Inilah Bukti Kerasnya Persaingan Kelas Low MPV Indonesia

Baru saja nongol di dunia permobilan kelas low MPV di Indonesia, pihak Mitsubishi harus berpikir keras agar jualannya yaitu Mitsubishi Expander dapat bersaing sengit dengan para lawannya terutama sang raja low MPV Toyota Avanza. Kenapa pernyataan ini keluar ? Karena Daihatsu yang kini juga dimiliki Toyota mengeluarkan sebuah mobil konsep low MPV di GIIAS 2017 ini.

Daihatsu dan Toyota berhasil membuat khalayak otomotif terhenyak kaget. Mereka dengan sangat rapatnya menutup info tentang hadirnya sebuah mobil konsep yang siap diadu dengan Mitsubishi Expander yang saat ini menjadi “super star”.

Inilah kenapa saat dimintai keterangan soal hadirnya pendatang baru yang pada waktu itu digadang-gadang akan menjadi rival sejati Toyota Avanza, pihak Toyota/Daihatsu tenang-tenang saja. Media mengira jika itu dikarenakan Avanza/Xenia sangat kokoh dan sulit ditandingi karena penggemarnya lumayan banyak. Ternyata eh ternyata, karena mereka sudah menyiapkan mobil yang nantinya dipersiapkan untuk mem-back-up jika Avanza/Xenia benar-benar tergusur dari singgasana Raja Low MPV dan digantikan oleh Mitsubishi Expander.

Mobil konsep besutan Daihatsu ini dilabeli nama DN Multisix. Desain luar/eksterior tampak lain dari model Avanza/Xenia. Yang paling berubah adalah lampu depan dan grill penampilannya lain dari yang dulu. Dan DN Multisix ini juga ikutan memakai penggerak roda depan seperti low MPV lain di Indonesia. Jelas ini beda sekali dengan Avanza/Xenia yang memakai penggerak roda belakang. Ground clearance DN Multisix ini juga diklaim tertinggi di kelasnya mengungguli Expander yang kini dianggap paling tinggi di kelas LMPV (GC Expander: 205 mm sedang DN Multisix: 250 mm). Yang lebih unggul lagi, DN Multisix ini sudah menggunakan CVT sementara Expander belum mengadopsinya. Untuk tampilan belakang kayaknya ada kemiripan dengan Honda Mobilio.

Kayaknya Daihatsu/Toyota siap “hajar” Mitsubishi Expander nih. Wah bakalan seru nih cerita selanjutnya. Persaingan bisnis itu memang keras adanya.

Comments Via Facebook

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*