Categories: Sepak Bola

5 Poin yang Bikin Barcelona Menang Mudah dari Girona

RiderTua.com – 5 poin yang bikin Barcelona menang mudah dari Girona… Barca meraih kemenangan dalam dua pertandingan persahabatan pramusim, di bawah manajer baru Ronald Koeman. Rabu (16/9/20), Blaugrana menang 3-1 atas tim tetangga Girona, setelah sebelumnya juga menang 3-1 atas Gimnastic.

5 Poin yang Bikin Barcelona Menang Mudah dari Girona

Dilansir dari Sportskeeda, bertempat di di stadion Johan Cruyff, Juan Carlos melakukan beberapa penyelamatan awal, sebelum Philippe Coutinho memecahkan kebuntuan di tengah babak pertama. Gol Coutinho di menit ke-21 itu sangat pantas didapat Barcelona yang sejak awal pertandingan mendominasi laga.

Tak lama kemudian tepatnya di menit ke-45, kapten Lionel Messi menggandakan keunggulan timnya, dengan penyelesaian bagus dari luar kotak penalti. Berselang hanya 1 menit kemudian, Girona berhasil membalas berkat gol yang dicetak Samuel Saiz. Di menit ke-51, Messi kembali menjebol gawang lawan dan memastikan Barcelona menang 3-1 dari laga itu.

Girona akan kembali ke La Liga, mereka akan mengunjungi Sporting Gijon di Divisi Segunda. Sementara Barcelona menjadi tuan rumah untuk laga kontra Elche di trofi Joan Gamper di pertandingan pramusim terakhir mereka.

Dan berikut 5 poin yang membuat Barca menang mudah atas Girona.

Kembalinya Performa Terbaik Coutinho

Bukan rahasia lagi, bahwa Philippe Coutinho gagal menunjukkan performa terbaiknya, sejak transfernya dari Liverpool yang memecahkan rekor ke Barcelona pada Januari 2018.

Namun, setelah menghabiskan musim yang luar biasa dengan status pinjaman di Bayern Munich, pemain asal Brasil itu siap untuk bertempur di Camp Nou. Manajer baru Barcelona Ronald Koeman menyatakan kesediaannya, untuk memberi mantan pemain Liverpool itu catatan bersih dan awal yang baru.

Coutinho tampaknya siap untuk melakukan yang terbaik, dan ini telah dibuktikan dengan penampilannya yang bagus di pramusim. Dia mencetak gol dari titik penalti dalam kemenangan 3-1 Barcelona atas Gimnastic Terragona pada Sabtu lalu.

Coutinho juga berhasil membuka skor saat melawan Girona, dengan memanfaatkan gawang kosong setelah kerjasama apik antara Messi dan Trincao. Pemain berusia 28 tahun itu, memberikan performa yang bagus secara keseluruhan sebelum meninggalkan lapangan tepat satu jam kemudian.

Musim depan adalah salah satu kesempatan baru untuk karir Coutinho di Barcelona. ​​Tetapi dengan bukti penampilan ok pra-musimnya, pemain tersebut tampaknya siap untuk menulis ulang kisah sukses Camp Nou-nya.

Koeman Merubah Gaya Permainan Barcelona

Barcelona telah bermain dengan formasi 4-3-3 dalam dua dekade terakhir, dan menjadi bagian yang terbaik. Dimana formasi ini telah dicoba dan teruji menjadi fitur menonjol dalam periode paling sukses dalam sejarah klub. Namun, tampaknya manajer baru Ronald Koeman mencoba keluar dari status quo tersebut.

Dalam dua pertandingan pertamanya sebagai pelatih, mantan pelatih Timnas Belanda itu menggunakan formasi 4-2-3-1. Di mana sistem pivot ganda melindungi pertahanan, sementara seorang gelandang serang beroperasi di belakang penyerang tengah.

Melawan Girona, Sergio Busquets dan Frenkie de Jong stand-by di depan lini belakang. Sementara Philippe Coutinho yang diapit oleh Messi dan Francisco Trincao bermain di belakang Antoine Griezmann.

Ini adalah formasi yang sangat berbeda dengan yang selama ini digunakan para pemain Barcelona. Koeman mengakui hal itu, setelah laga kemenangan melawan Gimnastic, dia menyatakan:

”Ini mungkin sedikit berbeda dan lebih defensif dari apa yang telah kita lihat dalam beberapa tahun terakhir. Tapi tujuannya adalah untuk memindahkan bola, menahannya dan menciptakan ruang untuk bermain antar garis, di belakang lini tengah lawan. Saya pikir tim ini mampu melakukannya, karena kami memiliki gelandang yang mampu bermain dengan cara itu.”

