemudian marah karena penyelenggara menahan biaya masuk yang dijanjikan.

Read memenangkan 7 gelar juara dunia balap GP dengan menggunakan Yamaha dan MV Agusta, ditambah TT Formula 1 World Championship 1977 (diadakan di sirkuit jalan raya yang berbahaya seperti Tourist Trophy) dengan Honda.

Pada 1 Januari 2019 Phil merayakan ulang tahunnya yang ke-80. Saat itu, dia mengumumkan ingin menjadi orang pertama yang terbang di atas Selat Inggris dengan gyrocopter listrik pada 2019.

“Tenaga listrik adalah masa depan,” kata Read, yang berada di Silverstone GP 2018 bersama putranya Phil. Phil junior bekerja sebagai Kepala Pemasaran di Triumph Motorcycles di AS.

Phil Read, yang hingga saat ini masih menjadi tamu kehormatan di kompetisi Klasik, adalah salah satu pembalap terakhir yang memenangkan perlombaan Kejuaraan Dunia 500cc dengan mesin 4-tak. Dia menang di MV Agusta di Spa-Francorchamps pada tahun 1975 (rata-rata balapan 214,3 km / jam), dan di Brno. Giacomo Agostini bahkan pada tahun 1976 di Nurburgring.

This post was last modified on 2 November 2020 18:01

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Aleix Espargaro : Tidak Ada yang Menyangka Pedro Acosta dan KTM Akan Sekuat Itu

RiderTua.com - Aleix Espargaro salah satu dari pembalap senior yang memuji setinggi langit penampilan pembalap baru dari negaranya, Spanyol.. Pedro…

28 Maret 2024

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024