Valentino Rossi, Rapor Merah dan Performa Juara MotoGP 2017

Valentino Rossi
Valentino Rossi

MotoGP, Musim balap 2017 merupakan catatan buram dan rapor merah Valentino Rossi, dimana tidak mampu bersaing memperebutkan gelar dunia, memang banyak faktor yang mempengaruhi performanya selama musim bergulir baik dari sisi tim, sepeda motor maupun kondisi fisiknya, semua saling ada keterkaitan satu sama lain yang berakibat tersendatnya prestasi The Doctor kali ini.



Faktor Yamaha YZR-M1

Sebagus apapun skill seorang rider dengan motor yang menyulitkan pastinya juga akan berdampak pada daya tempur sang pembalap, Valentino Rossi mengeluhkan performa motornya sejak awal musim Qatar, masalah yang menjadi momok bagi Yamaha adalah kurangnya grip atau daya cengkram ban belakang YZR-M1, paket Yamaha awal musim tidak cocok buat Rossi, namun justru sebaliknya bagus buat rekan setimnya Vinales ( parameter Rossi-Vinales beda). Kuncinya adalah di bagian sasis M1 Ver 2017 dimana Rossi sudah merasakan hal itu, namun ‘the race must go on’ tim berusaha beradaptasi dengan kondisi ini alhasil masih mampu bersaing berebut podium seri pembuka dan Qatar, paket M1 lumayan beradaptasi dengan cuaca panas dimana 3 seri awal masih bisa jejak podium.

Valentino Rossi- Johann Zarco
Valentino Rossi- Johann Zarco

Bencana seri Eropa

Seri Eropa menjadi awal bencana bagi tim Yamaha karena Valentino Rossi merasa ada yang salah dengan paket motor versi 2017 apa alasannya? M1 versi lama(2016) berhasil kalahkan tim pabrikan sendiri di seri Eropa di Spanyol dan Perancis Zarco berhasil finish posisi 4 dan 2, dan menurut analisa Rossi adalah karena sasis 2017 kurang bagus, sehingga di putaran Eropa mencoba dengan sasis baru dan performa M1 kembali agak terkatrol bahkan di seri Belanda Valentino berhasil Juara. Namun selama masa pengembangan ternyata di wet race motor kembali kurang kompetitif, ban cepat habis di lap-lap akhir dan performa di Eropa kembali turun namun kembali Rossi dan tim melakukan setup penyesuaian selama seri bergulir dan hasilnya Rossi bisa podium 3 di Inggris.

The Doctor jatuh tertimpa tangga

Kendala beruntun menimpa pembalap Italia ini selama masa pengembangan bukan lagi faktor teknis yang pengaruhi, namun dari sisi fisik ternyata juga ambil peranan besar dalam performanya musim ini, bukan fisik karena usia namun kecelakaan saat berlatih motor cross yang menyebabkan kakinya patah sangat menghambat pengembangan sasis M1 terbaru bahkan sempat absen di seri Misano. Kondisi ini bisa diibaratkan sudah jatuh tertimpa tangga dimana masalah sasis belum kelar sudah disambut oleh insiden patah kaki pastinya pengaruh besar terhadap kondisi fisik dan mental bahkan pembalap kawakan Max Biaggi berujar jika Rossi tidak jatuh dia bisa berebut kejuaraan hingga akhir musim.

Valentino Rossi
Valentino Rossi

Kesimpulannya faktor paket Yamaha yang tidak kompetitif merupakan rapor merah Valentino Rossi (Honda kunci gelar Konstruktor lebih awal di seri Sepang) dan beberapa insiden fisik yang menimpa Valentino Rossi dan absen di beberapa seri menjadi penyebab hilangnya dominasi The Doctor musim ini.

Comments Via Facebook

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*