Ajax Lepas Joel Veltman ke Brighton

RiderTua.com – Bola – Bek asal Belanda Joel Veltman meninggalkan Ajax Amsterdam untuk pindah ke Brighton & Hove Albion dengan kontrak selama 3 tahun. Ini adalah pemain kedua yang direkrut klub Premier League itu, setelah terlebih dulu merekrut Adam Lallana dari Liverpool.

Ajax Lepas Joel Veltman ke Brighton

Dilansir dari Sportskeeda, pemain jebolan akademi Ajax ini telah berperan dalam 3 kemenangan gelar Juara Eredivisie. Pemain 28 tahun ini juga ikut tampil dalam laga semifinal Liga Champions pada musim 2018/19 lalu.

Namun sayang, dalam 2 musim terakhir cedera membuatnya tak berdaya. Dengan kedatangan Joel ini, pelatih kepala Brighton, Graham Potter mengatakan “Kami senang menyambut Joel ke klub.”

“Dia memiliki pengalaman luar biasa bersama Ajax. Termasuk di Liga Champions, dan tentu saja dengan tim nasional Belanda. Dia adalah bek yang sangat baik. Yang bisa bermain sebagai bek kanan dan di tengah-tengah, tetapi dia juga nyaman dalam kepemilikan.”

“Dia benar-benar menantikan tantangan untuk bermain di Liga Premier. Kami senang dia sekarang menjadi pemain Brighton dan kami menantikan untuk bekerja dengannya.”

Veltman memulai karier juniornya di klub VV IJmuiden dan Ajax yang kemudian memulai karier seniornya di klub tersebut sejak tahun 2012.

Sejarah Klub

Sejak didirikan pada 1900, Ajax memasuki periode keemasan pada periode 1970-an. Saat masih ditangani Draches Van Stock. Ajax merajai Eropa dengan menjuarai Liga Champions tiga tahun berturut-turut pada rentang 1971-1973.

Secara historis, Ajax (dinamai sesuai nama pahlawan legendaris dari Yunani) telah menjadi klub paling sukses di Belanda, dengan 34 gelar Eredivisie (Liga Belanda) dan 19 Piala KNVB.

Musim ini Brighton finish di peringkat 15 klasemen Liga Premier, dengan mengantongi 41 poin. Brighton memperoleh promosi ke Liga Premier untuk pertama kalinya dalam sejarah yaitu pada tanggal 17 April 2017. Ini menandai berakhirnya 34 tahun absen dari kompetisi papan atas sepak bola Inggris itu.

Be the first to comment

Leave a Reply