Toyota Corona, Sedan Klasik yang Hampir Terlupakan

RiderTua.com – Mobil – Mendengar nama Corona mungkin sudah membuat ngeri banyak orang. Nama ini dikenal sebagai nama virus yang sedang viral. Tapi di dunia otomotif lebih dikenal sebagai Toyota Corona dulunya. Toyota Corona, sedan klasik yang hampir terlupakan.

Baca juga: Toyota Masih Jadi Merek Mobil Terlaris di Indonesia

Toyota Corona, Sedan Klasik yang Hampir Terlupakan

Dilansir dari detik.com (27/01/2020), nama ‘Corona’ dalam bahasa Latin artinya ‘mahkota’. Sebenarnya nama tersebut terdengar hampir sama dengan model sedan Toyota lainnya, yaitu Crown. Walau Corona lebih kecil dari Crown, tapi sedikit lebih besar dari Corolla.

Corona dibuat oleh Toyota (Toyopet di Jepang) untuk bersanding dengan Datsun. Model awalnya terlihat lebih gemuk dari modelnya sekarang. Tapi memang desain ini sangat populer di tahun 1957.

Indonesia baru mendapat Corona di tahun 70-an dan modelnya sudah masuk ke generasi keempat. Corona juga dirakit lokal dan dijual, dengan angka yang cukup bagus. Keadaan ini terus bertahan hingga tahun 2001.

Hingga karirnya berakhir di tahun tersebut, Corona terjual hingga lebih dari 5 juta unit di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sebagai penutup, Toyota menghadirkan edisi terakhir Corona Absolute di Indonesia di tahun 1998. Sejak saat itu, model ini digantikan oleh Corolla dan terus dijual sampai sekarang.

Nyatanya kini banyak orang yang hampir melupakan Corona, walau menjadi ‘pendahulu’ dari Corolla dan Crown. Meskipun begitu, Corona menjadi salah satu model Toyota yang akan terus dikenang.

Be the first to comment

Leave a Reply