Categories: Sepeda Motor

Modifikasi Motor Pakai Mesin Pesawat, Gokil Tapi Keren!

RiderTua.com – Motor custom beraliran chopper satu ini luar biasa gokil dan keren. Sebuah modifikasi yang tak biasa. Mereka mengganti mesinnya dengan mesin pesawat.

Baca juga: Modifikasi Sepeda Motor Ekstrim Murah (Low Budget) Anti Tilang Polisi!

Modifikasi Motor Pakai Mesin Pesawat, Gokil Tapi Keren!

Sebuah modifikasi motor biasanya hanya merubah rangka, bodi atau ngoprek mesin dikit biar motor lebih bertenaga. Tapi gimana kalau melakukan ganti mesin alias swap engine? Bukan diganti dengan mencomot mesin motor lain namun pakai mesin pesawat, wuih gokil bukan?

Belakangan ini sedang ngehit motor custom beraliran chopper yang dipasang mesin radial. Mesin radial ini biasa digunakan pada pesawat kecil seperti Cesna.

Untuk diketahui, modifikasi motor memakai mesin radial sudah ada sejak lama. Sebagai contoh adalah motor Verdel yang dibuat 1912. Pabrikan asal Inggris itu menggunakan mesin 5-silinder dengan kapasitas 750cc. Kemudian motor custom menggunakan mesin radial ini kembali populer pada 2005 silam.

Memasang mesin dengan dimensi besar pada motor, merupakan pekerjaan yang lumayan sulit. Mesin tersebut harus diselaraskan dengan desain motor yang proporsional. Dan modifikasi yang paling cocok yakni modern chopper. Yakni model tangki yang melengkung ke atas seperti memeluk mesin, lalu fork tebal dan pelek belakang yang lebar.

Dilansir dari Haulnride.com, ada 3 tipe mesin radial yang biasanya dipakai pada motor custom, yakni R180 (5 silinder), R2800 (7 silinder 2.800 cc), dan R3600 (9 silinder 3.600 cc). Selain itu, terdapat 3 macam posisi mesin yang dipasang ke motor, yakni crossway, inline dan horizontal.

JRL Chopper

Baru-baru ini viral sebuah motor costum bermesin radial hasil garapan John Levery dari JRL Chopper asal Amerika Serikat. Dia menggunakan mesin radial R2800 inline, as output yang biasanya dipasang baling-baling kini diubah dan dipasang v-belt yang terhubung ke sistem transmisi. Karena mesinnya ada 7-silinder, otomatis knalpotnya pun juga ada 7 buah.

Dikutip dari visordown.com, John membangun motor ini butuh waktu 6 bulan. Motor ini diklaim bisa digeber hingga 365km/jam.

West Coast Chopper

Sedangkan untuk model crossway, bisa dilihat pada motor garapan Jesse James dari West Coast Chopper. Motor ini mirip pesawat beneran dengan bodi terlihat lebih lebar. (foto: lihat pada gambar utama)

Psycho Engine

Sementara untuk model horisontal, bisa dilihat pada motor asli bikinan orang Purwokerto, Indonesia. Motor dengan 5-silinder ini diberi nama Naga 5 garapan Psycho Engine.

This post was last modified on 22 Mei 2020 10:09

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Yamaha Bolt R-Spec : Motor Bobber Baru yang Harganya Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Motor bobber yang punya ciri khas tersendiri, kini Yamaha meluncurkan Bolt R-Spec yang dapat model baru tahun 2024.…

23 April 2024

Honda Catatkan Hasil Penjualan Mobil yang Bagus Bulan Lalu

RiderTua.com - Honda mungkin juga mengalami perlambatan penjualan mobil di Indonesia sepanjang kuartal pertama tahun ini. Tapi setidaknya hasil yang…

23 April 2024

BYD akan Merilis Pikap D-Cab Terbarunya Minggu Ini

RiderTua.com - BYD telah dikenal dengan mobil listriknya di pasar global, dari hatchback, sedan, sampai SUV telah dijualnya. Namun hanya…

23 April 2024

Chery akan Hadirkan MPV Terbaru Melalui Exeed

RiderTua.com - Chery memang dikenal dengan sejumlah model yang dijualnya di pasar. Meski mereka juga memiliki merek mobil lainnya, salah…

23 April 2024

5 Tim MotoGP Ini Bisa Mengalami Perubahan Besar di 2025

RiderTua.com - Dengan hanya 6 pembalap yang dipastikan berada di grid MotoGP 2025 sejauh ini dan 3 tim satelit yang…

23 April 2024

Toyota Avanza Masih Pimpin Segmen LMPV Meski Penjualan Menurun

RiderTua.com - Toyota masih membuktikan sebagai pemimpin penjualan mobil di Indonesia. Tak terkecuali di segmen low MPV, dimana Avanza tetap…

23 April 2024