Koeman Jadi Manager Barcelona Hanya 1 Tahun, Xavi akan Ambil Alih

Koeman prioritaskan merekrut pemain asal Belanda
Koeman prioritaskan merekrut pemain asal Belanda

RiderTua.com – Bola – Pelatih Barca Quique Setien, dipecat beberapa hari pasca kekalahan memalukan 8-2 dari Bayern Munich di perempat final Liga Champions. Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman dikabarkan bersedia menyetujui untuk menggantikannya. Namun sejumlah pengamat bola meyakini jika Koeman menduduki kursi sebagai manager Barcelona hanya dalam waktu 1 tahun saja. Setelah itu, Xavi yang akan mengambil alih jabatan itu. Apa alasannya?

Koeman Jadi Manager Barcelona Hanya 1 Tahun, Xavi akan Ambil Alih

Dilansir dari Sky Sports, Koeman menyetujui untuk menjadi manager Barcelona menggantikan Setien, setelah klub secara resmi mengumumkan pemecatan mantan pelatih Real Betis itu.

Kini, pejabat Barca sedang melakukan pembicaraan mengenai kompensasi dengan pihak FA Belanda, untuk mengeluarkan peran Koeman sebagai pelatih Timnas Belanda.

Mantan pemain top Barcelona asal Belanda itu, adalah kandidat pilihan yang disukai Presiden Josep Maria Bartomeu. Bartomeu berharap pengumuman resmi bergabungnya Koeman bisa diumumkan dalam beberapa hari kedepan.

Pasca pemecatan terhadap Setien, Barcelona pun mengeluarkan pernyataan, yang berbunyi “Ini adalah keputusan pertama dalam restrukturisasi dari tim utama. Yang akan disepakati antara sekretaris teknis dan pelatih baru, yang akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang.”

Koeman Jadi Manager Barcelona Hanya 1 Tahun, Xavi akan Ambil Alih
Koeman Jadi Manager Barcelona Hanya 1 Tahun, Xavi akan Ambil Alih

Mauricio Pochettino

Mantan bos Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino adalah kandidat kuat dan merupakan pilihan direktur Ramon Planes.

Namun, kemungkinan pengangkatan Pochettino akan mendapat tentangan dari ‘El Entorno’ yaitu istilah yang diciptakan oleh Johan Cruyff pada tahun 1992. Pochettino dikatakan tertarik dengan pekerjaan itu, meski harus menjauhkan diri dari masa lalu karena pernah bekerja dengan Espanyol.

Dia baru-baru ini melakukan wawancara dengan surat kabar Spanyol El Pais, di mana dia mencoba menebus komentar sebelumnya. Pochettino adalah pemain top terkemuka dan kemudian menjadi pelatih kepala di Espanyol.

Kandidat Lain

Beberapa dewan Barcelona berharap jika Xavi bisa kembali ke Camp Nou. Dia saat ini masih terikat kontrak menjadi pelatih klub Qatar Al-Sadd. Nama lain yang masuk menjadi kandidat pengganti Setien adalah Laurent Blanc. Dan mantan pemain Barca lainnya yang kini menjadi pelatih kepala Barca B Garcia Pimienta.

Pemilihan Presiden Baru 

Klub akhirnya mengambil keputusan untuk memajukan pemilihan Presiden Barcelona yang baru di bulan Maret 2021 mendatang. Pemilu biasanya berlangsung pada musim panas, biasanya pada bulan Juni. Tetapi pihak klub menolak seruan agar pemungutan suara segera diadakan, dengan mengatakan bahwa itu “tidak layak”.

Berikut bunyi pernyataan Klub mengenai pemilu itu, 

“Setelah mempertimbangkan semua opsi, dewan menganggap ini sebagai tanggal yang paling layak untuk pemilihan. Dewan memahami bahwa seruan untuk segera mengadakan pemilihan tidak dimungkinkan. Mengingat musim liga akan dimulai pada akhir pekan 12 September 2020. Dan situasi yang timbul dari krisis kesehatan baik secara ekonomi maupun sosial.”