Dengan upaya untuk mengubah gaya permainan Barcelona, jelas memiliki konsekuensi ‘bencana’. Namun masih harus dilihat, apakah Ronald Koeman berhasil menerapkan formasi yang berbeda ini?

Absennya Luis Suarez Mempertegas Rumor Kepindahannya

Sudah dua pertandingan berturut-turut, Ronald Koeman tidak memasukkan Luis Suarez di dalam timnya. Dimana hal ini bisa ditafsirkan sebagai petunjuk utama, bahwa waktunya bersama Barcelona tinggal menghitung hari.

Koeman dilaporkan telah memberitahu pemain asal Uruguay itu, bahwa dia adalah salah satu dari empat pemain yang tidak diinginkan di klub. Dan Juventus di antara beberapa klub yang dikaitkan dengan Suarez.

Dengan absennya Suarez, baik Messi dan Griezmann telah memimpin skuat Barcelona di dua pertandingan pertama klub di luar musim. Hal ini bisa menjadi petunjuk kuat rencana Koeman untuk lini depan.

Pemain Muda Jebolan La Masia, Konrad Tampil Mengesankan

Konrad bermain luar biasa saat melawan Girona. Ronald Koeman menyebutkan, lineup awal yang kuat untuk pertandingan melawan Girona. Yakni dengan memasukkan pemain tetap seperti Frenkie de Jong, Messi, Griezmann, Busquets dan Gerard Pique.

Namun setelah satu jam berlalu, manajer asal Belanda itu membuat banyak perubahan.  9 dari 10 pemain (kecuali Rafael Araujo) semuanya dikeluarkan, dan digantikan oleh sebagian besar pemain muda jebolan La Masia. Sebagian besar dari anak-anak muda ini memanfaatkan waktu mereka di lapangan secara maksimal, dan membuat dampak yang cukup ok.

Riqui Puig dan Ansu Fati sudah memiliki pengalaman bermain reguler dengan tim utama Barcelona. Mungkin karena didukung oleh eksploitasi dua pemain muda ini musim lalu, rekan lulusan akademi mereka berusaha memanfaatkan kesempatan terbatas mereka.

Salah satunya adalah Konrad de la Fuente, yang cerdas dan selalu terhubung baik dengan Pedri. Pasangan ini mungkin, menganggap diri mereka tidak beruntung karena tidak masuk dalam daftar pencetak gol.

Mengingat penampilan mereka yang menjanjikan, Ronald Koeman pasti akan mempromosikan beberapa pemain ini ke tim senior dalam beberapa bulan mendatang. Dan itu adalah hal yang pantas mereka dapatkan.

Lionel Messi Mengendalikan Pertandingan

Beberapa waktu yang lalu, ketika Lionel Messi mengatakan bahwa dia ingin meninggalkan Barcelona, seakan-akan dunia menjadi runtuh bagi penggemar Barca. ​​Tapi untungnya, bintang 33 tahun itu mengurungkan niatnya dan memilih bertahan di Camp Nou.

Penggemar klub jelas terguncang dengan pengumuman awal Messi itu. Karena tanpa kapten ‘jimat’ mereka, Blaugrana hanya sedikit di atas rata-rata klub lain.

Dimulai sebagai titik fokus lini depan di laga terakhir Barcelona, ​​Messi ditempatkan di sisi kanan. Dan dari posisi inilah dia menghancurkan pertahanan Girona.

Kapten Barcelona itu bekerja sama dengan sangat brilian bersama Trincao, untuk membuat Coutinho mencetak gol pembuka. Sebelum kemudian dia mencetak dua gol.

Gol pertama dari dua penyelesaiannya, secara mengejutkan datang dari luar kotak penalti dan dari kaki kanannya yang lebih lemah. Meski begitu, hal itu tidak mengurangi dari penyelesaian spektakulernya. Sementara gol kedua adalah yang agak kebetulan, karena terjadi defleksi berat dari Bernado.

Secara keseluruhan, itu adalah penampilan Man-of-the-Match dari pemain asli Rosario Argentina itu. Mengingatkan semua orang, mengapa penggemar Barcelona sangat ingin melihat kapten mereka tetap di klub.

This post was last modified on 17 September 2020 13:23

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

MotoGP Dibeli Liberty Media? Dominasi Rider Italia Dan Spanyol Berakhir?

RiderTua.com - Setelah membeli Formula 1, American of Liberty Media pun berusaha mengamankan MotoGP dengan tawaran sebesar 4 miliar euro…

29 Maret 2024

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024