Categories: MotoGP

Duel 3 Rookie MotoGP 2020: Iker Lecuona – Brad Binder – Alex Marquez, Jagokan Siapa?



RiderTua.com – Di MotoGP 2020 kita akan melihat 3 pendatang baru (rookie) di kelas utama. Iker Lecuona bersama rekan satu merk Brad Binder dan pembalap Spanyol Repsol Honda Alex Marquez. Ketiga pembalap ini akan menghadapi tantangan dalam pertempuran untuk mendapatkan gelar rookie terbaik di musim depan. Duel 3 rookie MotoGP 2020: Iker Lecuona – Brad Binder – Alex Marquez, jagokan siapa?

Duel 3 Rookie MotoGP 2020: Iker Lecuona – Brad Binder – Alex Marquez, Jagokan Siapa?

Iker Lecuona (19 tahun) – Motor: KTM RC16

Iker Lecuona pembalap Spanyol tim Tech3 KTM sebenarnya sudah menandatangani kontrak dengan Ajo untuk musim Moto2 2020, dipromosikan oleh KTM di kelas MotoGP.

Namun demikian, pendatang baru sadar bahwa masih ada banyak pekerjaan di depannya: “Saya perlu bermil-mil dengan tim yang baru bagi saya. Motor, ban, elektronik, semuanya baru bagi saya.”

Tes musim dingin pertama di Valencia dan Jerez, Lecuona berada di tempat 16 dan 21 dalam waktu gabungan. Apakah dia berani menggantikan Fabio Quartararo sebagai Rookie 2020?

“Tentu saja mungkin untuk memperjuangkan gelar rookie. Saya tidak tahu apakah Alex menemukan perasaan yang baik dengan motornya. Tapi saya yakin Binder akan cepat dengan KTM. Jadi saya harus meningkat lebih banyak dibandingkan dengan dia. Tapi kemungkinan (gelar rookie) itu ada, “kata Lecuona optimis.

Brad Binder (24 tahun) – Motor: KTM RC16

Brad Binder pindah dari Moto2 ke tim pabrikan KTM setelah pemutusan awal kontrak oleh Johann Zarco. Dalam tes Moto2 pertamanya di Valencia pada November 2016, Brad Binder mengalami patah lengan yang rumit. Itu bukan satu-satunya alasan mengapa bintang KTM itu tidak ingin terburu-buru tes MotoGP pertama.

Binder yang telah mengamankan posisi runner-up Moto2, menyelesaikan dua hari tes Jerez di atas KTM RC16, dengan kehilangan 2,8 detik dari catatan waktu terbaik di Jerez.

“Lintasan Jerez terlihat semakin kecil dengan KTM MotoGP karena mesin yang lebih besar dan lebih cepat. Tetapi setelah beberapa kali turun lintasan saya merasa lebih baik. Setelah itu kami bermain-main dengan set-up. Semakin banyak putaran yang saya lakukan, saya semakin nyaman,”

Binder tidak terbawa oleh tindakan sembrono. Belajar memahami motor MotoGP dengan bertahap dan tidak terburu. “Saya akan memikirkan semua yang saya pelajari tentang MotoGP sekarang,” kata Brad.

Binder kini menantikan KTM 2020 terbaru, di tes Febuari di Sepang. Apakah dia bisa mengendarai lebih cepat dengan motor 2020…?

Alex Marquez (23 tahun) – Motor: Honda RC213V

Di musim MotoGP pertamanya, Alex Marquez tidak hanya harus menguasai tantangan yang sulit untuk pantas duduk di jok motor MotoGP. Pembalap berusia 23 tahun dari Cervera itu menghadapi tantangan lain karena di tim besar dan bersanding dengan kakaknya, Marc.

Yang menjadi pertanyaan adalah: Apakah RC213V lebih sulit dari yang dia bayangkan? “Pada putaran kali ini, semuanya masih berada di area di mana saya merasa nyaman. Saya masih harus menemukan batasnya, maka pasti masalahnya akan datang. Saat ini, saya hanya menikmati motornya,” kata Alex.

Apa target yang ditetapkan Alex Marquez untuk musim rookie-nya di kelas MotoGP? “Pada akhirnya, ini tentang pertumbuhan, belajar banyak hal dan meningkatkan diri sebagai pembalap. Setelah pramusim, kita akan melihat gol atau tujuan apa yang kita tetapkan sendiri”.

Jagokan Siapa?

Dari ketiga pembalap rookie diatas dari sisi motor Alex Marquez dengan Honda RC213V jelas lebih punya materi paling OK. Namun dari sisi mental pertarungan semua tidak akan sama saat mereka di kelas Moto2. Jadi kita tunggu saja tahun depan karena segala sesuatu bisa saja terjadi dengan sebuah kejutan.. ” Never Say Never

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP5):

  1. Ducati Kehabisan Napas, Bayangan Stoner-Lorenzo Masih Menggantung dan Dovi Kecewa!
  2. Demi Memperhalus Gaya Balapnya Selembut Mentega, Vinales Rela ‘Pindah Rumah’ ke Qatar!
  3. Marah Karena ‘Ketidakadilan’ Alex Barros Pensiun dan Bubarkan Tim Balapnya!
  4. Stoner: Rossi Masih Bisa Bersaing untuk Posisi Teratas!
  5. Berapa Lama Rantai Motor MotoGP Diganti?

This post was last modified on 6 Desember 2019 06:59

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Aleix Espargaro : Tidak Ada yang Menyangka Pedro Acosta dan KTM Akan Sekuat Itu

RiderTua.com - Aleix Espargaro salah satu dari pembalap senior yang memuji setinggi langit penampilan pembalap baru dari negaranya, Spanyol.. Pedro…

28 Maret 2024

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024