VSR700 Taxi Helikopter Tanpa Pilot (Autonomous)

Mungkin hanya sebuah hayalan jika ada helikopter tanpa pilot yang bisa mengantarkan kita ke tujuan tertentu seperti layaknya taxi, namun semua itu akan menjadi nyata setelah perusahaan ‘aerospace’ membuat helikopter otomatis pertamanya. Versi demonstrator dari Optionally Piloter Vehicle (OPV) VSR700 baru-baru ini sudah melakukan tes ‘self-piloted’ pertamanya, dengan penerbangan pertama dari prototype yang dirancang sepenuhnya untuk tahun depan.
Dalam uji coba penerbangan itu helikopter tersebut berhasil melakukan lepas landas, melayang, dan melakukan penerbangan dan manuver yang stabil. Selama uji coba itu seorang pilot keamanan berada di kokpit berjaga-jaga jika sistem kontrol penerbangan multi-channel otomatis tersebut tidak berfungsi.


VSR700 adalah kolaborasi antara Airbus Helicopters dan Helicopteres Guimbal (produsen helikopter Cabri G2, sebagai basis dari VSR700 ).
Diperkirakan helikopter otomatis ini akan mampu membawa muatan hingga 250 kg dan dapatterabng dengan jarak waktu tempuh hingga 10 jam tergantung pada aplikasinya, helikopter ini dimaksudkan terutama untuk digunakan oleh angkatan laut sebagai kendaraan udara taktis tanpa awak. Cara kerjanya dengan memanfaatkan berbagai sensor optik dan radar maritim/daratnya, helikopter ini juga dapat menemukan penggunaan operasi militer berbasis darat untuk melaksanakan misi ISTAR (Intelligence Surveillance Target Acquisition and Reconnaissance) yaitu membantu pasukan tempur dalam menggunakan sensornya dan mengelola informasi yang mereka kumpulkan.
Kalau ini bisa terealisasi maka kemacetan didarat akan bisa diatasi tapi bagi yang berduit saja, karena untuk taksi udara sepertinya masih belum terjangkau… sekali duduk di jok nya mungkin sudah ditarif sejuta rupiah weladalah.. namun menarik juga nih sebagai info teknologi terkini dan sepertinya akan dimanfaatkan untuk kepentingan militer, nah ini yang harus diketahui oleh kita di abad perang modern.

Comments Via Facebook

comments

Honda PCX 150 Lokal Vs Yamaha Nmax

PCX Tak Mudah Menggebuk NMAX

Kelahiran Honda PCX versi lokal baru beberapa hari. Kehadirannya langsung disangkut-pautkan sama sang rival terkuat Yamaha NMAX. Sempat dicibir oleh sebagian orang karena mereka menganggap Honda merebut “kue” Yamaha di segmen skutik maxi. PCX tak [ Baca Lagi...]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*