Arsenal Taklukkan Chelsea 2-1, Piala FA dalam Genggaman Sekaligus Lolos ke Liga Eropa

Transfer Cerdas Bisa Bikin Arsenal Bangkit

RiderTua.com – Bola – Lagi-lagi, kapten The Gunners Pierre-Emerick Aubameyang menjadi mantra sakti untuk kemenangan tim. Pemain 31 tahun itu mencetak brace ketika Arsenal bangkit untuk menaklukkan 10 pemain Chelsea. Menang 2-1, dengan demikian skuat Mikel Arteta berhasil mengenggam Piala FA sekaligus lolos tampil di Liga Eropa musim depan. Arsenal memenangkan Piala FA untuk rekor ke-14 kalinya di Stadion Wembley. 

Arsenal Taklukkan Chelsea 2-1, Piala FA dalam Genggaman Sekaligus Lolos ke Liga Eropa

Dilansir dari Sky Sports, Chelsea yang diatas kertas memang lebih diunggulkan, berhasil membuka keunggulan lewat gol brilian yang dicetak Christian Pulisic hanya berselang 5 menit sejak peluit kick off disemprit. Pulisic berhasil mencatatkan rekor sebagai orang Amerika pertama yang mencetak gol di final Piala FA.

Namun Arsenal berhasil menyamakan kedudukan berkat gol penalti yang sukses dilesakkan Auabmeyang ke gawang Willy Caballero. Ini merupakan gol ke-28 musim ini yang dicetaknya dari titik putih.

Malang bagi The Blues, mereka harus kehilangan 2 pemain pentingnya yakni kapten tim Cesar Azpilicueta dan Pulisic yang menderita cedera hamstring. Dan di menit ke-67, Aubameyang menunjukkan kedigdayaannya dia kembali mencetak gol yang menakjubkan.

Enam menit kemudian, harapan Chelsea untuk bisa memenangkan pertandingan padam seketika. Ketika Mateo Kovacic diusir keluar lapangan karena pelanggaran kartu kuning kedua. Arsenal pun menggunakan keunggulan numerik mereka untuk mengamankan trofi pertama masa jabatan Mikel Arteta dan satu tempat di Liga Eropa musim depan.

Peringkat pemain

Arsenal: Martinez (7), Holding (7), Luiz (7), Tierney (6), Bellerin (7), Xhaka (7), Ceballos (8), Maitland-Niles (8), Pepe (7), Lacazette (7), Aubameyang (9). Pemain pengganti: Sokratis (n / a), Kolasinac (n / a), Nketiah (n / a).

Chelsea: Caballero (6), James (6), Azpilicueta (4), Zouma (5), Rudiger (5), Alonso (6), Jorginho (6), Kovacic (4), Mount (6), Giroud (5) ), Pulisic (7). Pemain pengganti: Christensen (5), Pedro (5), Barkley (5), Hudson-Odoi (5), Abraham (5).

Statistik Opta

  • Arsenal telah memenangkan Piala FA untuk rekor ke-14 kalinya. Mereka juga menjadi klub pertama yang mengalahkan lawan spesifik di tiga final dalam kompetisi.
  • Mikel Arteta telah menjadi orang pertama yang menjadi kapten dan mengelola Arsenal menuju kemenangan di final Piala FA.
  • Arsenal telah memenangkan masing-masing dari tujuh penampilan terakhir Piala FA terakhir mereka sejak 2002. Tidak ada tim yang memiliki kemenangan final berturut-turut yang lebih lama di kompetisi ini.
  • Mikel Arteta adalah manajer Arsenal pertama yang memenangkan trofi utama di musim pertamanya. Torehan ini terakhir dicatatkan oleh George Graham pada 1986-87.

Man of the Match – Pierre-Emerick Aubameyang

Aubameyang telah menjadi pemain yang sangat penting bagi pengembangan Arsenal di bawah kepelatihan Arteta. Auba mencetak 2 gol di semi-final kemudian 2 gol lagi di partai final. Aubameyang menjadi pemain Arsenal pertama sejak 1950 yang mencetak dua gol terakhir di Piala FA.

Setelah pertempuran di Wembley, jelas bahwa Arteta berharap The Gunners untuk mempertahankan pemain asal Gabon itu. Beberapa waktu yang lalu, Aubameyang menyatakan dirinya mau memperpanjang kontrak bersama The Gunners, namun dengan syarat jika pihak managemen mau menaikkan gajinya.

Aubameyang selama ini menerima gaji sebesar 120 ribu poundsterling per pekan. Dia meminta naik menjadi 250 poundsterling per pekan. Jika melihat dari performa juos yang mampu dia tunjukkan, layak dan pantaslah jika pemain sekaliber Auba diapresiasi dengan gaji yang sepadan dengan kerja kerasnya. 

Laga Selanjutnya

Chelsea akan menghadapi Bayern Munich di babak 16 besar Liga Champions pada 8 Agustus pukul 8 malam waktu setempat.

Arsenal dan Chelsea kembali beraksi di kompetisi Liga Premier, dengan musim 2020/21 yang dimulai pada 12 September.

Be the first to comment

Leave a Reply