Inilah Go-Kart Tercepat Di Dunia Akselerasi 98 Kpj Dalam 1,5 Detik

Kanada— Sebuah pabrikan otomotif yang mengkhususkan diri dengan varian elektrik membuat sebuah go-kart yang mereka klaim tercepat di dunia dan tentu nsaja ditenagai oleh listrik, pabrikan Daymak asal Kanada itu menggunakan tenaga baterai untuk mewujudkan ‘go-kart tercepat di dunia’.
Mereka namai  C5-Blast Ultimate, dimana menurut Daymak akan mampu melaju hingga kecepatan 98 km/jam dalam waktu 1,5 detik, sebagai pembanding mobil listrik Tesla Model S P100D, membutuhkan waktu 2,28 detik untuk mencapai kecepatan yang sama dalam tes yang dilakukan oleh Motor Trend.
Tenaga C5-Blast berasal dari motor listrik tanpa brush 10 kW ditenagai oleh baterai lithium-ion 2.400 Wh, namun itu bukan hanya itu saja yang membantunya melesat jauh, namun dilengkapi dengan motor Electric Ducted Fan (EDF) yang mampu menyediakan dorongan ke depan sebesar 60 kg , delapan lainnya dipasang di bodi menghasilkan dorongan ke atas sebesar 96 kg . Menurut perusahaan, itu berarti go-kart dengan berat 200 kg dapat mengeluarkan performanya setara dengan berat 100 kg.

“Kami sebenarnya dapat membuatnya lebih ringan dan lebih cepat, dan dalam poin tertentu go-kart ini dapat melaju seperti speeder darat di film Star Wars atau kami dapat menambah sayap dan bisa terbang, Kecepatan tidak akan menjadi masalah dan kami pikir kami dapat melakukannya dibawah 0 sampai 60 detik membuatnya lebih cepat daripada kendaraan lainnya yang pernah ada.” kata Presiden Daymak, Aldo Baiocchi.

Daymak mengatakan bahwa teknologi ini masih dalam tahap awal, jadi ini semua menjadi spekulasi pada saat ini dan perusahaan belum mengatakan bagaimana memperkirakan kecepatan dari go-kart yang paling kencang di dunia itu. Namun, tim F1 telah menggunakannya kipas itu untuk ‘downforce’, namun tidak ada bukti bahwa dengan menciptakan gaya angkat akan membuatnya melaju lebih cepat. Sebaliknya, para penggemar dalam ranah ‘bodywork’ akan mengurangi daya tarik, yang secara negatif mempengaruhi kemampuan mobil kart untuk menurunkan tenaganya, namun mungkin Daymak sedang menghitung pada kipas ‘vertikal’ di belakang pengemudi yang mengimbangi kerugian di area ini.

Apapun itu, Daymak akan membuat sepeda motor listrik, skuter dan ATV dan merencanakan untuk menjual mobil kart dengan dua versi berbeda, dengan label harga yang sangat berbeda. Model base C4-Blast, yang minus sistem EDF, dan dapat melaju hingga 98 Kpj dalam 3,9 detik, seharga 133juta rupiah ( 10K dollar). Dan untuk  model Ultimate dengan ‘neck-snapping’, dan juga lainnya, kita harus siapkan budget sekitar 799 juta rupiah ( 60K dollar).

Berikut Video Prototype C5-Blast dengan suara mirip mesin jet yang keluar dari kipas go-kart terkencang sejagad itu.
Sumber: Daymak

Comments Via Facebook

comments

toyota fortuner

Fortuner Laris di Dua Negara Ini

Fortuner Laris di Dua Negara Ini – PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia patut berbangga hati. Mobil SUV andalannya yaitu Fortuner ternyata laris di dua negara di Asia Tenggara ini. Semakin berkembanganya dua pasar tujuan ekspor [ Baca Lagi...]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*