Drone Wi-Fi, Untuk Hasilkan Gambar 3D dari Lokasi Obyek Tersembunyi.

Beberapa tahun yang lalu ilmuwan dari Universitas California, Santa Barbara,  menggunakan robot yang dilengkapi Wi-Fi untuk mendapatkan gambar dua dimensi dari objek yang tersembunyi di balik tembok batu bata. Sekarang, dengan menggunakan drone udara, mereka telah mendapatkan gambar 3D dari benda tersembunyi yang serupa. Teknologi ini pada akhirnya bisa diaplikasikan dalam berbagai hal seperti pencarian dan penyelamatan, penemuan arkeologi dan pemantauan struktural, keren kan…

Proyek yang dipimpin oleh Prof. Yasamin Mostofi, tim UCSB menggunakan beberapa drone octocopter (mempunyai 8 motor dan 8 baling-baling) otomatis dan keduanya dilengkapi dengan Pemancar-penerima (transceiver) Wi-Fi.
Saat kedua drone terbang pada jalur sinkron di kedua sisi struktur yang terbuat dari batu bata empat sisi, salah satunya secara terus-menerus mengirimkan sinyal Wi-Fi, sementara yang lain mengukur kekuatan sinyal itu seperti yang diterimanya setelah melewati batu bata. Dengan menganalisis variasi dari kekuatan sinyal, memang memungkinkan untuk memastikan ukuran dan bentuk benda yang tersembunyi di dalam struktur, karena mengganggu beberapa sinyal yang ada.
Ketika robot darat hanya dapat mendapat gambar 2D, kemampuan drone untuk terbang tak hanya ke belakang dan ke depan namun juga ke atas dan bawah, memudahkannya untuk menilai objek dari jarak sudut yang lebar, dan menghasilkan gambar 3D.
Simak video berikut ini.

Comments Via Facebook

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*