Pemilik Arsenal Dikritik Abis, Jika Tim Mau Tampil OK Harus Dukung Penuh Mikel Arteta

RiderTua.com – Bola – Kalah dari Aston Villa 0-1, pemilik Arsenal Stan Kroenke mendapat kritikan dari penggemar The Gunners. Sampai-sampai, terlihat di langit Villa Park terbentang spanduk bertuliskan ‘Arteta Back Kroenke Out’ yang diterbangkan oleh sebuah pesawat kecil. Jika pemilik Arsenal itu mau timnya tampil ok, dia harus mendukung penuh Mikel Arteta.

Baca juga: Gol Trezeguet Keluarkan Aston Villa dari Zona Degradasi

Pemilik Arsenal Dikritik Abis, Jika Tim Mau Tampil OK Harus Dukung Penuh Mikel Arteta

Dilansir dari Sky Sports, pasukan Mikel Arteta secara meyakinkan mampu menundukkan Liverpool sang Juara Liga Premier musim ini dan menaklukan Manchester City di ajang Piala FA. Tentu hal ini sangat mengejutkan. Mengingat dua tim terkuat di Eropa itu mampu dikalahkan Arsenal yang tampil inkonsisten musim ini.

Kekalahan 0-1 dari Aston Villa, seharusnya bisa membuka mata sang pemilik klub untuk lebih memperhatikan kekuatan timnya. Jadi tak salah jika para pendukung The Gunners pun mengkritik habis Stan Kroenke. Tentu sulit bagi Arteta untuk membangun pasukan dengan anggaran yang minim. 

Kekalahan ini membuat Pierre-Emerick Aubameyang dkk tak bisa tampil di Liga Eropa dari jalur Liga Premier. Satu-satu kesempatan bagi Arsenal untuk bisa bermain di kompetisi Eropa itu hanya melalui jalur Piala FA. Dimana mereka akan berhadapan dengan Chelsea di babak final pada 1 Agustus mendatang.

Saat ini Arsenal duduk di peringkat 10 klasemen sementara Liga Premier dengan 53 poin. Ini adalah kali pertama mereka finish di luar 6 besar Liga Premier sejak 1995.

Tanggapan Arteta

Mikel Arteta pun memberi respon terhadap banner yang terbentang di Villa Park tersebut. Kepada Sky Sports, pelatih asal Spanyol ini berkata “Baik Kroenkes, dewan dan direktur olahraga, semuanya mendukung penuh. Saya memiliki keyakinan 100 persen mengenai hal itu. Para penggemar harus percaya apa yang saya katakan.”

“Kami sedang menyusun rencana yang kuat untuk melakukan apapun yang kami bisa dalam waktu singkat. Yah, klasemen liga tidak bohong. Ketika Anda memiliki margin poin dengan tim-tim top itu adalah sebuah alasan.”

“Kami perlu meningkatkan di banyak bidang, tim dan secara individu. Tim-tim top di bidang-bidang tertentu lebih baik daripada kami. Itu memang menyakitkan dan kami harus menderita.”

“Namun hal itu tidak cukup baik untuk klub. Kami tahu tantangannya, ini sangat besar dan kami senang dengan apa yang kami miliki di depan kami. Pasti akan ada pasang surut, tetapi kadang-kadang ada baiknya melihat kenyataan dan terus maju dan berkembang.”

Jamie Redknapp: Managemen Arsenal Harus Bertindak

Pengamat sepakbola dari Sky Sports ini mengatakan “Ada beberapa masalah yang harus Arsenal selesaikan, satu yang utama adalah Mesut Ozil. Saya yakin Ozil akan pergi musim panas ini dan dia telah memiliki banyak uang.”

“Ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tetapi jika Anda merasa pemain itu tidak bagus, kamu harus menggigit peluru dan membiarkan mereka pergi.”

“Apakah Anda memberi Aubameyang kontrak baru? Saya pribadi merasa, pemain seperti dia sulit ditemukan dan jika Anda bisa menjaganya dalam jangka panjang, saya pikir itu layak dilakukan.”

“Saya sangat suka Mikel Arteta. Tetapi dengan skuad seperti itu, agak sulit memang. Seperti David Luiz, terkadang dia memiliki momen layaknya bek terbaik di dunia, tetapi kemudian dia merubah momen ketika dia membuat blunder.”

