Categories: Otomotif

VW dan Audi Indonesia Stop Jual Mobil Diesel, Apa Alasannya ?

Permasalahan dieselgate yang terjadi tahun 2015 silam, membuat PT. Garuda Mataram Motor sebagai pemegang merek Volkswagen dan Audi di Indonesia harus menyetop penjualan mobil diesel. Artinya para konsumen tidak akan bisa menemukan mobil VW dan Audi bermesin diesel lagi di Indonesia. VW dan Audi Indonesia stop jual mobil diesel, apa alasannya ?

Baca juga: Pajak Sedan Akan Direvisi, Bagaimana Audi ?

Kasus Dieselgate Yang Menerpa VW dan Audi

Awalnya pada tahun 2015 lalu, Volkswagen terbukti berbuat curang dalam pengukuran uji emisi mobil di Amerika Serikat. Yaitu dengan menggunakan perangkat canggih (software) yang diletakkan pada mesin Turbocharged Direct Injection (TDI), sehingga bisa memanipulasi level emisi ketika mobil sedang diuji.

Dan ajaibnya, alat ini hanya berfungsi saat dilakukan pengujian emisi saja. Namun saat mobil sudah digunakan konsumen, maka level emisinya akan naik dan bisa ‘jumping’ hingga 40 kali lipat. Weladalah !

Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata software tersebut bukan milik VW, tapi punya Audi. Alhasil keduanya kena batunya, mereka harus menarik kembali 11 juta unit yang tersebar di penjuru dunia yang sudah dimanipulasi level emisinya. Model yang kena imbasnya yaitu model tahun produksi 2009-2015.

Tak Lagi Jualan Mobil Diesel

PT. GMM memutuskan untuk tidak lagi membawa dan menjual mobil diesel lagi karena tidak dibolehkan oleh pihak Volkswagen dan Audi. GMM tak mau ada masalah dikemudian hari jika masih nekat menjual mobil dieselnya ke Indonesia.

Selain dieselgate, pihak VW juga tidak direkomendasikan untuk membawa mobil diesel berstandar Euro VI ke Indonesia. Kenapa ? Karena kualitas bahan bakar di Tanah Air tidak sesuai dengan standar yang ditentukan yaitu Euro VI.

Di Indonesia sendiri, sebenarnya belum atau tidak menjual mobil yang bermasalah itu. Produk mobil diesel yang dijual di Indonesia aman dari ‘Recall’ seperti Audi Q7, VW Caravelle, dan VW Touareg.

Tanggapan GMM

Jonas Chendana selaku Chief Operation Officer GMM mengatakan

“Tahun ini kedepan, kami belum mau memasukkan diesel dan tidak boleh sama sama mereka (pihak prinsipal Volkswagen AG) karena punya pengalaman seperti itu mereka tidak berani spekulasi lagi. Bukan dilarang, mereka tidak merekomendasi”

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Replika Yamaha YZF-R1 Jonathan Rea Dijual Sangat Terbatas!

RiderTua.com - Replika motor balap Jonathan Rea Replica YZF-R1 di WSBK yang mengambil basis dari model standarnya, terinspirasi dari tim…

20 April 2024

Komentar Gigi Dall’Igna Atas Penampilan Marc Marquez, Bastianini, Pecco dan Martin di Texas

RiderTua.com - Meski Marc Marquez mengalami crash saat memimpin GP Amerika, General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna memuji kecemerlangannya. Pembalap…

20 April 2024

Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 : Hujan, Bautista Tercepat!

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 ..Jumat, 19 April 2024, Dalam sesi FP2 WSBK Belanda yang…

19 April 2024

Stefan Bradl : Ketika Marc Marquez Jatuh, Acosta Pasti Tersenyum

RiderTua.com - Stefan Bradl dan Marc Marquez bekerja bersama untuk Honda selama bertahun-tahun. Setelah Baby Alien pindah ke tim satelit…

19 April 2024

Hasil FP1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP1 WSBK Belanda 2024 ..Jumat (19/4/2024), Pembalap ROKiT - Motorrad , Toprak Razgatlioglu menjadi…

19 April 2024

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024