Categories: Sepeda Motor

Akibat Maraknya Kejahatan, Pemotor Dilarang Berboncengan, Loh Kok ?

Kejahatan dengan moped skutik

Sepeda motor adalah sarana angkutan yang sangat flexible, praktis dan mobilitasnya sangat tinggi, namun kelebihan ini justru dimanfaatkan untuk tindak kejahatan oleh orang -orang tertentu, bahkan pelakunya tidak hanya seorang melainkan berkelompok dengan peralatan yang komplit seperti gergaji mesin pemotong gembok besi, palu buat senjata atau pipa besi. Bahkan akhir-akhir ini sepeda motor itu dipakai sebagai alat untuk melakukan perampokan, dan akibat maraknya kejahatan maka pemotor dilarang berboncengan untuk sementara. 

Kejahatan dengan moped skutik

Untung saja pelarangan itu bukan terjadi di negara kita, adalah anggota dewan dari partai Green di London ysng bernama Sian Berry menyarankan pelarangan berboncengan terhadap pengendara motor sebagai langkah antisipasi dan mengurangi kejahatan dengan gunakan skutik atau lebih akrab disana dengan kalimat “moped crime” di London.

Berry, selain anggota dewan juga menjabat sebagai wakil ketua Komite Polisi dan Kejahatan, mengatakan bahwa dia telah mengemukakan gagasan tersebut kepada petugas senior Met.
Anggota Partai Green tersebut mengatakan bahwa polisi harus mempertimbangkan tindakan tersebut menyusul kejadian perampokan baru baru ini.
Larangan tersebut hanya akan berlaku pada “moped”, istilah yang sering digunakan oleh media saat merujuk pada kejahatan dengan menggunakan  skuter sebagai sarananya, walau skuitk bongsor tidak bisa disebut moped atau bebek( kubikasi kecil 50-100cc) kalau di marih namun tetap dilarang misalnya Xmax. Entah bagaimana dalam prakteknya karena bisa saja semua motor akhirnya dilarang membawa boncengan.

Sian Berry mengatakan: “Sejumlah kecil orang (pelaku kejahatan) menyebabkan ketakutan dalam jumlah besar di jalanan kita. Saya tinggal di hotspot yang sangat besar di Camden dan kekhawatiran penduduk dan perdebatan tentang bagaimana menghadapi ini berjalan sangat tinggi. Sebuah taktik yang digunakan di beberapa negara lain agar menciptakan lingkungan aman adalah untuk sementara melarang membonceng penumpang melintasi seluruh kota. Saya ingin tahu apa pendapat orang karena saya benar-benar tidak yakin ini sesuai untuk London. Tapi ada kemungkinan larangan sementara terhadap penumpang moped di wilayah tertentu akan membantu mengidentifikasi dan menargetkan tindakan polisi dengan lebih baik, karena siapa pun yang menentang larangan akan tahu bahwa mereka mungkin akan diajak berbicara. ”

moped crime kejahatan dengan skutik

Adie Kitachi, pendiri Motorcycle Crime Prevention Community dan konsultan keamanan sepeda motor untuk Motorcycle Action Group mendukung gagasan tersebut, dengan mengatakan: “Ini adalah ide bagus. Kadang-kadang saya membonceng pasangan saya tapi itu tidak begitu sering, jadi saya rasa terlalu banyak orang akan dirugikan. Sekarang penjahat menggunakan moped bertenaga tinggi (skutik besar) dengan membonceng penumpang yang dilengkapi dengan senjata.”

Lalu bagaimana tanggapan aparat ?. Komandan Julian Bennett dari Kepolisian Teritorial Met mengatakan, “Kami akan mempertimbangkan saran atau usulan dari siapapun yang mungkin membuat pelanggaran semacam ini semakin sulit dilakukan. Namun, setiap inisiatif yang diadopsi harus proporsional, praktis dan sesuai undang-undang saat ini. ”

 

  • Apakah mungkin karena HAM sehingga para penjahat itu tidak bisa di ajak ‘perang’ dan dibasmi oleh aparat… sehingga kejahatan bermotor meningkat di sono?
  • Kenapa pakai skutik karena dalam kondisi panik skutik dijamin solusi yang bagus buat melarikan diri, jika motor sport telat kopling saat start bisa mati mesinnya… wah wah… semoga trend ini tidak terjadi di negara kita yaaa.. wealahhh…

sumber :  bikeworld.co.uk 

This post was last modified on 22 November 2017 07:26

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Chery Siapkan Model Omoda Terbaru Lainnya?

RiderTua.com - Kesuksesan Chery dalam menghadirkan Omoda 5 di pasar global menjadi alasan dihadirkan varian listriknya, yaitu Omoda E5. Sejak…

20 April 2024

Alex Rins : Motor Kami Sangat Lamban..!

RiderTua.com - Setelah Suzuki mundur dari MotoGP pada 2022, Alex Rins memutuskan pindah ke tim LCR pada 2023. Ini artinya…

20 April 2024

GWM Tank 500 yang Dibanderol Lebih Dari Rp 1 Miliar

RiderTua.com - GWM Tank telah menghadirkan mobil SUV andalannya di Indonesia bulan lalu. Dikenal sebagai Tank 500, model SUV bermesin…

20 April 2024

Replika Yamaha YZF-R1 Jonathan Rea Dijual Sangat Terbatas!

RiderTua.com - Replika motor balap Jonathan Rea Replica YZF-R1 di WSBK yang mengambil basis dari model standarnya, terinspirasi dari tim…

20 April 2024

Komentar Gigi Dall’Igna Atas Penampilan Marc Marquez, Bastianini, Pecco dan Martin di Texas

RiderTua.com - Meski Marc Marquez mengalami crash saat memimpin GP Amerika, General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna memuji kecemerlangannya. Pembalap…

20 April 2024

Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 : Hujan, Bautista Tercepat!

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 ..Jumat, 19 April 2024, Dalam sesi FP2 WSBK Belanda yang…

19 April 2024