Jelang Final Piala FA, Jika Arsenal Menang Mereka Lolos ke Liga Eropa

RiderTua.com – Bola – Jelang laga final Piala FA Arsenal vs Chelsea yang akan digelar Sabtu 1/8/20 (Minggu WIB), akankah The Gunners bisa menang di laga krusial ini? Karena jika pasukan Mikel Arteta menang, secara otomatis tiket ke Liga Eropa dalam genggaman.

Jelang Final Piala FA, Jika Arsenal Menang Mereka Lolos ke Liga Eropa

Dilansir dari Sky Sports, publik pencinta bola di seluruh dunia pasti akan mantengin teve nanti malam. Semua mata akan tertuju pada pertandingan final Piala FA antara Arsenal kontra Chelsea.

Untuk tim Arteta, jelas laga ini sangat penting untuk bisa mengamankan tiket untuk maju ke Liga Eropa musim depan. The Gunners yang musim ini hanya finish di peringkat 8 klasemen Liga Premier, harus benar-benar bisa memaksimalkan kemampuan mereka untuk bisa mengalahkan Chelsea.

Tak hanya itu, jika Arsenal menang dan berhasil menyabet Piala FA musim ini, bagi Arteta ini akan mempunyai efek besar untuk mereka. Salah satunya dapat membantu meyakinkan sang kapten tim, Pierre-Emerick Aubameyang untuk tetap bertahan di Emirates Stadium.

Jika Chelsea menang, maka jatah mereka di Liga Eropa akan diberikan ke posisi tertinggi berikutnya dalam klasemen Liga Premier. Kalah atau menang di final Piala FA ini, tim Frank Lampard telah mengamankan tempat untuk tampil di Liga Champions musim depan. Karena mereka berhasil finish di posisi ke-4 klasemen Liga Premier.

Hal ini akan membuat Tottenham masuk ke babak penyisihan grup Liga Eropa musim depan. Sementara Wolves lolos ke babak kualifikasi Liga Europa. Spurs akan mengambil alih tempat yang diamankan oleh Manchester City ketika mereka memenangkan Piala Carabao.

Pemenang Piala FA akan menghadapi Liverpool di Community Shield di Wembley Stadium pada Sabtu, 29 Agustus 2020.

Berita tim

The Gunners akan tampil tanpa bek Shkodran Mustafi. Dia sedang menjalani operasi pada masalah hamstring yang diderita dalam laga kemenangan di semifinal Piala FA atas Manchester City.

Cedric Soares dipastikan absen di laga ini. Seperti juga Pablo Mari yang dibekap cedera pergelangan kaki. Gabriel Martinelli dan Calum Chambers keduanya menderita cedera lutut. Sementara kiper Bernd Leno telah dinyatakan fit karena cedera lutut. Namun pelatih kepala Mikel Arteta mengatakan jika Emiliano Martinez yang akan diturunkan.

Sementara di tubuh Chelsea, gelandang Ruben Loftus-Cheek akan absen setelah mengalami cedera ringan dalam latihan Kamis lalu. Dia telah berjuang untuk kembali bugar, tetapi sekarang dia akan melewatkan pertandingan di Wembley.

N’Golo Kante juga sudah fit setelah menderita cedera hamstring. Sementara Willian juga telah kembali bugar, dia sempat mengalami keluhan pada pergelangan kaki.

Starting XI (Perkiraan)

Daftar Starting XI Mikel Arteta, Arsenal: Martinez, Bellerin, Holding, David Luiz, Tierney, Saka, Ceballos, Xhaka, Aubameyang, Lacazette, Pepe.

Daftar Staring XI Frank Lampard, Chelsea: Caballero, James, Azpilicueta, Rudiger, Zouma, Alonso, Kovacic, Jorginho, Mount, Pulisic, Giroud.

Statistik opta

  • Arsenal tampil di final Piala FA ke-21 mereka, lebih banyak dari tim mana pun. Memang, The Gunners telah memenangkan kompetisi lebih banyak daripada tim lain (13 kali).
  • Ini akan menjadi yang ketiga kalinya dalam empat musim terakhir, bahwa Arsenal akan mengakhiri musim mereka melawan Chelsea. Mereka memenangkan final Piala FA 2017 dan kalah di final Liga Eropa musim lalu melawan the Blues di Baku.
  • Mikel Arteta akan menjadi orang kedua yang menangani Arsenal di final Piala FA setelah juga bermain untuk The Gunners dalam satu pertandingan, setelah George Graham. Dia bisa menjadi orang pertama yang memenangkan Piala FA bersama Arsenal sebagai kapten dan manajer.
  • Ini akan menjadi final Piala FA pertama yang dimanajeri oleh dua pria yang keduanya juga bermain untuk tim mereka di final Piala FA sejak 2012 (Roberto di Matteo vs Kenny Dalglish). Mikel Arteta menang bersama Arsenal pada 2014, sementara Frank Lampard bermain di lima final untuk the Blues, mereka menang 4 kali. Memang, satu-satunya kekalahan final Piala FA bagi Lampard sebagai pemain adalah saat melawan Arsenal pada tahun 2002.
  • Frank Lampard akan menjadi manajer Inggris pertama yang memimpin Chelsea di final piala utama sejak Glenn Hoddle di Piala FA 1994, kalah 0-4 melawan Manchester United. Manajer Inggris terakhir yang memenangkan trofi utama bersama Chelsea adalah Dave Sexton (Piala Winner 1971).
  • Dalam sejarah final Piala FA, ada dua pemain yang bermain untuk kedua klub dalam pertandingan final secara spesifik. Yakni Francis Birley bermain untuk Universitas Oxford melawan Wanderers pada tahun 1873, dan sebaliknya pada tahun 1877. Sementara Jack Reynolds bermain untuk Aston Villa dan West Bromwich Albion di tahun 1890-an. Baik Chelsea-nya Olivier Giroud dan Arsenal-nya David Luiz bisa mencapai ini, setelah bermain untuk lawan mereka di final 2017.

Be the first to comment

Leave a Reply