“Saya pikir mereka perlu berinvestasi untuk mendatangkan pemain top, sesederhana itu. Karena dengan skuad itu, Arteta tidak bisa membuat Arsenal menjadi empat tim teratas dalam waktu dekat.”

“Aubameyang ingin bermain dengan pemain yang lebih baik dan dia ingin tahu siapa yang masuk. Didekatnya ada Lacazette, Nketiah dan Bukayo Saka. Ada beberapa pemain bagus di sana tetapi Auba seorang pemain yang sangat ambisius. Dia berhak untuk berpikir ‘Saya sudah sampai ke senja karir, saya ingin memenangkan sesuatu.”

“Masalah lain yang mereka miliki adalah Ceballos, yang mungkin telah menjadi pemain terbaik mereka sejak restart. Saya menyukainya di awal musim sejak dia pertama kali masuk. Dia terlihat sangat bagus, namun secara fisik merupakan masalah baginya.”

“Jika kehilangan Ceballos sekaligus Aubameyang, itu memberi Arsenal lebih banyak masalah. Managemen benar-benar harus bertindak dan saya tidak terkejut ketika saya mendengar tentang banner di pesawat. Anda harus mendukung manajer ini. Jika Anda percaya bahwa dia benar, kau harus mendukungnya.”

“Arsenal adalah klub besar. Setiap pemain ingin berada di London dan bermain untuk klub seperti Arsenal. Tetapi mereka harus mencari pemain yang ambisius dan ingin memenangkan banyak hal.”

Micah Richards: Skuat Arsenal Tidak Cukup Tangguh

Pundit sepakbola Micah Richards mengatakan “Itu semua tergantung pada berapa banyak uang yang dia [Arteta] dapat habiskan. Saya suka Aubameyang, Lacazette, dan Saka. Nketiah adalah pemain muda yang baik, Ceballos juga. Mereka punya pemain yang sangat bagus tetapi apa yang harus mereka selesaikan.”

“Yang Arteta coba lakukan adalah struktur dan cara bermain. Dia tidak memiliki semua pemain yang dia inginkan. Dia akan memiliki musim panas untuk mendapatkan pemain yang dia inginkan.”

“Mereka tidak punya skuad yang cukup tangguh seperti Man City untuk memutar 5 atau 6 pemain. Dan mereka hanya bertamu ke Villa Park dan menang. Tetapi saya sangat suka inti dari skuad itu. Itu hanya perlu beberapa penyesuaian di sana-sini dan mungkin dimulai dengan posisi bek tengah.”

“Saya pikir Arteta adalah manajer yang tepat untuk pekerjaan itu. Dia hanya butuh untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara pemain muda dan sedikit kualitas.”

Nick Wright: Teka-teki untuk Arteta

Setelah gembira atas kemenangan di babak semifinal Piala FA atas Man City pada Sabtu kemarin, Mikel Arteta diingatkan bahwa dia masih punya pekerjaaan besar di Arsenal.

Sedikit kelelahan dapat dimengerti setelah kemenangan di Wembley. Tetapi kelelahan semata tidak dapat menjelaskan fakta, bahwa mereka tidak mengerahkan satu tembakan pun ke gawang di Villa Park. Meski memiliki 69 persen penguasaan bola. Ini mungkin kinerja yang paling lemah dan lesu yang pernah mereka lakukan sepanjang musim ini.

Kelemahan-kelemahan itu dapat ditutupi ketika Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette berada dalam kondisi terbaiknya. Tetapi ketika mereka tidak diberi umpan, seperti halnya di Villa Park, maka mereka tidak bisa bersembunyi dari kekurangan itu.

Mungkin Dani Ceballos dapat membantu jika ia diposisikan lebih dekat ke gawang lawan. Pemain asal Spanyol itu adalah salah satu dari beberapa pemain dalam skuad Arsenal yang dikaruniai visi dan bakat untuk membuka pertahanan.

Namun kelemahan Arsenal di tempat lain membuat dia dibutuhkan dalam peran yang lebih dalam. Sementara Mesut Ozil, tampaknya tidak ada sama sekali.

Ini adalah teka-teki untuk Arteta. Manajer Arsenal bersikeras dia mendapat dukungan dari pemilik klub setelah pertandingan. Namun sejauh mana dukungan itu, masih belum jelas. Yang jelas, bagaimanapun, skuad ini sangat membutuhkan suntikan kreativitas serta penguatan pertahanan.

Be the first to comment

Leave a Reply