Bukan Ban Gaib, Ini Spek Ban Teknologi Baru Michelin Khusus Trek Le Mans !

RiderTua MotoGP –  Putaran ke 5 akan digelar di Perancis, balapan kandang untuk pemasok tunggal ban Michelin. Harapan produsen ban itu tak lain adalah menjadikan balapan menarik dan minus keluhan pembalap. Serta sebuah kebanggaan tersendiri jika bisa menciptakan rekor baru dalam kecepatan motor. Sirkuit Le Mans sepanjang 4.185 m ini memiliki lima tikungan kiri dan sembilan tikungan ke kanan. Ini spek ban teknologi baru Michelin khusus trek Le Mans…

Ini Spek Ban Teknologi Baru Michelin Khusus Trek Le Mans

Michelin akan membawa ban senyawa soft, medium, dan hard untuk depan dan belakang. Khusus untuk ban belakang memiliki desain asimetris dengan sisi kanan yang lebih keras untuk mengantisipasi banyaknya tikungan kanan ( 9 tikungan). Ban depan dengan senyawa keras menjadi ban baru yang ditambahkan pada awal musim. Untuk seri Le Mans pabrikan ban Perancis ini memakai senyawa teknologi baru yang sudah diuji di pra-musim dan kemudian dipakai tahun ini.

“Akhir pekan ini adalah salah satu acara terpenting bagi kami dalam kalender balap MotoGP. Seri Le Mans adalah balapan kandang kami, sehingga kami mendapat dukungan dari para penggemar kami di Perancis. Banyak orang ingin kami melakukannya dengan baik, yang berarti sangat penting untuk memberikan pertunjukan yang bagus. Kami memiliki senyawa baru yang ditambahkan setelah tes di awal tahun dan ini pasti akan membantu pengendara meningkatkan performa mereka”. kata bos Michelin, Piero Taramasso.

Manager Michelin Piero Taramasso Foto motogp com

Lay out dan lebar trek yang sangat sempit dengan banyak tikungan memaksa motor melaju dengan gigi rendah dan yang membutuhkan stabilitas yang apik dari ban Michelin bagian depan, khususnya pada saat pengereman. Kemudian motor dipaksa untuk ber-akselerasi serta traksi yang mendadak, siap menyiksa ban belakang, sehingga Michelin memberikan ramuan khusus untuk seri Perancis kali ini….

Bukan Ban Gaib

Jadi semua ban akan sama untuk semua pembalap. Semua akan merasakan ban terbaru dan tinggal strategi tim dan bagaimana pintarnya pembalap mengelola ban agar tahan hingga akhir lap. Karena ban adalah kunci dari kecepatan motor. Secanggih dan secepat apapun motornya kalau ban sudah tergerus dan tidak lengket maka kecepatan motor akan loyo… Tidak ada istilah ‘ban gaib’ yang secara khusus dipesan untuk seorang pembalap saja…

Be the first to comment

Leave a Reply