Pabrik Royal Enfield Terbaru akan Dibangun di Thailand

RiderTua.com – Sepertinya pabrik Royal Enfield terbaru di Asia Tenggara akan segera dibangun. Tapi sayangnya pabrik sepeda motor legendaris ini akan didirikan di Thailand dan bukannya Indonesia. Nantinya pabrik Royal Enfield terbaru ini akan memproduksi sejumlah motor untuk dijual di pasar Asia Tenggara. Fasilitas tersebut baru bisa digunakan mulai tahun depan.

Baca juga: Motor Listrik Mulai Dilirik Oleh Royal Enfield

Pabrik Royal Enfield Terbaru Memproduksi Motor

Tentu ini bukan pertama kalinya Royal Enfield membangun pabrik di luar India, karena mereka sudah punya pabrik di Argentina. Tapi tentu saja mengirim motor dari Amerika Selatan ke Asia tentu sangat sulit, terlebih di India mereka masih harus memenuhi permintaan yang ada. Untuk mempermudahnya, maka Royal Enfield membangun pabrik di salah satu negara di Asia.

Jadi kenapa Thailand yang dipilih dan bukannya Indonesia? Merek ini menganggap Thailand memiliki angka penjualan yang cukup bagus, dengan 3.146 unit motor terjual pada tahun 2019 lalu. Meskipun mungkin masih ada alasan lainnya yang tak bisa dijelaskan oleh Royal Enfield. Selain itu, pengirimannya tak perlu dilakukan jauh-jauh dari India.

Pabrik Royal Enfield terbaru di Thailand
(foto: Cartoq.com)

Ribuan Unit Per Tahun

Pabrik ini akan dibangun di kawasan industri strategis di Negeri Gajah Putih, dengan begitu mereka dapat memproduksi motor dengan lebih leluasa. Soal kapasitas produksi, pabrik tersebut bisa membuat hingga 5 ribu unit motor dalam tahun pertama, dan bisa saja ditingkatkan. Asalkan kalau ada peningkatan permintaan dari konsumen di Benua Asia.

Meski sudah bisa memproduksi motor sendiri, tapi sebagian besar komponennya masih harus didatangkan dari India. Royal Enfield menyebut setidaknya 60 persen komponen yang diproduksi disuplai dari Negeri Bollywood, sementara sisanya dari dalam negeri. Artinya model yang didatangkan ke Thailand akan berupa CKD (completely knock down).

Dengan adanya pabrik di Thailand, maka Royal Enfield bisa mengurangi harga motor yang dijualnya. Setidaknya itu yang bisa didapat bagi Indonesia, karena Royal Enfield tak perlu mendatangkannya dari India lagi. Sehingga harga jualnya bisa sedikit lebih terjangkau dari sebelumnya.

Be the first to comment

Leave a Reply