Categories: Sepak Bola

Kandidat Pengganti Quique Setien di Barcelona

RiderTua.com – Bola – Barcelona telah mengalami kekalahan yang memalukan di perempat final Liga Champions. Mereka didepak Bayern Munich dengan skor telak 8-2. Pasca pertandingan Gerard Pique mengatakan jika Barcelona harus melakukan perubahan besar. Salah satu yang dimaksud adalah pergantian pelatih. Dan inilah para kandidat pengganti Quique Setien di Barcelona jika dia benar-benar dipecat.

Kandidat Pengganti Quique Setien di Barcelona

Dilansir dari Sportskeeda, Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu diperkirakan akan memimpin rapat dewan luar biasa pada Senin esok. Salah satu agenda yang akan dibahas adalah pemberhentian Quique Setien sebagai manager tim.

Penunjukkan manager baru ini akan semakin diperumit dengan pemilihan Presiden klub tahun depan. Dengan asumsi, jika Bartomeu tidak mengindahkan protes yang menginginkan dia lengser, Bartomeu akan berkuasa setidaknya selama 10 bulan lagi. Itu berarti, setiap pelatih yang ditunjuk sekarang, dapat sewaktu-waktu digantikan oleh pilihan yang lebih disukai presiden berikutnya.

Dan inilah 6 kandidat pelatih yang kemungkinan bisa menjadi favorit untuk menggantikan Setien.

Mauricio Pochettino

Pochettino dipecat oleh Tottenham Hotspur pada November 2019, setelah sukses mengantarkan Spurs mencapai final Liga Champions. Pelatih asal Argentina itu merupakan salah satu pelatih top saat ini.

Sebelumnya dia memang pernah mengatakan jika tak akan melatih Barcelona karena saking setianya kepada Espanyol. Namun dirinya kini telah melunak.

Jika dia mau menerima tawaran untuk melatih Barca, ini akan menjadi pekerjaan terbesar dalam karir kepelatihannya. Sekaligus menjadi tantangan besar untuk membuat mereka kembali ke jalur kemenangan. Tentu menarik bagi Pochettino, yang mampu mengubah Spurs menjadi penantang gelar Liga Premier dan selalu finis di 4 besar selama 5 tahun.

Penunjukkan Pochettino bisa menjadi pilihan yang sangat menggoda karena berbiaya rendah. Namun, ada laporan bahwa penunjukan Pochettino bisa menjadi langkah yang bikin runyam, mengingat komentarnya sebelumnya tentang Barcelona.

Kandidat Pengganti Quique Setien di Barcelona

Xavi

Mantan kapten tim Barcelona itu pernah menolak tawaran menjadi manager baru menggantikan Ernesto Valverde pada Januari lalu. Pada waktu itu, dia berpikir jika sangat beresiko mengambil alih kepelatihan di tengah bergulirnya musim. Menurutnya waktunya belum tepat.

Barcelona perlu meyakinkan Xavi untuk kembali. Mereka juga harus melakukan kesepakatan dengan Al-Sadd untuk bisa memboyong Xavi ke Camp Nou. Namun ada komplikasi politik, dengan penantang presiden Victor Font yang menyatakan bahwa, mantan bintang Spanyol itu akan menjadi pilihannya pada 2021 jika dia memenangkan pemilihan.

Xavi dipuja sebagai pemain terhebat yang pernah dimiliki Barca. Jika dia bergabung, dia akan menjadi satu-satunya orang yang bisa membujuk mega bintang Lionel Messi untuk bertahan di Camp Nou.

Massimiliano Allegri

Opsi pelatih lain yang tidak terikat kontrak adalah Massimiliano Allegri. Dia memiliki sederet prestasi ok saat bersama Milan dan Juventus. Enam gelar Serie A, 7 piala domestik, dan 2 kali lolos final Liga Champions dalam satu dekade terakhir, memberi Allegri rasa percaya diri untuk menyaingi kandidat mana pun.

Dia pasti akan membawa otoritas tanpa kompromi ke ruang ganti dan pengalaman yang luas. Tetapi pelatih berusia 53 tahun itu bisa saja ditunda dari pemilihan tersebut. Mengingat klub-klub terkemuka lainnya seperti Paris Saint-Germain dan Inter juga dikabarkan tertarik akan jasanya.

Patrick Kluivert

Mantan striker Barcelona itu saat ini menjabat sebagai kepala sepakbola yunior di Camp Nou. Jika dia mengambil posisi sebagai pelatih kepala tim utama, tetapi kemudian tidak dapat dipertahankan pada tahun 2021, dia bisa kembali ke jabatan sebelumnya.

Dia adalah orang yang sangat memahami klub dengan baik. Mungkin dia akan sangat senang untuk mempromosikan pemain-pemain muda ke tim utama. Dia pernah belajar beberapa keahlian kepelatihannya, dan menjadi tangan kanan Louis van Gaal dengan tim nasional Belanda.

Ronald Koeman

Mantan bintang Barca ini yang tahu betul tuntutan klub. Koeman juga pernah melakukan pembicaraan dengan Barca untuk menggantikan Valverde, namun saat itu dia menolaknya.

Seperti Xavi, Koeman berkomitmen pada proyeknya saat ini, yaitu memimpin Timnas Belanda di Euro 2020. Karena turnamen itu diundur tahun depan, pelatih berusia 57 tahun itu tampaknya tidak mungkin mundur dari tim nasionalnya sekarang, demi potensi penempatan jangka pendek di Barcelona.

Garcia Pimienta

Seperti Kluivert, Pimienta mewakili kandidat internal yang kemungkinan besar tidak akan tergerak oleh pemilihan yang akan datang. Pimienta telah melatih di Akademi La Masia sejak 2001 dan memimpin tim B dua tahun lalu.

Tidak adil mengharapkan dia menjadi Pep Guardiola atau Luis Enrique baru. Pelatih berusia 46 tahun itu kemungkinan akan menjadi pilihan populer bagi pencari bakat generasi baru. 

This post was last modified on 16 Agustus 2020 11:27

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Aleix Espargaro : Tidak Ada yang Menyangka Pedro Acosta dan KTM Akan Sekuat Itu

RiderTua.com - Aleix Espargaro salah satu dari pembalap senior yang memuji setinggi langit penampilan pembalap baru dari negaranya, Spanyol.. Pedro…

28 Maret 2024

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024