Toyota dan Avanza Ditengah Wabah Virus Corona

RiderTua.com – Mobil – Pandemi virus corona membuat penjualan mobil menjadi terpukul. Sehingga banyak produsen yang harus bertahan ditengah wabah Covid-19 yang melanda. Seperti Toyota Astra Motor (TAM) yang bertahan dengan model andalannya, Avanza. Toyota dan Avanza ditengah wabah virus corona.

Baca juga: Toyota Agya-Daihatsu Ayla Kini Tampil Makin Sporty !

Toyota dan Avanza Ditengah Wabah Virus Corona

Melansir detik.com (19/03/2020), selama bulan Januari hingga Februari lalu, TAM telah menjual 49.172 unit mobil. Hasil ini ternyata meningkat 1,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama. Meskipun dengan keadaan pasar yang menurun akibat pandemi Covid-19.

Dari hasil tersebut, penjualan dari segmen MPV masih mendominasi. Bahkan pangsa Toyota di kelas ini mencapai 50,6 persen, meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 45,3 persen. Artinya, Toyota sudah menguasai separuh kelas ‘mobil sejuta umat’ di Indonesia.

Tentu ini tak bisa diraih dengan bantuan Avanza, serta model MPV lainnya seperti Kijang Innova. Tapi Avanza dinilai memberi lebih banyak penjualan daripada ‘kakaknya’, mengingat hasilnya yang cukup bagus akhir-akhir ini. Peningkatan penjualannya di dua bulan pertama tahun ini mencapai 21,5 persen.

Tepatnya Avanza sudah terjual hingga 13.682 unit selama bulan tersebut. Padahal di bulan Januari-Februari, wabah virus corona sedang berlangsung. Ini membuktikan kalau Avanza tak gentar dengan adanya pandemi, terbukti dengan hasil yang bagus tersebut.

Entah bagaimana nasib Avanza serta model lainnya di waktu yang akan datang. Jika terus memburuk, bahkan terjadi lockdown seperti negara lainnya, maka penjualan Toyota dan merek lainnya akan anjlok. Tapi sejauh ini, TAM dengan Avanza masih ‘baik-baik saja’.

Be the first to comment

Leave a Reply