Categories: Sepeda Motor

BMW Motorrad Indonesia Meluncurkan Generasi Terbaru BMW S1000 XR

RiderTua.com – BMW Motorrad Indonesia telah resmi meluncurkan generasi terbaru BMW S1000 XR secara virtual. Motor gede (moge) ini menjalani debutnya pada ajang EICMA 2019 lalu di Milan, Italia.

Baca juga: BMW Bikin Motor Otonom Tanpa Pengendara

BMW Motorrad Indonesia Meluncurkan Generasi Terbaru BMW S1000 XR

BMW S1000 XR ini adalah ‘menu komplit’ dari sebuah motor. Doi adalah sebuah moge touring namun dijamin sangat nyaman dikendarai untuk jarak jauh. Meski begitu, doi tetap menawarkan performa agresif layaknya sebuah motor sport.

Saat melakukan launching secara virtual, Joe Frans selaku CEO BMW Motorrad Indonesia menjelaskan lebih lanjut mengenai motor gacoan terbarunya ini melalui akun Youtube BMW Motorrad Indonesia.

“BMW S1000 XR merupakan motor adventure tapi mesinnya berkonfigurasi 4-silinder inline. Motor ini bisa dibilang kawinan motor sport dengan motor adventure.”

BMW S1000 XR ini mencomot mesin dari superbike S1000 RR. Karena itulah, jantung pacunya berkonfigurasi 4-silinder inline berkapasitas 999 cc liquid-cooled. Namun mesin ini mampu menghasilkan power menjadi 165 hp dengan torsi maksimum 114 Nm.

Dimana performa ini disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6-percepatan, Namun karena dianggap tak penting, motor ini tidak dibekali teknologi ShiftCam layaknya BMW S1000 RR.

Generasi terbaru BMW S1000 XR ini dibekali Adaptive Headlight Pro yang simetris. Lampu utama itu dikawinkan dengan teknologi LED DRL dan Active Cornering Light. Panel instrumen terkesan sangat modern dengan layar TFT 6,5 inci yang dapat disambungkan ke smartphone.

Untuk urusan peredam kejut, pada roda depan dipasang suspensi upside-down 45mm buatan Marzocchi dan bagian belakang monoshock swingarm. Uniknya, tingkat peredaman keduanya dapat diatur secara elektronik melalui tuas yang berada di handle-bar kiri.

Pada kaki-kaki, motor ini dibekali ban depan ukuran 120/70 ZR17 yang dipersenjatai dual-dics brake berdiameter 320mm radial mounted. Sementara pada ban belakang menggunakan ukuran 190/55 ZR17 yang dipadukan dengan single-dics brake 220mm. Tak hanya itu, untuk lebih meningkatkan keamanan, motor ini dibekali dengan sistem ABS (anti-lock braking system) pada kedua roda.

BMW S1000 XR ini punya bobot yang lumayan lebih ringan ketimbang generasi sebelumnya yakni hanya 226 kg. Superbike ini diklaim mampu digeber hingga 200 km/jam.

Motor yang terjun di kelas sport-touring 1.000cc ini, di Indonesia dibanderol Rp 719 juta (OTR).

This post was last modified on 30 April 2020 09:58

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024

Pramac : Bagnaia Bisa Saja Menghindari Kecelakaan dengan Marc

RiderTua.com - Kemenangan pertama musim ini untuk tim Pramac dan Jorge Martin, kandidat gelar MotoGP 2024 dan mengincar tujuan bersejarah: tim…

29 Maret 2024

Pedro Acosta Bisa Menang di Jerez, Tapi Kata Siapa?

RiderTua.com - Baru dua seri berlalu dan kecintaan banyak penggemar MotoGP terhadap Pedro Acosta sudah meroket. Bukan karena bakatnya saja,…

29 Maret 2024

Fermin Aldeguer Datang, Pramac Ducati Hengkang?

RiderTua.com - Bergabungnya Fermin Aldeguer dan dimana ditempatkan masih menjadi misteri... Bahkan kolaborasi Ducati dan tim Pramac juga masih belum…

29 Maret 2024

Marco Bezzecchi Ada Masalah dengan Kopling Ducati

RiderTua.com - Marco Bezzecchi sedang berjuang untuk bertarung di barisan depan di musim MotoGP 2024. Pembalap VR46 memiliki masalah dengan…

29 Maret 2024