Menyalakan Lampu Siang Hari Bikin Cepat Rusak Akki?

image

Untuk alasan safety pengendara roda dua diwajibkan menyalakan lampu siang hari.. banyak artikel yang sudah membahas apa itu area blindspot pengemudi dimana saat kita berada diluar area pandang pengemudi lain baik itu mobil,truk atau kendaraan lain yang lebih besar..lalu apa sih untungnya buat kita? Apa gak malah tambah naik tuh bea perawatan motor kita..apakah kita gak akan sering beli bohlamp…apa gak tambah pendek usia pakai lifetime akki kita…??

image

Akki sebagai penyimpan listrik..
Alat-alat kelistrikan bisa menyala karena ada pembangkit dari dinamo ampere..yaitu kumparan yang mengubah energi gerak menjadi energi listrik biasa kita sebut spull/generator/stator..nah pada motor2 sekarang untuk menggerakkan piranti kelistrikan sebelum mesin berputar digunakanlah akki sebagai penggerak dinamo starter..kalau dulu engkol/kick stater.
Untuk kelistrikan lampu ada yang lansung dari pembangkitnya/generator ada yang menggunakan akki sebagai sumber dayanya…nah apabila akki ini terpakai (discharge) maka secara otomatis akan dilakukan pengisian kembali sehingga akki akan tetap terisi(recharge)..jadi artinya akki gak akan rusak..kecuali dimodif berlebihan.
Sesuaikan Kemampuan Akki..
Tentunya accecories standart pabrikan sudah melalui perhitungan..jadi untuk memodifikasi kelistrikan saya lebih menganjurkan untuk dikerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman,penyambungan (instalasi)asessoris tambahan yang salah bisa merusak akki…kebakar bisa juga…karena hubungan arus pendek akibat sambungan yang tidak rapi,kuat.
Rpm Mesin Perhatikan..
Ada apa nih..rpm standart selain merupakan standart untuk putaran pompa oli bekerja ternyata juga berpengaruh dalam pengisian akki.. karena putaran dibawah standart pengisian juga tidak maksimal…
Perawatan berkala..
Nah ini juga harus kita lakukan untuk menjaga keawetan komponen kelistrikan kita..dibengkel resmi lebih dianjurkan…karena gangguan awal komponen kelistrikan bisa dideteksi lebih dini dan tidak merembet ke komponen lain..

image

JADI AKKI TIDAK AKAN CEPAT RUSAK JIKA KITA MENYALAKAN LAMPU DISIANG HARI ASAL KITA TAHU TEKNIKNYA…

Related Articles

22 COMMENTS

  1. Nggak juga kok om!! Buktinya motor ane 1 tahun on terus ga pa2 kok!! Rpm…byasa ja, cos my bike listriknya langsung dri aki.;
    Smoga aki panjang umur kedepannya..

  2. tidak apa2 demi kepentingan bersama, apalagi bisa terhindar dari kecelakan, dipotong oleh kendaraan lain, terutama motor kita bisa terlihat sama penyeberang.

  3. alangkah sebaiknya menyalakan lampu motortu kalo memang benar2 dibutuhkan seperti ingin menyalip(mendahului), kecepatan tinggi(ngebut). dalam keadaan macet. Yg terakhir kalo ada polisi nyalakanlah lampumu hehehe….

Leave a Reply to Dani Pedrosa Cancel reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page