Categories: Otomotif

Keunggulan Teknologi TNGA Yang Bikin Harga Toyota C-HR Mahal

RiderTua.com – SUV Crossover besutan Toyota yaitu C-HR  baru saja diluncurkan. C-HR sukses bikin konsumen di Indonesia melongo karena banderol harganya yang mahal bingit. Dia menjadi yang termahal diantara para pesaingnya di kelas SUV crossover. Namun pihak Toyota membantah jika C-HR overprice. Kenapa harga C-HR bisa semahal itu ?Keunggulan teknologi TNGA yang bikin harga Toyota C-HR mahal.

Baca juga: Toyota C-HR Welcome to The Jungle Inilah Para Penantangmu

Menggunakan Platform TNGA

Untuk diketahui, C-HR adalah model kedua Toyota yang menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture). Model pertama yang menggunakan platform ini adalah Toyota Prius generasi ke-4 yang dibuat tahun 2015 silam. Setelah C-HR, platform ini juga disematkan pada Corolla hatchback/Auris produksi tahun 2018, Crown (2018), Lexus LS (2017), Lexus ES (2019), RAV4 (2018) dan model terkecil dari Lexus yaitu UX (2018). Namun Toyota akan mengaplikasikan teknologi TNGA ini di separuh jumlah model Toyota pada 2020 nanti.

Keunggulan TNGA

Menurut Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive GM PT. Toyota Astra Motor, teknologi TNGA yang digunakan pada mobil Toyota punya 5 kelebihan antara lain :

  • Kualitas mengemudi lebih sempurna, ini dikarenakan karakter TNGA mampu mengatur bobot menjadi seimbang dengan pusat titik gravitasi rendah. Suspensi belakang menggunakan double wishbone sehingga membuat kenyamanan dan performa mobil menjadi leboh juos.
  • Posisi mengemudi didesain menjadi lebih ideal, kabin luas dan tingkat kesenyapan kabin yang lebih hening membuat pengalaman berkendara semakin OK.
  • Platform TNGA ini membuat kapasitas bagasi menjadi lebih luas. Penggunaan mesin 1.8L dual VVT-i membuat pengemudi merasakan sensasi berkendara yang lebih baik dan mudah penggunaannya.
  • Platform TNGA ini juga menghasilkan sesuatu yang different dari model-model Toyota yang lain.
  • Fitur keselamatan dan keamanannya menjadi lebih sempurna. C-HR ini dilengkapi 7-airbag, VSC (vehicle stability control), Hill Start Assist, Auto Brake Hold, Traction Control, Blind spot Monitor, Impact Absorbing Structure, Rear Cross Traffic Alert, Intrution Sensor dan rem ABS+EBD+BA.

Harga C-HR Mahal

Banderol C-HR yang mahal ini tidak hanya di Indonesia saja, namun juga di Thailand dan Malaysia. Di Thailand C-HR dibanderol mulai 979.000 bath (Rp 426 juta) hingga 1.159.000 bath (Rp 504 juta). Malaysia dijual juga hanya 1 varian saja yaitu seharga 145.000 Ringgit (Rp 513 juta).

Di Indonesia sendiri C-HR dijual dengan 1 varian mesin namun ada 2 opsi pilihan warna. Yang two tone colour dijual Rp 490 juta sedangkan yang single tone dibanderol Rp 488,5 juta.

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024

Hyundai Umumkan Recall Mobil Listriknya, Indonesia Termasuk?

RiderTua.com - Sebelumnya Hyundai mengumumkan penarikan ratusan ribu unit mobil listriknya di Korea Selatan setelah ditemukan adanya cacat produksi. Tidak…

28 Maret 2024