Tuas Kopling Patah, Kabel Putus, Tenanggg… Motor Masih Bisa Jalan dan Oper Gigi ?

Tuas Kopling Patah bisa diakali
Tuas Kopling Patah bisa diakali

Malang tak dapat ditolak untung tak bisa diraih.. sebagai biker/ pemotor apalagi motor dengan menggunakan kopling manual terutama motor sport tentunya kejadian tak terduga bisa saja kita alami seperti jatuh ( semoga tidak), atau motor saat di standart diparkiran juga kemungkinan jatuh dan yang paling menyedihkan adalah rusaknya alat dari motor kita seperti patah tuas kopling misalnya… padahal tanpa itu logikanya kita akan susah untuk pindah gigi ( upshift / down shift), atau dikala kita touring ditengah belantara rimba kabel kopling prothol alias putus… apakah kita hanya menangis dan meratapi nasib ?
Lalu bagaimana solusinya? Mungkin kita bisa menelpon teman kita untuk dorong atau tarik motor kita… itu memang dianjurkan, lalu bagaimana jika kita berada di lokasi terpencil? mau telpon kuntilanak ๐Ÿ˜€
Sekali lagi ini adalah kondisi paling-paling darurat dan lakukan dengan smoth saja gak usah balapan… padahal para pembalap sering oper gigi tanpa kopling loh… untuk tetap jaga lap time.
Mungkin dengan cara ini kita bisa mencari bengkel terdekat yang bisa dijangkau untuk mendapatkan alat pengganti atau di servis… lah kalau malam hari piye bro…?
Saran pertama adalah tenang dan bisa jadi kita akan baik-baik saja walau ini memang masalah sih untuk motor kopling manual, ingat ini hanya bagi yang berani aja( berani ambil risiko).

kabel kopling putus masih bisa oper gigi
kabel kopling putus masih bisa oper gigi

Barikut Cara Oper Presneling/ Gigi Tanpa Kopling yang Aman

  1. Pilihlah rute yang kemungkinan paling sedikit berhentinya ( hindari lampu merah … hehe)
  2. Mulai menyalakan motor dengan posisi gigi netral (N).
  3. Jalankan atau dorong sepeda motor dengan kecepatan yang cukup sehingga motor tidak akan macet (Stall) saat kita masukkan gigi tanpa kopling. ( jalanan menurun lebih disarankan). Atau pakai gaya koboi dengan dorong sambil berlari di samping motor, kemudian “nyengklak’ motor sambil masukkan gigi setelah kita berada di atas motor kayak sembalap abis jatoh itu loh.. ๐Ÿ˜€
  4. Untuk masukkan gigi (upshift) cukup tutup gas(throttle) dan masukkan gigi dengan cepat, sebagian sepeda motor terbaru gak masalah tanpa tekan kopling saat masukkan gigi ( lihat video).
  5. Sekarang saat turun gigi, Segera lakukan Downshift (turun gigi) saat mesin sudah mulai “LUG” (gigi tinggi, 6 misalnya tapi kecepatan motor rendah alias motor mendut-mendut hampir mati ). Sebagai alternatifnya kita bisa kasih jeda sebentar throttle atau tutup gas untuk memberi kesempatan transmisi untuk “unload” dan memungkinkan kita untuk naik/turun gigi.
    Disarankan jika menemui lampu merah kita sesuaikan kecepatan agar sampai disana lampu sudah hijau ( sulit nih) ๐Ÿ˜€ dan jika harus berhenti usahakan gigi netral tapi biasanya kalau kurang sigap mesin akan stall (mati) karena kondisi LUG diatas, untuk lebih amannya disarankan untuk menepi di bahu jalan dan kala jalan lagi ulangi cara dari awal di nomor-1.
  6. Saat sampai lokasi yang dituju ( bengkel, rumah teman atau apa) turunkan gigi dikombinasikan dengan rem agar benar-benar aman berhenti dan selalu siap jika motor berhenti tiba-tiba… waspadalah.

Sekali lagi tidak dianjurkan untuk yang ragu dan hanya dalam kondisi darurat saja, kalau touring bareng teman mending di tarik atau dorong
semoga bermanfaat… ciaoo..

Tuas Kopling patah, masih bisa oper gigi
Tuas Kopling patah, masih bisa oper gigi

Berikut Video Oper gigi ( upshift /downshift ) tanpa kopling

Sumber

Comments Via Facebook

comments

2 Comments

  1. tuas kopling patah ane belum pernah ngalamin

    tapi kalo kabel kopling putus sering ^_^
    matikan mesin, netralkan gigi, dorong ke omm tambal ban terdekat
    beli kabel sling kopling punya vespa yang tebal buat subsitusi sementara.
    saat kabel kopling dipasang sembari disiram bensin ke lubang tali kopling supaya jalur bersih

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*