“Konsekuensinya, klub akan terus melaksanakan rencana untuk membalikkan situasi olahraga dan ekonomi, berdasarkan perubahan besar pada tim utama. Ditambah anggaran yang ditetapkan ulang untuk menghadapi situasi baru yang disebabkan oleh krisis kesehatan, sebelum berakhirnya musim. “

Koeman Jadi Manager Barcelona Hanya 1 Tahun, Xavi akan Ambil Alih

Graham Hunter: Koeman Hanya 1 Tahun

Kepada Sky Sports, pakar sepakbola Spanyol Graham Hunter mengatakan bahwa kandidat Presiden Barcelona Victor Font menginginkan Xavi yang menjadi manager tim. Ini berarti, Koeman dapat pergi meninggalkan Camp Nou. Karena dia tahu, dia akan mengambil alih jabatan selama setahun.

Hunter berkata, “Ada rumus yang jelas mengapa mereka berbicara dengan Ronald Koeman, dan mengapa dialah orang yang mereka inginkan. Nomor satu, sangat jelas dalam tahun depan akan ada pemilihan presiden. Orang yang sangat tepat untuk memenangkannya adalah Victor Font yang benar-benar berkomitmen untuk membawa Xavi.”

“Jadi sekarang ini tembakan satu tahun. Koeman diberi tahu bahwa dia dapat memiliki kontrak selama 2 tahun, yang secara efektif tampaknya berarti 1 tahun kerja dan hampir pasti 1 tahun untuk kompensasi. Faktanya adalah ketika presiden baru masuk , Font sepenuhnya berkomitmen untuk Xavi.

“Xavi tidak akan datang untuk sementara waktu, jadi dibutuhkan seseorang yang berpengalaman. Seseorang yang tahu Camp Nou luar dalam, berbicara bahasanya dan memiliki reputasi yang baik dalam melatih pemain muda di Barcelona.”

“Itu sebabnya Koeman cocok dengan semua kriteria itu. Dan tampaknya Barcelona telah memperbaiki kesepakatan ini dengan Belanda. Koeman, yang menginginkan pekerjaan ini selama 20 tahun mengatakan ‘Saya akan melempar dadu, saya akan mengambil risiko itu hanya 1 tahun.”

Koeman Jadi Manager Barcelona Hanya 1 Tahun, Xavi akan Ambil Alih
Koeman Jadi Manager Barcelona Hanya 1 Tahun, Xavi akan Ambil Alih

Terry Gibson: Tahun Depan Xavi Kembali

Kepada Transfer Talk Podcast, pakar sepak bola Spanyol Terry Gibson mengatakan,

“Pemilihan Presiden adalah yang paling krusial saat ini bagi Barcelona. Pemilihan akan dilakukan dalam waktu 1 tahun. Tidak ada yang senang dengan dewan yang menjalankan manajemen saat ini, terutama Josep Bartomeu sebagai Presiden. Dia tidak bisa tetap tinggal lebih lama lagi.”

“Itulah alasan mengapa Xavi menolak pekerjaan itu. Xavi akan dicalonkan sebagai salah satu juru kampanye untuk Presiden baru. Oleh karena itu, Xavi tidak ingin masuk selama setahun dibawah presiden ini.

“Banyak manajer lain yang ingin masuk dengan mengetahui bahwa dalam waktu satu tahun presiden baru akan diumumkan. Dan ketika presiden baru itu terpilih, mereka akan memiliki manajer yang mereka pilih sendiri. Jika Xavi mendukung salah satu, orang itu mungkin akan menang.”

“Dalam waktu satu tahun Xavi akan menjadi manajer Barcelona. Tapi manajer top dunia mana, yang benar-benar akan senang menjaga pekerjaan selama setahun sampai presiden baru datang? Dan Anda mungkin akan dipecat.”

Be the first to comment

Leave a Reply