Categories: MotoGP

Dovizioso Bisa Bocorkan Rahasia Ducati ke Honda?

RiderTua.com – Andrea Dovizioso bisa bocorkan rahasia Ducati ke Honda, jika dia menjadi tes ridernya.. Dovi punya peluang bergabung dengan tiga pabrikan: Honda, Yamaha atau KTM… Pembalap MotoGP yang tahun depan hengkang dari Ducati itu dalam ketidak pastian apakah bisa bergabung di tim Aprilia sebagai pembalap reguler. Namun menurutnya jika sekedar tes rider ada tiga pabrikan (Honda, Yamaha atau KTM) yang bisa menampungnya di musim 2021 nanti.

Dovizioso Bisa Bocorkan Rahasia Ducati ke Honda?

Andrea Dovizioso melewati dua balapan MotoGP yang buruk akhir-akhir ini. Di GP Aragon dia memulai dari posisi ke-13 di grid, setelah berselisih dengan rekan setimnya Danilo Petrucci. Dimana ‘Petrux’ lolso ke Q2 berkat slipstream dovi, sementara Dovizioso tidak berhasil.

Pada hari Sabtu di ‘Gran Premio Liqui Moly de Teruel’, runner-up MotoGP tiga kali itu, bahkan hanya berada di posisi ke-17 di grid. Pembalap Italia 34 tahun itu menempati posisi ke-13 dalam balapan, dan meraup 3 poin.

Dalam 7 balapan terakhir sejak menang di Spielberg-1, juara MotoGP 15 kali itu hanya mengoleksi 53 poin. Ini sesuai dengan rata-rata 7,5 poin per putaran Kejuaraan Dunia atau sekitar tempat ke-9. Di klasemen Kejuaraan Dunia, Dovizioso sekarang tertinggal 28 poin dari pemimpin klasemen Joan Mir.

Masa Depan Masih Abu-abu

Tapi bukan hanya kurangnya daya saing dari motor Ducati GP20, yang bikin repot veteran berusia 34 tahun asal Forli itu. Dovizioso juga khawatir dengan masa depannya yang tidak pasti. Seperti diketahui, Ducati begitu lama melecehkan Dovi, dan menunda perpanjangan kontraknya. Hingga juara dunia 125 cc 2004 itu merasa kecewa. Dan pada 15 Agustus di GP Spielberg, Dovi mengkonfirmasi perpisahan di akhir musim ini.

Namun sayang, saat ini semua pintu tim lain telah ditutup, kecuali Aprilia. Di mana direktur balapan Massimo Rivola mengumumkan beberapa waktu lalu, bahwa Cal Crutchlow atau Dovizioso hanya akan digunakan jika Andrea Iannone benar-benar dilarang membalap hingga Juni 2021 (kasus doping).

Setelah kontak awal antara manajer Dovizioso Simone Battistella dan Aprilia terjadi, ternyata gaji Dovi melebihi anggaran Aprilia Racing. Namun, belakangan Rivola mengkonfirmasi ketertarikannya pada Dovizioso.

Sekarang jelas, bahwa Aprilia tidak akan memiliki anggaran yang cukup. Sponsor utama yang kuat secara finansial dan tidak ada kekuatan finansial tambahan untuk tahun 2021 juga. Departemen teknologi telah mengalami perubahan besar yang belum pernah terjadi sebelumnya, di bawah komando Direktur Teknis yang kontroversial, Romano Albesiano.

Sebagian besar ahli di Aprilia telah pergi, bahkan desainer mesin Aprilia Insinyur Mario Manganelli hengkang sebelum musim 2019. Karenanya, seperti yang diperkirakan, Dovizioso tidak akan melakukan petualangan dengan Aprilia.

Tapi dia ingin tetap membalap di MotoGP. Oleh karena itu, dia telah bernegosiasi selama berbulan-bulan dengan semua pabrikan kecuali Aprilia dan Ducati untuk kontrak sebagai test rider. Pembalap pengganti dan pembalap dengan tiga penampilan wildcard per musim.

Dovizioso Bisa Bocorkan Rahasia Ducati ke Honda?

Kemana akan Berlabuh?

