Categories: MotoGP

Impresi Awal Mesin Anyar Aprilia V4-90, Bikin Pasukan Noale Ini Tersenyum, Karakter Mirip Yamaha!

RiderTua.com – Salah satu tim MotoGP yang menjadi sorotan pada pra-musim ini adalah pasukan yang bermarkas di Noale, Aprilia Gresini. Mereka adalah salah satu tim ‘yang insaf’ dan menggunakan mesin dengan konfigurasi 90 derajat seperti Honda dan Ducati. Bagaimana kesan atau impresi pembalapnya dengan mesin anyar mereka?.. Impresi mesin anyar Aprilia V4-90, bikin pasukan Noale tersenyum, karakter mirip Yamaha!

Impresi Mesin Anyar Aprilia V4-90, Bikin Pasukan Noale Tersenyum, Karakter Mirip Yamaha

Menurut salah satu rider Aprilia, Aleix Espargaro motor RS-GP 2020 lebih stabil dan halus, namun masih kehilangan banyak dalam hal akselerasi, kurang galak. Namun impresi awal Aleix tentang motor baru membuatnya banyak tersenyum. Debut mesin RS-GP 2020 dengan V4 90 derajat telah memberinya kepercayaan diri untuk musim ini. Espargaro mengakhiri hari pertama tes Sepang di tempat ketujuh hanya 0,482 detik lebih lambat dari pemuncak catatan waktu Fabio Quartararo.

Espargaro mengatakan: “Jelas jauh lebih baik (mesin baru), sulit untuk membandingkan karena ini adalah awal. Hal terbaik yang akan saya katakan adalah di tikungan. Ketika kita melepaskan rem depan, motor menikung lebih banyak dan posisi pengendara juga jauh lebih baik”.

Aleix Espargaro Aprilia RS-GP 2020

Karakternya Mirip Yamaha

Pengaruh mesin baru ini terutama pada stabilitas saat menikung, stabilitas motor secara keseluruhan dan tingkat pengendalian motor membuat pembalapnya acungi jempol. Menurut Aleix karakter motor ini sedikit mengingatkan dia pada Forward Yamaha yang dia kendarai enam tahun lalu, dan ini sangat bagus karena menurutnya motor itu adalah salah satu motor terbaik yang pernah dia kendarai. “Jadi, saya pikir kita baru saja mulai, tetapi kita melakukannya dengan cara yang baik,” kata Espargaro.

Aleix Espargaro Tim Forward Yamaha (2014)

Lebih Mudah Dikendarai, Kurang Akselerasi

Karakter mesin baru menurut pembalap Spanyol itu membuat jauh lebih mudah untuk dikendarai. Sangat mengagumkan, meskipun masih kurang dalam akselerasinya. Namun mesin ini masih sangat baru, perlu banyak lap untuk melakukan simulasi balapan sesungguhnya. Mesin tanpa kendala dan bekerja dengan sangat baik.

Meskipun kurang ‘galak’ namun perlu di ingat mesin V4 90 derajat ini punya kelebihan… Chief engineer Aprilia, Romano Albesiano mengatakan: “Mesin baru ini menawarkan lebih banyak kemungkinan untuk menggunakan urutan pengapian( firing order) yang berbeda yang akan memungkinkan kami untuk mendapatkan lebih banyak power dan memiliki lebih banyak efisiensi dalam pengelolaan pengereman mesin (engine brake). Kami juga telah mendesain ulang mesin untuk membuat crankshaft jauh lebih ringkas, jadi secara keseluruhan mesin ini benar-benar baru dan harus memberi kami langkah maju di semua area.”

Itu artinya insinyur mesin Noale masih bisa melakukan perbaikan performa mesin. Potensi mesin V4 sangat memungkinkan untuk dikelola sesuai kebutuhan. Masih bisa mencari lebih power dan akselerasi yang lebih baik.

Meski bukan yang tercepat namun hal yang lebih penting adalah “simulasi balap’, meliputi daya tahan ban.. “Saya tidak super cepat dalam satu putaran (single lap), tetapi kecepatannya sangat bagus dalam 20 lap dengan melihat kondisi ban”.

Bradley Smith diperkirakan juga akan beraksi untuk tim Noale, motor Aprilia telah mencatatkan jarak tempuh pengujian yang cukup besar di shakedown Sepang dan pembalapnya diizinkan untuk mengambil bagian karena Aprilia adalah salah satu pabrikan yang mendapatkan hak konsesi di MotoGP .

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP 10):

  1. Yamaha dan Kudeta Politik Transfer Pembalap MotoGP, Picu Komentar Agostini Tentang Rossi dan Lorenzo
  2. Valentino Rossi Lebih Pilih ke Tim Satelit Petronas dengan Morbidelli daripada Lorenzo
  3. Biang Masalah Yamaha M1, Ujung-ujungnya Ban Michelin Juga!
  4. Hasil Tes Shakedown Sepang Day-3: Debut Menjanjikan Lorenzo
  5. Livery Baru Motor M1 2020 Valentino Rossi Ubahannya Minimalis
  6. Tim Satelit Suzuki Sky VR46 Mungkin Terwujud di 2022?
  7. Begini Cara Yamaha Merayu Quartararo!
  8. Honda Perkenalkan Livery Baru RC213V Repsol 2020, Apa Saja Bedanya?
  9. Valentino Rossi ke Tim Satelit, Petronas Bagai Mendapat Durian Runtuh!
  10. Marc Marquez Waspada dengan Skuad Yamaha 2020, Ada Sesuatu di Tim Garputala Itu!

This post was last modified on 8 Februari 2020 07:15

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024