Categories: MotoGP

Repsol ‘Batal’ Pisah dengan Honda?

RiderTua.com – 3 hal berikut yang membuat Repsol ‘Batal’ pisah dengan Honda (paling tidak 2 tahun lagi).. Perusahaan minyak dan oli pelumas terbesar di Spanyol, Repsol telah menjadi sponsor utama tim resmi Honda di MotoGP kelas premier sejak 1995. Setahun yang lalu dilaporkan dari Spanyol bahwa Honda tidak akan memperpanjang kontrak yang habis pada akhir tahun 2020 ini.. Namun sepertinya kerjasama mereka akan bertahan paling tidak untuk dua tahun kedepan. Tentunya Repsol tidak akan tinggal diam.. Ada 3 poin yang membuat hal itu tak mungkin.. Pertama beberapa kendala dengan saingannya Elf, Shell atau Castrol mulai terselesaikan.. Lalu 2 hal apalagi yang membuat Repsol sulit meninggalkan Honda..?

Repsol ‘Batal’ Pisah dengan Honda

3 Hal Berikut yang Membuat Repsol ‘Batal’ Pisah dengan Honda

Nilai yang dikucurkan Repsol untuk Honda antara 12 dan 15 juta euro per tahun. Namun sejak awal kerja sama, beberapa importir ternama Honda sempat khawatir karena memiliki kemitraan sendiri dengan perusahaan oli mineral, misalnya dengan elf, Shell atau Castrol, sehingga enggan memasang poster dengan iklan Repsol di pabriknya. Tapi sekarang Repsol juga meneliti oli dan bahan bakar terbaik untuk kendaraan Honda di laboratorium di Spanyol, setidaknya itulah yang dikatakan Repsol.

Dalam beberapa pekan terakhir, ada spekulasi dari dua media besar Spanyol dan Italia.. Yang menyebutkan bahwa Repsol dapat menggunakan musim MotoGP Honda yang gagal karena absennya Marc Marquez, sebagai kesempatan untuk keluar dari MotoGP di akhir musim 2020. Sebagai informasi saja peringkat tim Honda Repsol adalah ke-11, peringkat konstruktor ke-5 dan tanpa pernah sentuh podium sejauh ini..

Kondisi lain yang memperkuat sinyal perpisahan itu adalah Red Bull telah meninggalkan Tech3-KTM setelah dua tahun kerja sama. Hal ini menimbulkan kecurigaan bahwa perusahaan minuman energi Austria tersebut dapat menggantikan tempat Repsol di Honda. Red Bull sudah membayar 30 persen dari ruang iklan di motor tim resmi HRC Marc Marquez dan Alex Marquez.

3 Hal Berikut yang Membuat Repsol ‘Batal’ Pisah dengan Honda

Kontrak Marquez 4 Tahun, Espargaro 2 Tahun

Namun diberitakan oleh media speedweek, Repsol akan memperpanjang kontrak dengan HRC, dua tahun lagi rencananya.. Alasannya karena Marc Marquez telah menandatangani kontrak hingga akhir 2024, yang menjamin perhatian media yang sangat besar di Spanyol. Dan Pol Espargaro menjadi orang Spanyol kedua selama dua tahun dalam Tim. Mungkinkah Repsol meninggalkan dua pembalap Spanyol yang menjanjikan..?

Repsol dan HRC memiliki kemitraan terpanjang dan tersukses yang pernah ada di Kejuaraan Dunia MotoGP. Mick Doohan memenangkan gelar dunia pertamanya dalam livery HRC pada tahun 1994, empat sisanya dengan Repsol. Sampai saat ini, Repsol-Honda telah meraih 180 kemenangan balapan dan 445 podium di kelas para raja.

Informasi dari media Spanyol: Honda dan Repsol hampir siap untuk menutup perjanjian sponsor selama dua tahun lagi. Negosiasi sedang berlangsung dan bagaimanapun, apa yang mungkin menunda penandatanganan akhir adalah kemungkinan redefinisi keterlibatan perusahaan minyak itu di MotoGP dan kejuaraan lainnya.

3 Hal Berikut yang Membuat Repsol ‘Batal’ Pisah dengan Honda

Pengaruh Alberto Puig Kuat di perusahaan Minyak Repsol

Perpisahan Repsol dari Honda adalah skenario yang tidak diinginkan bagi banyak orang. Pada titik ini, hanya kejadian besar di antara kedua pihak yang dapat menyebabkan gagalnya negosiasi.

Dan kehadiran Alberto Puig di HRC, menjadi salah satu orang yang paling berpengaruh dan dihargai oleh para eksekutif Repsol sejak dulu, menjadi nilai tambah sehingga semuanya tetap sama.. Repsol bekerja keras untuk memanfaatkan hype media di Spanyol dengan fenomena Marc Marquez dan mengumumkan bahwa mereka akan terus bersama Honda setidaknya selama dua tahun lagi…!

This post was last modified on 3 Oktober 2020 19:48

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Pramac : Bagnaia Bisa Saja Menghindari Kecelakaan dengan Marc

RiderTua.com - Kemenangan pertama musim ini untuk tim Pramac dan Jorge Martin, kandidat gelar MotoGP 2024 dan mengincar tujuan bersejarah: tim…

29 Maret 2024

Pedro Acosta Bisa Menang di Jerez, Tapi Kata Siapa?

RiderTua.com - Baru dua seri berlalu dan kecintaan banyak penggemar MotoGP terhadap Pedro Acosta sudah meroket. Bukan karena bakatnya saja,…

29 Maret 2024

Fermin Aldeguer Datang, Pramac Ducati Hengkang?

RiderTua.com - Bergabungnya Fermin Aldeguer dan dimana ditempatkan masih menjadi misteri... Bahkan kolaborasi Ducati dan tim Pramac juga masih belum…

29 Maret 2024

Marco Bezzecchi Ada Masalah dengan Kopling Ducati

RiderTua.com - Marco Bezzecchi sedang berjuang untuk bertarung di barisan depan di musim MotoGP 2024. Pembalap VR46 memiliki masalah dengan…

29 Maret 2024

Aleix Espargaro : Tidak Ada yang Menyangka Pedro Acosta dan KTM Akan Sekuat Itu

RiderTua.com - Aleix Espargaro salah satu dari pembalap senior yang memuji setinggi langit penampilan pembalap baru dari negaranya, Spanyol.. Pedro…

28 Maret 2024

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024