Di sisi lain, negosiasi dengan Suzuki terputus. Dan pabrikan Jepang itu melanjutkan dengan Sylvain Guintoli yang berusia 38 tahun. Diskusi dengan Yamaha juga sulit, meskipun Dovi mendapat dukungan dari Valentino Rossi. Tapi Yamaha terus mengandalkan tim penguji Jepang. Sejauh ini, infrastruktur tim penguji Eropa belum benar-benar seperti Honda, Ducati atau KTM, bahkan untuk mempekerjakan Jorge Lorenzo secara penuh.

Meski begitu, dalam sebuah wawancara dengan Speedweek.com, manajer Dovi, Simone Battistella menyakinkan, “Kami memiliki peluang dengan Yamaha, Honda, dan KTM.” Seminggu lalu, pembalap Italia itu telah berbincang dengan Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer.

Namun di KTM, minat terhadap Dovi terbentur setelah Dani Pedrosa memperpanjang kontraknya. “Pembalap kami untuk musim yang akan datang sudah siap. Tim penguji tidak akan berubah dengan Dani Pedrosa dan Mika Kallio,” tegas Manajer Balap Mike Leitner.

Sementara itu, HRC (Honda Racing Corporation) adalah satu-satunya yang dapat memenuhi persyaratan gaji yang diminta Dovizioso. Tapi Stefan Bradl, pembalap tes MotoGP di Honda selama 3 tahun, diperkirakan akan melakukan perpanjangan kontrak.

Dovizioso Bisa Bocorkan Rahasia Ducati ke Honda

“Saya telah menerima sinyal positif dari HRC dalam beberapa pekan terakhir,” kata Bradl, yang kemarin hanya kalah 0,7 detik dari pembalap terbaik Honda (Cal Crutchlow).

HRC juga telah mempekerjakan 2 atau 3 pembalap penguji MotoGP, dan pembalap cadangan pada saat yang sama, misalnya Casey Stoner, Hiroshi Aoyama atau Takumi Takahashi.

Tapi jika Dovi bergabung dengan Honda, ada satu manfaat yang bisa dipetik. Setelah 8 tahun di Ducati, Dovi pasti bisa membawa banyak pengetahuan teknis ke Honda.

This post was last modified on 27 Oktober 2020 07:55

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Marco Bezzecchi : Finis ke-8 Bukan Hasil yang Luar Biasa, Tapi Ini Kemajuan Kecil yang Bagus

RiderTua.com - Setelah finis di posisi ke-6 di GP Portugal, Marco Bezzecchi semakin meningkatkan daya saingnya di GP Amerika. Di COTA,…

17 April 2024

Fabio Di Giannantonio : Senang Bisa Finis ke-6 Dalam Balapan Seperti Ini

RiderTua.com - Setelah melakoni latihan dengan sangat baik di hari Jumat, kedua rider dari tim Pertamina Enduro VR46 yakni Fabio Di…

17 April 2024

Para Pemudik Ramaikan Bale Santai Honda Jatim di Lebaran 2024

RiderTua.com - MPM Honda Jatim (PT. Mitra Pinasthika Mulia) selaku distributor motor Honda wilayah Jatim dan NTT, di masa mudik…

16 April 2024

Aleix Espargaro : Jika Tidak Ada Kontak di Lap Pertama Saya Bisa Finis di 5 Besar

RiderTua.com - Sementara rekan setimnya Maverick Vinales mendominasi GP Amerika, Aleix Espargaro finis ke-7 setelah terjadi kontak di awal balapan.…

16 April 2024

Toyota Dkk Tidak Naikkan Harga Small SUV Bulan Ini

RiderTua.com - Toyota memang memiliki berbagai macam model SUV yang dijualnya di Indonesia. Seperti small SUV Raize yang dijual bersama…

16 April 2024

Cara Enea Bastianini Menghemat Ban, Mulai ‘Ngepush’ Pada 8 Lap Terakhir

RiderTua.com - Setelah meraih dua kali podium berturut-turut, Enea Bastianini berhasil menempati peringkat 2 di klasemen. Rider pabrikan Ducati itu…

16 April 2024