Xabi Alonso Tersandung Masalah Pajak

RiderTua.com – Bola – Xabi Alonso tahun lalu dituduh melakukan penggelapan pajak penghasilan dari hak citra (image right). Dimana hal itu dilakukan selama kurun waktu dua tahun, yakni 2010 hingga 2012 saat menjadi pemain Real Madrid. Xabi Alonso Tersandung Masalah Pajak.

Baca juga : Ini Alasan Messi Sempat Kepikiran Untuk Meninggalkan Barcelona

Xabi Alonso Tersandung Masalah Pajak

Alonso memilih mendatangi persidangan terkait dugaan penggelapan pajak di Spanyol. Dia diancam hukuman selama lima tahun penjara. Sebenarnya tidak hanya Alonso yang bermasalah dengan perpajakan di Spanyol. Sebut saja rekan setimnya waktu itu di Real Madrid yaitu Cristiano Ronaldo. Kemudian ada pemain Barcelona Lionel Messi dan Javier Mascherano.

Berbeda dengan Alonso, Ronaldo dan Messi memilih membayar denda agar bisa terbebas. Alonso tetap bersikeras jika pihaknya tidak menyalahi aturan dan sudah membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku di negara Spanyol. Karena yakin kalau dirinya tidak bersalah, Alonso memilih untuk tidak membayar denda dan lebih memilih menghadapi pengadilan.

Kepada ESPN Alonso mengatakan

“Saya tidak berencana mengajukan pembelaan apapun. Dengan ada di sini, saya begitu yakin dengan prinsip saya dan tidak senang dengan tuduhan ini. Saya sudah jelaskan dari awal. Jika tidak, buat apa saya datang ke sini”

Ancaman 5 Tahun Penjara

Saat mendatangi pengadilan, Alonso ditemani pengacaranya sekaligus Direktur Umum Real Madrid Jose Angel Sanchez. Dalam persidangan itu, Sanchez menjelaskan ke majelis hakim jika kontrak hak citra Alonso sama dengan seluruh pemain.

Jika dalam persidangan nanti Alonso terbukti bersalah maka dia terancam hukuman penjara selama 5 tahun (bisa naik menjadi 8 tahun) dan denda 4 juta Euro (Rp 64 miliar). Untuk diketahui, Xabi Alonso saat ini telah pensiun dan menjadi pelatih Real Sociedad B. 

Be the first to comment

Leave a Reply