Regulasi Baru WorldSBK Boleh Pakai Winglet SKB Apa Itu ?

Regulasi Baru WorldSBK Boleh Pakai Winglet  . – Komisi Kejuaraan Dunia Superbike ( SBK Commission) mengeluarkan keputusan terbaru. Dimana hal ini menyangkut penggunaan perangkat aerodinamika (Winglet) seperti yang dipakai pada motor prototipe MotoGP. Selain itu ada banyak lagi perubahan aturan untuk musim balap 2018. Yaitu batas putaran mesin(rev-limiter) dan batasan harga part /suku cadang baru.
Walau terlihat ini bukan hal baru (adopsi dari MotoGP). Namun tetap menarik karena akan ada bentuk motor superbike yang akan diaplikasikan ke motor harian nantinya.

Regulasi Baru WorldSBK Boleh Pakai Winglet
Regulasi Baru WorldSBK Boleh Pakai Winglet

Regulasi Baru WorldSBK Boleh Pakai Winglet

Pengembangan sayap dan spek ECU

Regulasi baru ini menyebutkan bahwa tim dan produsen boleh menerapkan komponen aerodinamika (misalnya sayap sayap) ke superbike mereka asalkan sayap yang dipasang ke motor itu sudah disetujui (homologated) atau boleh tapi dengan SKB( Syarat dan Ketentuan Berlaku).
Pengumuman ini membuka peluang bagi produsen sepeda motor untuk menerapkan winglet juga pada model produksi masal mereka, selain tampilan juga akan mempunyai keunggulan aerodinamika motor balap. Gagasan penerapan winglet ini justru lebih heboh dibandingkan perubahan pada paket elektronik WorldSBK.
Di sektor ECU untuk Kejuaraan Dunia Superbike produsen harus mencari cara lain untuk mendapatkan keunggulan dalam kompetisi balap secara mandiri sehubungan dengan penambahn sayap tadi.
Di MotoGP sudah terjadi penyeragaman spec-ECU, sedangkan aerodinamika menjadi fokus besar untuk pengembangan sebuah Motor balap tim. Sejalan dengan penggunakan sayap aerodinamis pastinya akan melengkapi sisi elektronik untuk mengimbanginya.

Pengembangan sayap dan spek ECU
Winglet superbike RF Aprilia RSV4

Ducati Superbike dengan Winglet Desmo GP

Tim yang akan siap dengan sayap ini pastinya bisa ditebak yaitu Ducati. Dengan Panigale V4 1000cc yang diperkirakan akan mulai debut akhir tahun depan, akan aplikasiakn aerodinamis dari MotoGP.
Aprilia sudah membuat sayap yang tersedia di versi Factory Works pada varian superbike RF Aprilia RSV4. Adalah pabrikan pertama yang menerpakan Aerowinglet di line up produksi superbike.
Kawasaki Ninja H2R supercharged mungkin akan menjadi hal menarik untuk di cermati desainnya. namun jika sudah kencang kenapa harus pakai winglet..?
Apalagi aturan ini perlu waktu untuk diterapkan di motor “Balap harian” . Dan sudah terlambat dalam proses pengembangan sepeda motor produksi yang akan dipakai balap di WSBK untuk musim 2018, mungkin untuk tahun 2019 ?

Comments Via Facebook

comments

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP dengan Ram Air, Tembus 200 PS !!

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP ? Kawasaki ZZR 1400 pertama kali secara resmi muncul di Tokyo Motor Show 2005. Kemudian tahun 2006 mulai mengaspal. Merupakan varian flagship dari Kawasaki ZX-12R. Namun tidak semua performa bisa [ Baca Lagi...]

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*