Categories: MotoGP

Stoner Tidak Mempercayai Elektronik di Motor MotoGP, Mungkin Marquez Kesulitan Jika TC Dicopot

RiderTua.com – Mantan pembalap MotoGP, Casey Stoner tidak mempercayai elektronik di motor MotoGP.. Dalam hal ini terutama alat bantu yang disebut sebagai traction control.. Stoner tidak mempercayai 100% kontrol traksi itu, dia menggunakan bakatnya untuk mengerem. Padahal traction control sangat membantu pembalap dalam meminimalisir dari risiko highside (terlempar dari motor), saat melibas tikungan dengan kecepatan tinggi.

Stoner Tidak Mempercayai Elektronik di Motor MotoGP

Yang membahas masalah ini adalah Chicho Lorenzo, dalam channel video YouTube-nya di menjawab pertanyaan tentang Casey Stoner dan penggunaan rem belakangnya di Ducati… Dalam video ini, ayah Lorenzo biasanya berbicara tentang keingintahuan, anekdot atau menjelaskan aspek-aspek dalam Kejuaraan Dunia MotoGP.

Dalam edisi terakhir ini, yang dibahas adalah Casey Stoner, yang terus memperlihatkan hasratnya kembali ke dunia balap, meskipun bukan sebagai pembalap di lintasan lagi.

Pertanyaan yang paling ramai minggu ini adalah yang terkait dengan teknik yang digunakan oleh Casey Stoner di Ducati. Pembalap Australia menggunakan rem belakang sebagai kontrol traksi, dan ini adalah salah satu karakteristik utamanya.

Traction Control / Kontrol Traksi / TC

Chicho Lorenzo ingin menjelaskan kontrol traksi (TC) sebelum membahas masalah ini. “Pada dasarnya, TC adalah sensor yang memantau agar roda belakang tidak berputar lebih cepat daripada roda depan, yang juga memiliki sensor lain. Ketika mendeteksi bahwa roda belakang lebih cepat TC menyesuaikan power mesin. Baik dengan cara mematikan pengapian sebagian silinder atau menunda atau memajukan percikan api pembakaran mesin, sehingga menurunkan power mesin,” jelasnya.

Setelah mengklarifikasi poin ini, Chicho Lorenzo menjelaskan apa yang dilakukan Stoner sehubungan dengan fungsi kontrol traksi.

“Stoner tidak 100% sepenuhnya mempercayai kontrol traksi elektronik, yang tidak secanggih sebelumnya. Dia menggunakan trik sendiri untuk pengreman, yaitu dengan menekan pedal rem dan menggantikan fungsi kontrol traksi dengan cara ini,” katanya.”… Stoner melakukannya dengan sempurna dan itu adalah salah satu keuntungan besarnya.

Bagaimana Marquez ?

Marquez pernah berujar bagaimana keberadaan Traction Control ( TC) baginya.. “Kontrol traksi ini sangat mirip dengan yang digunakan oleh Stoner tetapi cara penggunaanya berbeda. Saya menggunakan kontrol traksi ini hanya untuk keselamatan. Saya tidak membuka gas dan membiarkan elektronik melakukan semua.”

Jelas bahwa pembalap sekarang dibanding era Stoner berbeda, saat ini motor lebih pintar.. Gaspol menuju tikungan, tutup gas dan biarkan elektronik yang melakukan sisanya… Kata Mbah Surip enak too..

Bukan berarti Marquez tidak bisa tanpa TC, namun tidak akan semudah sekarang ini…

This post was last modified on 30 Juni 2020 09:57

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Bermesin 2 Silinder Harganya Rp 60 Jutaan, Suzuki Rilis GSX-250R Model Baru

RiderTua.com - Suzuki GSX-250R, motor sport touring yang hanya dijual di 2 negara saja yakni Jepang dan China untuk saat…

24 April 2024

Daihatsu Lanjutkan Produksi Rocky-Raize di Jepang

RiderTua.com - Sebelumnya Daihatsu diketahui melakukan manipulasi tes tabrak terhadap sejumlah mobilnya yang dijual di Jepang. Akibatnya beberapa model seperti…

24 April 2024

Citroen Menjual C3 Aircross Dengan Harga Terjangkau Karena Ini

RiderTua.com - Citroen telah meluncurkan mobil terbaru lainnya di Indonesia, yaitu C3 Aircross. Model SUV ini menjadi model ketiga dalam varian…

24 April 2024

Tesla Turunkan Harga Mobil Listriknya Lagi?

RiderTua.com - Tesla masih memimpin penjualan mobil listrik secara global pada kuartal pertama tahun ini. Seharusnya mereka sudah dapat mempertahankan…

24 April 2024

Honda Mobilio Baru Terjual 194 Unit di Q1 2024

RiderTua.com - Honda telah mencatatkan hasil penjualan yang cukup bagus sepanjang Maret lalu. Dengan lebih dari 10 ribu unit mobil…

24 April 2024

‘Rolling in the City’ dengan New Honda Stylo 160

RiderTua.com - Kemarin Selasa 23/04, MPM Honda Jatim mengadakan acara rolling city bersama skutik premium fashionable mereka yakni New Honda…

24 April 2024