Categories: Sepeda Motor

Bangkrut, TVS Resmi Akuisisi Norton Motorcycle

RiderTua.com – Norton Motorcycle, merek motor bersejarah bagi industri otomotif di Inggris ini dikabarkan tengah mengalami kebangkrutan. Untuk menyelamatkannya TVS Motor resmi mengakuisisinya.

Baca juga : Norton Superbike V4 RR

Bangkrut, TVS Resmi Akuisisi Norton Motorcycle

Norton Motorcycle didirikan di Birmingham, Inggris pada 1902 silam. Mereka pernah memenangkan Isle of  Man TT, prestasi ini membuat Norton menjadi salah satu merek paling terkenal di Inggris.

Namun masa kejayaan Norton sebagai motor legendaris telah terlewati. Pada Januari 2020, Norton Motorscycle dilaporkan mengalami masalah finansial. Situasi ini membuat Norton harus menyerahkan perusahaannya ke Badan Akuntasi BDO (Binder Dijker Otte) di Inggris.

BDO pun memutuskan untuk menjual Norton. Norton juga diketahui telah menunggak pajak dan dituduh telah menyelewengkan dana pensiun. Pemilik Norton, Stuart Garner dan mitra terkait, tampaknya telah mendorong produsen untuk melakukan sejumlah investigasi.

Namun TVS Motor datang untuk menyelamatkan Norton dari kehancuran. Mereka membeli Norton dengan harga 16 juta poundsterling (Rp 309 miliar).

Dikutip dari VisorDown.com, direktur pelaksana TVS Motor Sudarshal Venu mengatakan jika pihaknya akan mengembalikan ketenaran Norton dari reputasi yang rusak. Pihak TVS juga berjanji masih akan bekerjasama dengan karyawan dan konsumen Norton. Namun hingga kini masih belum ada dikonfirmasi apakah TVS akan mempertahankan pabriknya yang berada di Inggris.

Venu berkata “Ini adalah saat yang penting bagi kita, Norton adalah merek ikonik Inggris yang terkenal di seluruh dunia. Mereka memberi kami peluang besar untuk berkembang secara global.”

“Kami akan memperluas dukungan penuh untuk Norton, agar mendapatkan kembali masa kejayaan dalam dunia otomotif internasional,” lanjutnya.

Keberhasilan TVS dalam mengakuisisi Norton, membuat jangkauan TVS untuk terjun di segmen motor premium akan semakin luas. Apalagi TVS juga telah melakukan perjanjian dengan BMW Motorrad yang melahirkan platform 310.

This post was last modified on 20 April 2020 09:36

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Toyota Dkk Tidak Naikkan Harga Small SUV Bulan Ini

RiderTua.com - Toyota memang memiliki berbagai macam model SUV yang dijualnya di Indonesia. Seperti small SUV Raize yang dijual bersama…

16 April 2024

Cara Enea Bastianini Menghemat Ban, Mulai ‘Ngepush’ Pada 8 Lap Terakhir

RiderTua.com - Setelah meraih dua kali podium berturut-turut, Enea Bastianini berhasil menempati peringkat 2 di klasemen. Rider pabrikan Ducati itu…

16 April 2024

Motor Adventure Baru MV Agusta LXP Enduro Veloce, Versi untuk Jalan Raya

RiderTua.com - Pabrikan asal Italia yakni MV Agusta kembali meluncurkan motor adventure baru dengan nama MV Agusta LXP Enduro Veloce…

16 April 2024

Pedro Acosta : Maverick Vinales Benar-benar Tak Tersentuh

RiderTua.com - Saat start di GP Amerika, Pedro Acosta melesat bak roket dan langsung memimpin balapan untuk beberapa lap. Saat…

16 April 2024

All New Mitsubishi Triton Raih Lima Bintang Dari Tes Tabrak Australasian NCAP

RiderTua.com - Mobil pikap Mitsubishi, yaitu Triton, telah mendapatkan model generasi terbarunya sejak tahun lalu di Thailand. Pikap double cabin…

16 April 2024

Suzuki Naikkan Harga Baleno, Kompetitornya Masih Pertahankan Harga Lamanya

RiderTua.com - Suzuki telah menaikkan harga sejumlah mobilnya di Indonesia, baik model MPV maupun SUV. Kini giliran Baleno Hatchback yang…

16 April 2024