Categories: Sepeda Motor

Perjalanan Panjang Skutik Honda Vario di Indonesia

RiderTua.com – Motor – Siapa yang tidak kenal dengan Honda Vario? Sepeda motor matik dari AHM (Astra Honda Motor) ini sudah terkenal dan sukses di Indonesia. Mungkin banyak yang belum tahu mengenai sejarah dibaliknya. Perjalanan panjang skutik Honda Vario di Indonesia.

Baca juga: Honda RC148 Inline 5 Silinder, Mesin 125 cc dengan Top Speed 200 Kpj !

Perjalanan Panjang Skutik Honda Vario di Indonesia

Vario pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2006 silam. Vario Absolute Matic menjadi model pertama dari skutik ini. Saat itu mesin yang dipakai berkapasitas 110 cc.

Walau sebagai generasi pertama, Vario Absolute Matic sudah dilengkapi pendingin cairan. Termasuk keberadaan fitur brake lock dan side stand switch.

Sekitar tahun 2009, Honda Vario Techno diluncurkan. Berbeda dengan sebelumnya, Vario Techno memiliki model yang lebih sporty dan agresif. Sistem combi brake menjadi fitur andalannya.

Ubahan Besar

Honda Vario mendapat major change pada tahun 2013. Vario ini sudah dilengkapi mesin PGM-Fi 125 cc bertenaga 11,3 PS pada 8.500 rpm dan torsi 10,7 Nm pada 5.000 rpm. Kapasitas tangki juga diperbesar menjadi 5,5 liter.

Tak hanya peningkatan performa mesin dan tangki bensin, Honda Vario 125 sudah dibekali bagasi helm-in berkapasitas 18 liter. Fitur Idling Stop System yang disematkan bisa mematikan mesin saat kondisi diam atau idle selama 3 detik. Mesin dapat dinyalakan kembali saat memutar stang gas.

Honda Vario 110 cc mendapat ubahan minor di tahun 2014. Model ini menggunakan mesin yang sama dengan Honda BeAT Fi. Desainnya yang elegan merupakan ‘turunan’ dari Vario 110 cc generasi pertama. Rem CBS dan Answer Back System dipakai pada model ini.

Tahun 2015, Honda menambahkan varian untuk Vario. Kali ini ada varian mesin 150 cc eSP (Enhanced Smart Power) bertenaga 12,64 PS dan torsi 12,8 Nm. Vario 150 sudah dilengkapi dengan fitur Answer Back System.

New Vario eSP 110 cc diluncurkan pada tahun 2017. Dilengkapi dengan ACG starter tanpa suara, serta fitur Idling Stop System.

Honda Vario kemudian disegarkan pada tahun 2018. Desainnya makin agresif, ditambah dengan All LED system dan mesin 150 cc generasi terbaru tanpa kickstarter. Speedo meter-nya sudah full digital. Jika Vario 150 memiliki fitur Smart Key System, varian 125 sudah memilki fitur Answer Back System.

This post was last modified on 14 November 2019 12:07

Daffa

Leave a Comment

Recent Posts

Aleix Espargaro : Tidak Ada yang Menyangka Pedro Acosta dan KTM Akan Sekuat Itu

RiderTua.com - Aleix Espargaro salah satu dari pembalap senior yang memuji setinggi langit penampilan pembalap baru dari negaranya, Spanyol.. Pedro…

28 Maret 2024

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024