Categories: MotoGP

Alex Marquez: Saya Kini Lebih Memahami Honda

RiderTua.com – Alex Marquez berujar,” Saya kini lebih memahami Honda…” Di GP Teruel, Honda Racing Corporation (HRC) mendapatkan hasil terburuk sejak bergabung di kelas MotoGP. Di balapan seri ke-11 musim ini, mereka hanya mengantongi 9 poin. Namun jika jeli, sebenarnya kuartet Honda ( Alex, Taka, Cal, Bradl) itu sebenarnya telah melakukan lompatan ke depan. Adik Marc Marquez itu pun menilai jika sebagai pendatang baru, kini dirinya lebih mengerti dengan motor Honda.

Alex Marquez: Saya Kini Lebih Memahami Honda

Pertanda baik bagi Honda. Takaaki Nakagami memulai dari posisi terdepan di MotoGP Teruel, Cal Crutchlow start dari P7 dan Alex Marquez juga menjanjikan dalam balapan. Sesudah di Le Mans Prancis dan kemudian pada balapan pertama di Aragon, kurva Honda menanjak dengan dua kali Alex Marquez naik podium berturut-turut.

Namun sayang hasil positif ini tak diikuti saat GP Teruel di MotorLand Aragon minggu lalu. Nakagami jatuh di awal balapan, kemudian Alex kehilangan kendali atas roda depan dan juga terjatuh. Hanya Crutchlow dan pemain pengganti Marc Marquez yakni Stefan Bradl yang mendapatkan poin setelah finis ke-11 dan ke-12.

Artinya, pasukan HRC telah mencapai hasil terburuk dalam 38 tahun. Sejak bergabung di kelas premier yakni tahun 1982, mereka selalu meraih gelar juara. Mereka saat ini berada di nol dan hanya memiliki tiga opsi untuk memoles posisinya di klasemen.

Insiden jatuh tersebut seharusnya tidak menyembunyikan fakta bahwa, kuartet Honda itu telah melakukan lompatan ke depan. Alex Marquez menjelaskan, “Kami masih mengendarai motor yang kami gunakan untuk memulai musim. Tidak ada yang berubah dibandingkan balapan saat itu.”

“Tapi saya pikir, kita sekarang menghasilkan lebih banyak keuntungan dari kekuatan kita. Ini tahun pertama saya, dan itulah mengapa itu tidak mudah bagi saya. Tetapi perlahan saya mulai memahami segalanya lebih baik.”

Alex Marquez: Saya Kini Lebih Memahami Honda

Motor yang Semakin Oke

Ini juga terbukti dalam pencapaiannya. Pendatang baru ini tidak hanya memperebutkan gelar ‘Rookie of the Year’ bersaing dengan Brad Binder. Tetapi juga untuk membungkam keraguan banyak orang, dengan dua kali finis di tempat kedua.

Alex berkata, “Awalnya saya punya masalah dengan ban, saya tidak terbiasa dengan itu. Tapi hal itu normal. Saya juga mengalami kesulitan di kelas Moto2 setelah pindah ke MotoGP. Kami sekarang memiliki paket yang bagus bersama. Saya bisa menangani ban depan dan juga merasakan lebih baik dengan ban belakang.”

Di awal musim, para pembalap Honda sempat mengeluhkan ban belakang. Alex melanjutkan, “Tes di Sepang berjalan dengan baik. Setelah itu kami tidak bisa mengatasi bagian tepi yang menakutkan. Kami tidak tahu bagaimana mengontrolnya. Sekarang kami memiliki lebih banyak cengkeraman. Memang benar bahwa pabrikan lain memiliki lebih banyak cengkeraman, tetapi kami berada di jalur yang benar.”

Sekarang waktunya untuk melanjutkan.Naik podium atau sukses besar akan menjadi menyejuk jiwa Honda 2020.

This post was last modified on 29 Oktober 2020 07:23

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024