Fairing Yamaha M1 2018 Mungkin Dilarang !


Regulasi tahun 2018 tentang fairing (bentuk bodi) sepeda motor beserta spesifikasi mesin motor MotoGP belum berubah. Tentunya semua tim harus tetap mengikuti aturan tahun lalu. Dan yang berhak menyeleksi dan sortir desain fairing yang sesuai atau tidak sesuai adalah Chief Technology Officer MotoGP. Dialah Danny Aldridge dimana dia berharap solusi dari semua tim tetap sama dengan tahun lalu. Namun ada selentingan bahwa fairing yang dijajal Yamaha saat tes Valencia atau fairing Yamaha M1 2018 mungkin dilarang apakah benar demikian.?

Desain Sayap Bebas Berbatas

Sebagai kepala yang membidangi sisi teknologi di MotoGP, Danny Aldridge lah orang yang akan memutuskan secara adil sepeda MotoGP mana yang mematuhi peraturan dan solusi mana yang dianggap ilegal.

“Aturan dan peraturannya persis sama seperti tahun sebelumnya(2017), tidak ada perubahan. Oleh karena itu, saya berpikir bahwa semua varian dari produsen akan bergerak ke arah yang sama. Sulit mengatur area ini, dan saya mengerti bahwa beberapa solusi yang menjadi perhatian adalah sayap. Tapi kami mencoba memberi para insinyur beberapa kebebasan untuk membiarkan konstruksi sampai selesai dulu. Karena tidak otomatis bisa secepatnya saat tim mengganti fairing baru di motor mereka. Seperti Jorge Lorenzo adalah salah satu pembalap paling lambat diantara rider Ducati di seri Australia, Walaupun top speednya tinggi. Banyak pembalap yang melepas sayapnya.”

Danny Aldridge MotoGP

Yamaha Mungkin Dilarang

Selama sesi uji coba, semua tim bisa mencoba semua yang mereka inginkan. Misalnya Yamaha yang mencoba menggunakan sayap barunya di Valencia pada motor prototipe untuk musim 2018, yang mungkin tidak memenuhi peraturan.
Namun, begitu musim 2018 telah dimulai, hanya fairing yang telah diuji oleh Aldridge dan ternyata sesuai regulasi yang dapat digunakan. Setiap pembalap MotoGP kemudian dapat menggunakan Update lain selain “penyamaran” yang mereka gunakan untuk memulai musim 2018.

Kesimpulannya

Walau terlihat sayap Yamaha beresiko membahayakan bisa jadi menurut media itu adalah penyamaran. Atau pengujian maksimal sayap aerodinamika yang nantinya akan disesuaikan dengan aturan. Karena tepat sebelum balapan tim harus ajukan desain ke kepala teknik MotoGP Danny Aldridge. Setelah lolos baru bisa dipakai balapan musim 2018.

 

Comments Via Facebook

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*