Categories: MotoGP

Takahiro Sumi: Tujuan Yamaha untuk Menciptakan Mesin yang Cepat dan Kuat

RiderTua.com – Sebuah wawancara menarik media motorsport dengan Takahiro Sumi, Project Leader Yamaha MotoGP. Yang baru tahun lalu memimpin proyek M1. Kali ini dia berbicara tentang prospek Yamaha pada tahun 2020. Takahiro Sumi: Tujuan Yamaha untuk menciptakan mesin yang cepat dan kuat..

Takahiro Sumi: Tujuan Yamaha untuk Menciptakan Mesin yang Cepat dan Kuat

Seperti diberitakan Yamaha melakukan reorganisasi pada tahun 2019. Ketika Sumi mengambil alih sebagai Pemimpin Grup, dia fokus pada poin-poin kunci dalam pengembangan mesin dan meningkatkan komunikasi antara tim dan markas. Hasilnya terus membaik, sebagian karena itu.

Saat tes yang dilakukan di Valencia dan Jerez November lalu, Yamaha meluncurkan M1 model baru. Bagaimana menurut Takahiro Sumi tentang tujuan pengembangan mesin baru dan yang paling penting target untuk tahun 2020?

Kuat dalam Kualifikasi, Kalah saat Balapan

Sumi mengatakan bahwa tidak diragukan bahwa kecepatan YZR-M1 cukup bagus tahun lalu. Bahkan, jika kita melihat jumlah posisi pole pada musim 2019, Marc Marquez mendapatkan 10 pole dari 19 balapan, dan Vinales dan Fabio Quartalaro berbagi 9 balapan yang tersisa. Dengan kata lain, mesin Yamaha kuat saat kualifikasi, hanya bermasalah saat bertarung melawan Marquez- Honda.

Namun, dalam balapan, dua kemenangan mampu diraih Yamaha, terlepas dari kurangnya top speed dan kekuatan dalam balapan, Sumi mengungkapkan penyebabnya. “Perlombaan saat ini yang menang adalah karena lawan mampu ‘melarikan diri’. Jika pembalap di depan menghancurkan garis ideal Yamaha, maka M1 tidak dapat menunjukkan kecepatannya. Di situlah kita masih belum ada. ”

Yamaha memang motor yang kuat saat menikung, namun ketika di tikungan racing line yang ideal dikacaukan lawan, maka M1 tidak mampu cepat lagi di tikungan. Sementara di trek lurus mereka kalah top speed.

Meskipun pengembangan mesin baru sedang berlangsung, Sumi mengatakan tujuannya untuk musim 2020 adalah “Semua orang di Yamaha melakukannya dengan harapan mendapatkan kembali rebut gelar juara. Aku harus memikirkan apa yang hilang di tim, dan mendapatkan kembali kekuatan dalam balapan. Aku fokus pada itu. Mesinnya, tentu saja, tempat yang besar untuk dikembangkan.”

Dahulu Tidak Mengutamakan Top Speed

Menurut Sumi, mesin baru tampaknya berfungsi seperti yang diharapkan pada umumnya, tetapi lawan juga mempercepat pengembangan, dan pembalap Yamaha masih mengeluh. “Itu adalah sesuatu yang belum pernah dimiliki Yamaha di masa lalu: mengalahkan para pesaingnya dengan kecepatan tertinggi (top speed).

Filosofi Yamaha adalah apakah akan meningkatkan power mesin dan membiarkan mesin bekerja lebih cepat atau untuk membidik kecepatan dengan kekuatan secara keseluruhan (bukan hanya kekuatan mesin), “Saya pikir itu akan datang,” kata Takahiro.

Apakah Tes Sepang pada bulan Februari ini akan lebih baik dari tes tahun lalu dan membuat pembalap Yamaha berhenti mengeluh?.. Apakah Takahiro Sumi akan memerintahkan untuk meningkatkan power mesin sambil mempertahankan kekuatan asli Yamaha di tikungan? … Sumi mengatakan, “Itu bukan tema yang sederhana.”

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP7):

  1. Valentino Rossi Pindah Tim Satelit Yamaha, Jadi Bahan Tertawaan atau Langkah Cerdik?
  2. Marquez: Hanya Balapan dan Tak Mampu Rebut Gelar Dunia Lebih Baik Dia Pensiun Saja, Sindir Rossi?
  3. Rossi Pindah ke Tim Satelit Petronas?
  4. Motor Balap Legendaris Honda NSR500: Pembalap MotoGP Ini Duduk di Atas Knalpot Motornya !
  5. Yamaha Akan Menerapkan Eksternal Flywheel Seperti Honda dan Ducati, Apa Kelebihannya?
  6. Kenapa Fans Valentino Rossi Tetap Setia Meskipun Dia Tidak Menang Lagi?
  7. Ketika Livery Suzuki Motocross Nempel di Suzuki GSX-RR MotoGP, Bagaimana Menurutmu?

This post was last modified on 23 Januari 2020 06:59

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Toyota Dkk Tidak Naikkan Harga Small SUV Bulan Ini

RiderTua.com - Toyota memang memiliki berbagai macam model SUV yang dijualnya di Indonesia. Seperti small SUV Raize yang dijual bersama…

16 April 2024

Cara Enea Bastianini Menghemat Ban, Mulai ‘Ngepush’ Pada 8 Lap Terakhir

RiderTua.com - Setelah meraih dua kali podium berturut-turut, Enea Bastianini berhasil menempati peringkat 2 di klasemen. Rider pabrikan Ducati itu…

16 April 2024

Motor Adventure Baru MV Agusta LXP Enduro Veloce, Versi untuk Jalan Raya

RiderTua.com - Pabrikan asal Italia yakni MV Agusta kembali meluncurkan motor adventure baru dengan nama MV Agusta LXP Enduro Veloce…

16 April 2024

Pedro Acosta : Maverick Vinales Benar-benar Tak Tersentuh

RiderTua.com - Saat start di GP Amerika, Pedro Acosta melesat bak roket dan langsung memimpin balapan untuk beberapa lap. Saat…

16 April 2024

All New Mitsubishi Triton Raih Lima Bintang Dari Tes Tabrak Australasian NCAP

RiderTua.com - Mobil pikap Mitsubishi, yaitu Triton, telah mendapatkan model generasi terbarunya sejak tahun lalu di Thailand. Pikap double cabin…

16 April 2024

Suzuki Naikkan Harga Baleno, Kompetitornya Masih Pertahankan Harga Lamanya

RiderTua.com - Suzuki telah menaikkan harga sejumlah mobilnya di Indonesia, baik model MPV maupun SUV. Kini giliran Baleno Hatchback yang…

16 April 2024