June 24, 2017

New Nissan Micra, Dapat Bintang- 5 Dalam Hal Keselamatan


Brussel, BELGIA— Euro NCAP (The European New Car Assessment Programme)  Adalah Program Standar Penilaian dan Kinerja Keselamatan dari sebuah mobil dari Eropa yang bermarkas di Brussels (Belgia) dimana tugasnya adalah melakukan pengetesan mobil atau crash test, mengumumkan hasil tes keselamatan kecelakaan Nissan Micra baru tanggal 31 Mei lalu, dan nyatanya meraih rating tertinggi sebanyak 5 bintang.
Uji tabrakan Euro NCAP dilakukan dengan offset depan 64 km / jam, muka samping 50 km / jam, tabrakan tiang 32 km / jam, dan tabrakan pejalan kaki 40 km / jam. Evaluasi Euro NCAP mengalokasikan poin sesuai 4 item. Dalam sistem terbaru, 40% poin dialokasikan untuk “kinerja perlindungan penumpang dewasa” yang dianggap paling penting. 20% masing-masing dialokasikan untuk tiga item “kinerja perlindungan penumpang anak” dan “kinerja perlindungan pejalan kaki”, dan “perangkat bantuan keselamatan” seperti kantung udara dan ABS, ESC.

Selain itu, Euro NCAP memperkenalkan ‘full front wrap crash tes’ di awal tahun 2015. Yaitu melakukan tes dengan mengasumsikan kondisi pengemudi wanita dengan tinngi badan lebih rendah dan penumpang di kursi belakang. Selain pengereman otomatis untuk penghindaran kondisi darurat, peralatan keselamatan canggih juga menjadi kriteria evaluasi.
Untuk mendapatkan 5 bintang tertinggi, 80% atau lebih dalam “kinerja perlindungan penumpang dewasa”, 75% atau lebih dalam “kinerja perlindungan penumpang anak”, 65% atau lebih dalam “kinerja perlindungan pejalan kaki”, kondisi yang dibutuhkan untuk mendapat harus poin 70% atau lebih. Bahkan jika satu dari empat item berada di bawah titik standar, ratingnya akan menjadi 4 bintang atau kurang, dan tidak dikenali sebagai bintang 5 dalam keseluruhan evaluasi.

Hasil uji coba model Nissan Micra yang baru ini memiliki performa proteksi penumpang dewasa sebesar 34,6 poin (91%), dan lolos mendapat semua bintang 5. Kinerja perlindungan penumpang anak adalah 39,1 poin (79%), memenuhi persyaratan kondisi bintang 5. Kinerja proteksi pejalan kaki adalah 33,4 poin (79%), yang memenuhi kondisi bintang 5. Peralatan bantuan keselamatan melebihi 70% yang dibutuhkan untuk 5 bintang, 8,7 (72%).
Hasilnya, New Micra ini memperoleh sertifikasi bintang 5 tertinggi dari Euro NCAP dalam evaluasi komprehensif. Euro NCAP berkomentar bahwa “lima bintang tersebut adalah rem otomatis untuk pejalan kaki, evaluasi kendaraan yang dilengkapi dengan pengaman, mobil yang tidak terpasang fitur ini akan mendapat rating empat bintang ”

 

 

Comments Via Facebook

comments

Berlangganan/ Subscribe Blog 'ridertua' via Email 👍

Artikel dalam Blog ini menarik bagi anda? Daftarkan Email anda untuk mendapatkan update rutin dari ridertua via email, gratis !!

Join 51 other subscribers

Be the first to comment

Leave a Reply

Translate »
%d bloggers like this: