Honda Resmi Luncurkan CBR1000RR-R Fireblade, Born to Race

RiderTua.com – Motor – Setelah ditunggu sekian lama akhirnya Honda meluncurkan superbike terbarunya CBR1000RR-R Fireblade. Mesin superbike ini mirip punya motoGP. Honda resmi luncurkan CBR1000RR-R Fireblade, born to race.

Baca juga : Beringas, Inilah Motor Racikan HRC Honda CBR1000RR 2020, Penantang Ducati V4R di WSBK!

Honda Resmi Luncurkan CBR1000RR-R Fireblade, Born to Race

Honda CBR1000RR-R ini menampakkan diri di EICMA, Milan, Italia hari ini (4/11/2019).

Jika mengamati nama dari motor ini, ada tambahan huruf R lagi dibelakang double R didepannya. Tak main-main huruf R ada tiga. Apa maksudnya ? Ini mungkin yang menjadi pembeda dari generasi sebelumnya. Jadi jangan heran jika motor ini punya tagline ‘Born to Race’.

Penampilan motor ini juga berubah dibanding generasi sebelumnya. Garis bodi dan bagian muka terlihat lebih runcing tajam.

Pada bagian muka terdapat dua lampu utama sipit di kiri dan kanan yang mengapit ram air intake yang berukuran lumayan besar.

Di bagian fairing samping kiri dan kanan tampak jelas terdapat lubang dan ada tiga buah sirip di dalamnya. Ini merupakan perangkat winglet untuk down force tersembunyi.

Yang bikin WOW adalah mesinnya. Meskipun masih menggunakan mesin 4-langkah 4-silinder segaris DOHC 16 katup berpendingin cairan seperti generasi sebelumnya, namun dari datanya mesin ini punya performa yang kuat. Bahkan Honda mengklaim ini merupakan mesin inline 4-silinder terkuat yang pernah dibuat Honda.

Tenaga maksimal dari mesin berkapasitas 999,9 cc ini mencapai 160 kW atau sekitar 215 dk! Itu didapat di 14.500 rpm. Sementara torsi 113 Nm di 12.500 rpm.

Jelas, tenaga yang dihasilkan mesin ini lebih besar dari Kawasaki Ninja ZX-10RR yang hanya sekitar 210 dk.

Perubahan drastis yang dilakukan oleh Honda pada mesin juga jelas terlihat dari bore x stroke yang kini digunakan, yaitu 81 mm x 48,5 mm.

Bore 81 mm ini persis dengan yang digunakan Honda RC213V di MotoGP, dan merupakan ukuran maksimal yang diperbolehkan di balap prototype tersebut. Angka itu juga diterapkan Ducati pada Panigale V4.

Honda CBR1000RR-R terbaru ini tersedia dalam 2 versi, yaitu standar dan SP. Bedanya yang versi SP menggunakan suspensi Ohlins NPX S-EC dan TTX-36 S-EC, juga rem depan Brembo Stylema.

This post was last modified on 5 November 2019 21:27

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

MotoGP Dibeli Liberty Media? Dominasi Rider Italia Dan Spanyol Berakhir?

RiderTua.com - Setelah membeli Formula 1, American of Liberty Media pun berusaha mengamankan MotoGP dengan tawaran sebesar 4 miliar euro…

29 Maret 2024

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024