Yamaha Fino Akhirnya Pakai Ban Lebar [Juga]

PT. YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufakturing) akhirnya melakukan penyegaran pada skutik retro kebanggaannya Yamaha Fino. Kali ini yang diubah adalah penggunaan ban.

Yamaha Fino tak lagi menggunakan ban bertapak kecil namun yang lebih gedhe sehingga luas penampangnya menjadi semakin lebar. Ukuran pelek tetap menggunakan ukuran 14 inci namun ban depan menggunakan ukuran 80/80-14 (dulu menggunakan ukuran 70/90-14) dan ban belakang 100/70-14 (dulu 80/90-14) dan sudah pakai ban tubeless. Perubahan pada ban ini ditujukan demi menambah kenyamanan berkendara ala Fino.

Seperti diketahui ban tubeless adalah piranti wajib sebagai standart kendaraan saat ini. Kelebihan penggunaan ban ini adalah jika terkena benda yang tajam semisal paku maka ban ini tidak langsung gembos seperti ban jaman dulu sehingga pengemudi/pengendara bisa tetap berkendara sampai menemukan tukang tambal ban untuk memperbaikinya. Ban jenis ini biasanya harga dipatok lebih mahal tapi kalau memberikan keamanan dari tindak kriminalitas (nyebar paku di jalanan dan korban yang berhenti karena ban bocor akan dirampok) ya kenapa tidak, berganti menggunakan ban tubeless yah ?

Yamaha Fino menggunakan mesin berteknologi Blue Core ala Yamaha 125 cc, fiturnya lumayan lengkap ada AKS (advance key system) yang memudahkan pemiliknya mencari motor saat di parkiran, SSS (stop and smart system) mesin yang mati dengan sendirinya jika motor berhenti beberapa saat, dan SLS (Smart Lock System) motor bisa mengunci rem saat berhenti di tanjakan atau turunan.

 

Comments Via Facebook

comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*