Catat ! Marquez Patahkan Mitos Cakram Karbon di Misano

Selain menjadi pahlawan Spanyol yang tundukkan pasukan Italia dirumah balapnya sendiri Marc Marquez ternyata mematahkan sebuah mitos yang selama ini diyakini sebagai hal yang tidak masuk akal yaitu sehubungan dengan piranti penghenti laju yang tidak pernah dipakai saat balapan dalam kondisi hujan atau wet race, ya Marquez mementahkan mitos itu di Misano.
Di GP San Marino itu adalah kali pertama rider MotoGP memenangkan balapan dalam kondisi basah dengan rem cakram karbon, dimana saat itu baik Petrucci atau Dovizioso tampil dengan versi rem cakram baja yang biasanya.
Dan dengan demikian kemenangan yang ditorehkan Marquez di Misano adalah sejarah baru dimana itu adalah kemenangan pertama seorang pembalap di trek basah yang menggunakan rem karbon. Sampai beberapa tahun yang lalu, kondisi ini sepertinya sebuah hal yang tidak mungkin.
“Sebuah kemenangan yang tidak terpikirkan beberapa tahun yang lalu dan yang mematahkan anggapan rem karbon dipakai pada kondisi kering dan baja dengan kondisi basah. Kemenangan itu dimungkinkan oleh perbaikan sensasional yang telah dilakukan oleh Brembo pada cakram karbonnya selama beberapa tahun terakhir. Berkat bahan yang digunakan dan proses produksi yang semakin presisi, cakram karbon telah berevolusi secara signifikan. Hasilnya menegaskan bahwa inovasi teknis adalah bagian dari merk Brembo.”seperti dilansir dalam siaran pers Brembo
Ternyata memang Marc juga salah satu pembalap pertama yang ingin menguji solusi ini, dimulai saat tes di Sepang Malaysia beberapa tahun yang lalu, dan kini terbukti sudah diantara tiga pembalap yang sambangi podium Misano, pembalap Spanyol itu adalah satu-satunya yang menggunakan rem cakram karbon, sementara Petrucci dan Dovizioso memakai pilihan rem baja,dan ternyata memang Brembo sudah lama melakukan perbaikan dan bekerja dengan bahan karbon itu sehingga sekarang mitos tersebut telah terbantahkan.
Sebelum Misano untuk Honda RC213V 2017 rem depan menggunakan serat karbon yang disediakan oleh Brembo. Sedangkan untuk disk brake belakang dan disk depan jika kondisi basah RC213V menggunakan piringan rem baja produksi Yutaka.

Comments Via Facebook

comments

3 Comments

    • betul bro, rem cakramnya tetap karbon namun diberi cover pelindung hujan karena rem karbon baru efektif jika suhunya panas klo dingin kurang efektif sehingga diberi cover penutup supaya cakram karbonnya tetap dalam kondisi suhu yang ideal, hal ini juga pada rc213v nya cc35

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*