Apa Bedanya Mobil Listrik dengan Hybrid?

nissan e-power
nissan e-power

Sekilas, mobil listrik atau Electric Vehicle (EV) dan hybrid memang sama, yaitu menggunakan tenaga ramah lingkungan seperti baterai. Meskipun begitu, keduanya memiliki perbedaan. Cekidot.

Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid

Mobil listrik merupakan kendaraan yang digerakkan oleh sebuah motor listrik yang mendapat energi listrik dari baterai atau terhubung dari kabel. Itu berarti, motor listrik merupakan komponen utama dari mobil listrik. Selain itu, ada juga controller motor listrik, platform dan sistem pengisian baterai yang memiliki sistem manajemen baterai.

toyota prius hybrid
toyota prius hybrid

Kalo mobil hybrid terbagi menjadi dua, paralel dan series. Paralel hybrid menggunakan dua jenis sumber energi dan dua jenis penggerak, juga sumber energinya berasal dari motor pembakaran dalam. Terkadang kedua komponen ini dapat dijalankan secara bersamaan. Seperti pada Toyota Prius.

Series hybrid menggunakan komponen motor pembakaran hanya untuk memutar generator, bukan untuk menjalankan mobil. Tenaga yang dihasilkan nantinya akan disalurkan ke baterai dan dapat digunakan untuk menjalankan motor listrik, contohnya pada BMW i3. Nissan Note e-Power juga merupakan series hybrid, tapi memiliki range extender.

Komponen utama mobil hybrid terdiri dari mesin pembakaran dalam, sistem transmisi daya, motor listrik, baterai, platform, controller motor listrik dan ada controller khusus untuk menjalankan sistem hybrid.

Comments Via Facebook

comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*