Categories: Sepak Bola

Pelatih Baru Barcelona Tak Boleh Lakukan Kesalahan yang Sama

RiderTua.com – Bola – Setelah dipermalukan di perempat final Liga Champions 8-2 oleh Bayern Munich, Quique Setien pun dipecat dari jabatannya sebagai manajer tim. Ada beberapa kandidat yang layak dipertimbangkan menduduki jabatan tersebut. Meski begitu, pelatih baru Barcelona tak boleh melakukan kesalahan yang sama jika ingin merengkuh sukses di Camp Nou.

Pelatih Baru Barcelona Tak Boleh Lakukan Kesalahan yang Sama

Dilansir dari Marca, nama Ronald Koeman masuk menjadi kandidat unggulan yang akan menggantikan Setien. Tim manajemen tahu bahwa mereka harus menunjuk manajer baru dengan benar. Karena kegagalan apapun hanya akan memperburuk krisis yang saat ini sedang dialami. Tak hanya itu, hal ini juga akan mengakibatkan sejumlah pemain top meninggalkan klub.

Yang jelas, pelatih baru nanti harus belajar dari kesalahan yang dilakukan pendahulunya, jika ingin sukses di Camp Nou. Dan berikut beberapa hal yang harus diperhatikan oleh manager baru.

Pelatih Baru Barcelona Tak Boleh Lakukan Kesalahan yang Sama

Manajemen Ruang Ganti

Sosok pemain yang tak tersentuh dalam skuad, telah mendapatkan terlalu banyak pengaruh, dan hal seperti ini telah terjadi bertahun-tahun lalu. Itu membuat peran pelatih menjadi sulit. Jika sosok yang disegani seperti Luis Enrique (pelatih Timnas Spanyol) berada di posisi ini, wajar jika para pemain akan berjuang untuk mengikutinya.

Pemain Muda

Dalam kondisi di tengah wabah saat ini, dengan situasi krisis keuangan klub, fokus pada talenta muda akan menjadi penting. Namun sayang, Setien belum berani memberi Riqui Puig atau Ansu Fati peran kunci yang pantas mereka dapatkan, dan itu tidak bisa dilanjutkan.

Memberi Dampak

Siapapun manajer yang datang, tidak akan memiliki waktu lama untuk mempersiapkan sesi pramusim hingga dimulainya musim baru LaLiga Santander. Tahun depan juga akan menjadi tahun pemilihan Presiden baru. Dengan pergantian dewan di pertengahan musim, pelatih baru harus mampu meyakinkan presiden baru tersebut.

Pers

Dulu saat pertama kali menjabat sebagai manager tim, dalam presentasinya Setien pernah berjanji untuk memainkan sepakbola yang bagus. Tetapi kenyataannya dia tidak bisa menepati janjinya.
Mengelola citra diri dan tidak membuat janji, atau harus menjelaskan komentar kepada skuad setelah konferensi pers, akan sangat penting bagi manajer baru.

Mengelola Messi

Pemain terbaik dalam sejarah telah melewati masa puncaknya, dan itu bisa menjadi musim terakhirnya di Barcelona. Jadi jika pelatih memang ingin terus memilikinya, dia harus bisa mengelola pemain bintang seperti Messi. Seperti yang terjadi pada Andres Iniesta dan Xavi sebelumnya.

Memiliki Suara Dalam Transfer

Dalam beberapa tahun terakhir, Barcelona telah merekrut pemain tanpa memikirkan sang pelatih. Mendatangkan pemain-pemain tak dikenal yang tidak diminta pelatih, yang akhirnya semua pergi melalui pintu belakang.

Mereka tampaknya ditakdirkan hanya untuk meningkatkan keuangan klub daripada menambah nilai bagi tim. Tetapi pelatih baru harus bersikeras untuk memberikan pengaruh pada transfer.

Gaya Bermain

Gaya bermain yang menjadi ciri khas Barcelona lambat laun akan menghilang dan hal ini tidak dapat dihentikan. Meskipun Setien selama ini menggunakan gaya bermain dari Johann Cruyff.
Gaya bermain Setien tidak konsisten, timnya sering ofensif dan kemudian terlena begitu mereka unggul.

Pulihkan Disiplin

Selain sosok berpengaruh di ruang ganti, Barcelona membutuhkan sosok otoritas yang bisa mengambil keputusan dan mendapat rasa hormat dari para pemain.

Ubah Pelatihan

Beberapa pemain menganggap, dalam beberapa tahun terakhir latihan di Barcelona dinilai terlalu ringan dengan sedikit intensitas. Dan jika mengikuti tuntutan para pemain dan cara pelatihan itu harus diubah.

This post was last modified on 18 Agustus 2020 16:40

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Jadwal MotoGP Jerez 2024

RiderTua.com - Jadwal MotoGP Jerez 2024.. Usai melakukan lawatan ke Amerika Serikat, balapan MotoGP kembali ke tanah Eropa. 'Gran Premio…

25 April 2024

Bermesin 2 Silinder Harganya Rp 60 Jutaan, Suzuki Rilis GSX-250R Model Baru

RiderTua.com - Suzuki GSX-250R, motor sport touring yang hanya dijual di 2 negara saja yakni Jepang dan China untuk saat…

24 April 2024

Daihatsu Lanjutkan Produksi Rocky-Raize di Jepang

RiderTua.com - Sebelumnya Daihatsu diketahui melakukan manipulasi tes tabrak terhadap sejumlah mobilnya yang dijual di Jepang. Akibatnya beberapa model seperti…

24 April 2024

Citroen Menjual C3 Aircross Dengan Harga Terjangkau Karena Ini

RiderTua.com - Citroen telah meluncurkan mobil terbaru lainnya di Indonesia, yaitu C3 Aircross. Model SUV ini menjadi model ketiga dalam varian…

24 April 2024

Tesla Turunkan Harga Mobil Listriknya Lagi?

RiderTua.com - Tesla masih memimpin penjualan mobil listrik secara global pada kuartal pertama tahun ini. Seharusnya mereka sudah dapat mempertahankan…

24 April 2024

Honda Mobilio Baru Terjual 194 Unit di Q1 2024

RiderTua.com - Honda telah mencatatkan hasil penjualan yang cukup bagus sepanjang Maret lalu. Dengan lebih dari 10 ribu unit mobil…

24 April 2024