Inilah Honda CBR600RR Versi Racing, Lebih Buas !

Motor baru Honda CBR600RR dikenalkan di Jepang

RiderTua.com – Setelah melakukan ‘epic comeback’ di Jepang, Honda CBR600RR versi racing akhirnya dirilis juga. Disebut sebagai varian MY (model year) 2021, motor sport full fairing ini hanya bisa dipakai di lintasan sirkuit. Artinya Honda CBR600RR versi racing ini bukanlah model street-legal seperti model biasanya. Mungkin saja motor tersebut hanya dijual terbatas.

Baca juga: Motor Baru Honda CBR600RR Dirilis di Jepang !

Honda CBR600RR Versi Racing Bukanlah Street-Legal

CBR600RR MY 2021 memang digarap oleh Honda sendiri, tapi khusus versi balapnya juga dikerjakan oleh divisi HRC (Honda Racing Corporation). Dari penampilannya memang mirip dengan versi street-legal-nya, hanya perbedaannya terletak pada bobotnya yang lebih ringan. Sehingga ini bisa memberi performa lebih maksimal dari model biasanya.

Perbedaan lainnya yang lebih spesifik yaitu spesifikasinya, baik sistem listriknya maupun penambahan bagian untuk menaikkan performanya. HRC memberikan rangkaian kabel, cakram rem lebih tebal, suspensi, knalpot, throttle, sampai radiator yang baru. Tak ketinggalan bagian mesin injeksinya di-mapping ulang sehingga mampu memberi hasil maksimal pula.

Honda CBR600RR versi racing dijual di Jepang

Versi Balap yang Keren

Meski spesifikasinya banyak yang dirombak, masih ada bagian dari CBR600RR biasa yang masih ditemukan pada versi balapnya. Seperti winglet depan sampai IMU (Inertial Measurement Unit) tetap dipertahankan, karena dianggap penting dalam meningkatkan performa motor. Sayangnya cornering ABS harus dihilangkan dari versi ini, entah apa alasannya.

Dari penampilannya memang masih terlihat sama saja dengan CBR600RR versi terbaru yang street-legal. Seperti yang diketahui sebelumnya, motor ini baru kembali dihadirkan oleh Honda setelah sebelumnya sempat dihentikan produksinya. Masalah emisi yang menjadi penyebabnya sudah berhasil diatasi dengan mesin barunya, walau harganya sudah berbeda dengan model sebelumnya.

Karena berjenis racing, entah berapa banyak unit yang akan diproduksi nantinya. Sama seperti CBR600RR biasa, model ini hanya akan dijual di Jepang, tapi bisa jadi Honda mau membawanya ke luar negeri. Belum jelas apakah Indonesia juga ikut kebagian, karena motor CBR series sangat terkenal disini. Walau itu berlaku untuk model 250 cc.

Be the first to comment

Leave a Reply