Categories: MotoGP

Rossi Kenang MotoGP 2000, Kangen Katanya!

RiderTua.com – Rossi kenang MotoGP 2000, kangen katanya!… Baru-baru ini pembalap tim Monster Energy Yamaha itu, terkenang dengan balapan di awal tahun 2000 silam. Di tahun inilah dia pertama kali naik kasta masuk ke kelas premier. Pembalap senior ini pun sudah pernah mengalami dan menyaksikan berbagai perubahan baik dari sisi pembalap maupun motor.

Rossi Kenang MotoGP 2000, Kangen Katanya!

Valentino Rossi tak memungkiri jika balap MotoGP era sekarang lebih kompetitif. Persaingan antar pembalap sangat sengit. Demikian juga dengan perolehan poin, yang jaraknya tidak terpaut banyak. Menurutnya, saat ini sangat sulit untuk bisa meninggalkan rival dengan jarak yang cukup jauh seperti dulu.

Persaingan saat ini semakin imbang, baik dari sisi merek maupun tim dan dari sisi pembalap tim pabrikan dan tim satelit. Kepada Tuttomotoriweb, Rossi mengungkapkan “Ini sangat sulit, dan itu salah satu perbedaan terbesar dari 10 atau 15 tahun lalu.”

“Tapi begitulah adanya. Jika Anda ingin berada di sana, Anda harus bekerja pada setiap detail dan Anda tidak bisa lambat bahkan dalam satu tikungan.”

Meski persaingan saat ini semakin sengit, Rossi mengatakan bahwa motor MotoGP era sekarang yang sudah 4-tak adalah motor terbaik. Bahkan melebihi motor-motor GP tahun ’80- ’90-an yang masih 2-Tak.

Lebih lanjut Rossi menambahkan, “Ada begitu banyak nostalgia. Saya berpikir lebih baik di masa lalu dengan motor 2-Tak di tahun 80’an. Tapi menurut saya, sekarang kita memiliki motor terindah sepanjang masa dan yang terbaik dalam pengendalian.”

“Saya lebih suka awal 2000-an, karena saya menang,” imbuhnya sambil terkekeh.

Beda Teknologi

Rossi mengatakan adanya perbedaan teknologi, terutama di bidang kelistrikan yang ternyata sangat berpengaruh pada peta persaingan MotoGP saat ini. Hal inilah yang kemudian menuntut keterampilan para pembalapnya.

“Kami perlu memahami mengapa kami semua berjarak begitu dekat. Ada faktor teknis pada motornya, karena kita semua punya ECU yang sama. Ban juga sama untuk semua pembalap.”

“Di masa lalu, pembalap pabrikan dan 5 besar teratas, bisa mendapatkan sesuatu yang lebih baik. Tapi mungkin itu juga profesionalisme terbaik, sebab pembalap harus mempersiapkan semua dengan baik,” pungkas The Doctor.

This post was last modified on 8 Oktober 2020 10:25

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Toyota Fortuner Ungguli Penjualan Mitsubishi Pajero Sport Bulan Lalu

RiderTua.com - Toyota memang cukup unggul di pasar mobil penumpang di Indonesia secara keseluruhan. Hanya saja tidak semua segmen bisa…

18 April 2024

Marc Marquez : Saat Berjabat Tangan dengan Pecco Saya Bilang Padanya ‘Saya Mengerti’

RiderTua.com - Pada balapan utama di Portimao, Marc Marquez 'dikirim' ke gravel oleh Pecco Bagnaia saat mereka terjadi kontak di…

18 April 2024

Maverick Vinales : Menang di 3 Pabrikan Berbeda, Tapi Bukan Rekor yang Bagus!

RiderTua.com - Maverick Vinales mencatatkan namanya dalam buku rekor sebagai pembalap pertama di era MotoGP yang meraih kemenangan bersama tiga…

18 April 2024

Skor Pembalap MotoGP di COTA: Marquez 5, Acosta 10

RiderTua.com - Penampilan memukau rookie Pedro Acosta di GP Amerika sungguh mengesankan. Bagaimana tidak, rider GasGas Tech3 itu dengan gagah…

18 April 2024

Luca Marini : Dibandingkan Dulu, Kekuatan Mesin RC213V Berkurang

RiderTua.com - Masa-masa sulit terus berlanjut bagi Luca Marini. Di Texas, rider Italia itu menjadi satu-satunya pembalap Honda yang berhasil menyentuh…

18 April 2024

Marc Marquez Sungguh Luar Biasa!

RiderTua.com - Kepala kru Marc Marquez, Frankie Carchedi mengatakan bahwa sungguh luar biasa pembalap Gresini itu bisa menjadi yang terdepan…

17 April 2024