Categories: Otomotif

Inilah Asal Penamaan Si Ganteng SUV Hyundai “Kona”

Korea—Hyundai Motor melansir kendaraan terbaru dalam perluasannya di ranah line-up stylish SUV, yaitu mobil kompak SUV Kona. Dengan desain yang tangguh dan individualitas yang tanpa kompromi, Kona merupakan mobil yang di desain untuk menarik perhatian pelanggan modern dengan gaya hidup yang aktif.
Hyundai Kona akan dijual di Korea bulan depan, lalu dilanjutkan ke Amerika Utara dan Eropa. Mobil ini akan bergabung bersama Tucson, Santa Fe dan Santa Fe Sport dalam menumbuhkan kembangkan line-up mobil SUV dari Hyundai Motor, saat ini memang perusahaan itu tengah melanjutkan untuk memperluas pilihan bagi para pelanggan dalam segmennya. Kona juga merupakan SUV pertama dalam segmen B dari desain ‘stand-out’ Kona yang diperkuat dengan gaya bodi mobil yang terlihat agresif, yang menekankan siluet dinamis secara proposional. Modelnya yang rendah dan lebar melengkapi profil mobil ini, dengan wheel base yang panjang dan overhang pendek memastikan handling yang sporty dan gesit, selain untuk memberikan stabilitas berkendara yang superior dalam kecepatan tinggi.

Penggunaan ‘Lampu komposit’ meningkatkan penampilan dan kesan berteknologi tinggi dari Kona. Daytime Running Lights (DRL) yang slim mendukung memberi sinyal dan diposisikan dalam ‘tumpukan’ dipisahkan dari lampu utama LED.
Lampu rem dengan model slim, indikator sein dan lampu mundur diletakkan dengan konfigurasi terpisah, dikelilingi oleh protective skin yang dimulai dari garnish pilar C.
Selain bentuk yang mudah dikenali, sejumlah variasi warna yang dapat dipilh memudahkan pembeli untuk menyesuaikan mobil Kona mereka. Atapnya diberi skema dua tone color, mendukung tingkat kontras yang tinggi antara bodi dan roda. Pembeli diharapkan akan merasa puas dengan keinginannya untuk mengekspresikan individualitas mereka. Kona menawarkan kombinasi mesin bensin dan diesel dengan output tenaga yang bervariasi, tergantung pada pasar dengan pilihan penggerak empat roda (4WD).
Berikut dimensi Hyundai KONA 
Panjang keseluruhan: 4.165 mm
Lebar keseluruhan: 1.800 mm
Tinggi keseluruhan: 2.600 mm

Hyundai Motor mengklaim bahwa mobil ini merupakan satu-satunya mobil yang dirakit dengan material baja di pabriknya sendiri dan memproduksinya secara global, dengan demikian bisa memberikan keuntungan besar untuk Korea. Body frame ringan telah dikembangkan untuk model baru yang menampilkan kemampuan dan komitmen Hyundai Motor untuk meningkatkan keselamatan pengemudi, penumpang dan pengguna jalan lainnya. Mobil SUV ini mendapat fitur seperti Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), yang menggunakan kamera depan mobil dan radar untuk mendeteksi tabrakan yang kemungkinan terjadi dan menghindari tabrakan atau meminimalisir kerusakan dengan mengerem secara otomatis. Sistem ini juga menggunakan kamera depan untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan, yaitu Lane Keeping Assist (LKA), High Beam Assist (HBA) dan Driver Attention Warning (DAW). Dengan besi baja berkekuatan tinggi sebesar 51,8 persen untuk mengantar tingkat keselamatan pasif kelas terdepan.

Sistem radar mobil juga dibantu dengan Blind-Spot Collision Warning (BCW) untuk mendeteksi kendaraan yang mendekat dengan kemungkinan akan dikaburkan dari pandangan saat berkendara dalam kecepatan tinggi. Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW) mendeteksi ketika kendaraan lain mungkin memasuki jalur yang berlawanan dengan mobil.

Kona dikembangkan dengan fokus untuk meningkatkan performa responsif dan pengendaraan dinamis untuk berkendara di perkotaan. Wheelbase yang panjang dan overhang pendek menciptakan ‘stance’ ditanam yang menghasilkan kelincahan yang luar biasa di lingkungan perkotaan dan stabilitas yang meningkat ketika mengendarai dengan kecepatan tinggi. SUV ini memiliki tiga mode berkendara, Sports, Normal dan Eco yang megoptimalkan distribusi torsi dan setelan gear-shift untuk membuat compat SUV cocok dalam semua persyaratan gaya mengemudi.
Hyundai Motor melanjutkan pendekatan yang ditetapkan oleh Tucson dan Santa Fe untuk menamai model crossover dan SUV setelah mengkalim destinasi perjalanan. Nama Kona berasal dari sebuah wilayah pesisir di Big Island, Hawaii, Amerika Serikat. Wilayah Kona terkenal dengan wisatawan yang mencari sensasi dan citra energik pulau tersebut tercermin dalam desain inovatif, praktis dan sangat fungsional dari SUV yang berfokus pada gaya hidup baru Hyundai Motor, begitu kata pihak Hyundai Motor.

This post was last modified on 27 Juni 2017 06:57

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Ducati Melepas VR46 Racing Karena Alasan Uang?

RiderTua.com - Hingga saat ini belum ada titik temu untuk kesepakatan baru antara Ducati dan VR46 Racing. Kontrak tim milik…

19 Maret 2024

Daihatsu Sigra Memimpin Penjualan Mobil Bulan Februari 2024

RiderTua.com - Daihatsu sudah tidak bisa diremehkan lagi soal penjualan mobilnya di Indonesia. Apalagi untuk mobil murahnya, Sigra, yang mampu…

19 Maret 2024

MG Motor Siap Rilis Mobil Baru di Indonesia

RiderTua.com - MG Motor telah sukses dalam meluncurkan dua mobil listriknya di Indonesia pada bulan lalu. Namun itu saja belum…

19 Maret 2024

Manajer Tim GASGAS Tech3 : Penasaran Melihat Aksi Acosta di Portimao, Siapa yang Dia Asapi?

RiderTua.com - Debut Pedro Acosta di MotoGP sungguh menarik. Rookie dari tim GasGas Tech3 itu langsung melaju ke Q2 dengan…

19 Maret 2024

Daihatsu Tak Mau Buru-buru Hadirkan Mobil Niaga Listrik

RiderTua.com - Daihatsu masih memimpin penjualan mobil niaga ringan di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Sementara itu, segmennya kini diisi…

19 Maret 2024

Penjualan Wuling Binguo Menurun Drastis Bulan Lalu?

RiderTua.com - Wuling kini memiliki tiga mobil listrik yang dijual di Indonesia, terdiri dari Air EV, Binguo, dan Cloud EV.…

19 Maret 2024