Categories: MotoGP

Ternyata Biang Masalah Honda RC213V Pada Aero-Winglet Versi 2020

RiderTua.com – Juara dunia MotoGP Marc Marquez mengatakan Honda telah “menemukan jalan” kembali. Setelah ‘tersesat’ selama dua hari tes Qatar dengan masalah pada motor RC213V versi 2020. Fase pengujian pra-musim benar-benar membuat khawatir pembalap Spanyol yang dibalut cedera itu. Ternyata biang masalah Honda RC213V pada Aero-Winglet versi 2020..

Ternyata Biang Masalah Honda RC213V Pada Aero-Winglet Versi 2020

Selama menjalani tes Pra-musim, Marquez terhambat oleh pemulihan yang sedang berlangsung setelah operasi bahu pada November. Meskipun dia mengatakan setelah tes Sepang bahwa dia lebih khawatir tentang motor daripada cedera yang dideritanya.

Masalah motor Honda 2020 terutama di tikungan masuk (corner entry) dan buruknya performa saat menikung. Bahkan Cal Crutchlow mengungkapkan bahwa dia harus mengendarai motor seperti seorang yang baru belajar naik motor..

Marquez Menemukan Masalahnya

Honda yang sangat khawatir akhirnya memberi Marquez salah satu motor spek 2019 yang dipakai Takaaki Nakagami. Dia mencoba pada hari terakhir tes Qatar pada hari Senin. Setelah mencoba berbagai bagian, Marquez mengatakan dia pikir Honda telah menemukan jalan keluar dari masalah dengan motornya.

“Kami menemukan jalannya. Di Malaysia ada beberapa masalah yang saya tidak mengerti, beberapa crash aneh di tikungan cepat yang biasanya saya mampu menyelamatkan tetapi saya banyak bermasalah, dan pada hari Minggu, lagi-lagi terjadi crash aneh lainnya,” kata Marquez.

Di hari terakhir tes, pada kesempatan itu Marc ingin mengucapkan terima kasih kepada Honda, tim, dan semua mekanik karena mereka melakukan pekerjaan dengan baik. “Mereka memusatkan semua kekuatan dan semua upaya di dalam garasi saya dan kami menemukan jalannya” kata Marc.

Tidak Nyaman dengan Motornya

Tes ini sangat penting bagi Marquez, karena pada hari Minggu dia sangat lambat dan sangat jauh dari pembalap Yamaha dan Suzuki. Marc merasa tidak nyaman dengan motornya. Dan di hari terakhir dia menikmatinya dan mereka jauh lebih dekat ke barisan depan.

“Saya mengendarai dengan sangat baik, kami memahami banyak hal, kami menguji beberapa bagian motor versi 2019 untuk mencoba memahami di mana masalahnya dan kami menemukan masalahnya”.

Ketika ditanya apakah Honda telah membuat kemajuan dengan kemampuan saat berbelok, Marc mengatakan: “Kami kehilangan perasaan di bagian depan motor. Saat memasuki tikungan tidak bagus, dan kami tidak memiliki kecepatan saat menikung. Jika saat memasuki tikungan meningkat, ditengah tikungan membaik, maka kita bisa keluar tikungan lebih cepat.”

Biang Masalah Honda?

Jadi apa sebenarnya solusinya? Setidaknya sebagian dari masalah tampaknya bersumber pada sayap atau winglet versi 2020. Marquez tampaknya lebih suka dengan desain 2019. Itu juga akan menjelaskan mengapa motor 2020 lebih menderita di trek Losail, dengan tikungan yang lebih cepat daripada di Sepang.

Seperti dilansir crash.net(24/02/20), Marc berujar, “Sekarang motornya sudah siap untuk putaran pertama MotoGP Qatar, tapi mungkin kondisi fisik Marc masih belum 100%!” kata Marc sambil tersenyum, merujuk pada kondisi bahu nya.

Di tes Qatar, Marquez adalah pembalap teratas di Honda di posisi ketujuh dengan selisih +0,291 detik dari pemimpin Maverick Vinales.. Sementara Nakagami berada di urutan kedelapan, Crutchlow ke-18 (+0,972) dan Alex Marquez ke-21 (+1,661)

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP 7):

  1. Kawasaki Tantang Dorna: Ninja Superbike Diadu dengan Motor Prototipe MotoGP di Sirkuit!
  2. Livery atau Corak Warna Motor MotoGP Terbaik dan Terburuk 2020
  3. Daftar Top Speed MotoGP Qatar Day-1: Ducati Menggila, Suzuki Waspada!
  4. Lorenzo Lontarkan Kata-kata Pedas, Balas Tudingan Zarco!
  5. Setelah Tes Motor Baru, Espargaro Masuk ke Pit dengan Berlinang Air Mata
  6. Stok ‘Pembalap Juara’ Habis, Ducati Balik Kanan Bubar Jalan, Poles Pembalapnya Sendiri!
  7. Hasil Tes Qatar 2020 Day-1: Duo Suzuki Tercepat!

This post was last modified on 25 Februari 2020 07:32

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez : Di Texas Saya Memikirkan Podium.. Bukan Kemenangan!

RiderTua.com - Marc Marquez bisa merayakan kemenangan pertamanya bersama tim Gresini Ducati jika dia tidak crash beberapa saat setelah memimpin…

20 April 2024

Pengiriman Suzuki Jimny 5-Door Cukup Cepat Meski Inden Beberapa Bulan

RiderTua.com - Suzuki telah menghadirkan Jimny 5-door di Indonesia bulan Februari lalu dan disambut baik di pasarnya. Seperti model 3-door,…

20 April 2024

Toyota Umumkan Recall Prius Karena Ini

RiderTua.com - Toyota Prius masih menjadi salah satu mobil hybrid unggulannya di pasar global. Terlebih setelah modelnya memasuki generasi terbaru…

20 April 2024

BYD dan Mercedes-Benz Siap Hadirkan Mobil Baru di Eropa?

RiderTua.com - BYD sudah dapat mencatatkan hasil penjualan mobil listriknya yang cukup bagus selama ini. Meski demikian, mereka juga melakukan…

20 April 2024

Chery Siapkan Model Omoda Terbaru Lainnya?

RiderTua.com - Kesuksesan Chery dalam menghadirkan Omoda 5 di pasar global menjadi alasan dihadirkan varian listriknya, yaitu Omoda E5. Sejak…

20 April 2024

Alex Rins : Motor Kami Sangat Lamban..!

RiderTua.com - Setelah Suzuki mundur dari MotoGP pada 2022, Alex Rins memutuskan pindah ke tim LCR pada 2023. Ini artinya…

20 April 2024