Categories: Otomotif

Subaru WRX STI dan BRZ Special Edition Siap Meraung di Trek

Subaru BRZ tS hadir komplit dengan Rear Wing yang besar, Sejak Subaru BRZ diluncurkan, pengguna forum mengeluhkan tentang tenaganya, namun perusahaan tak menyadarinya. Minggu lalu, sebuah gambar dari BRZ biru dengan sayap dipasangkan di belakang mobil muncul dan membuat pengguna internet saling membahas tentang model yang lebih hebat ini. Sayangnya, penampilan akhirnya memasukannya dalam spekulasi tersebut. BRZ tS diluncurkan bersamaan dengan WRX STI yang lebih ganas, walaupun tidak memberikan power tambahan, namun mobil tersebut mendapatkan racikan dari sisi handling demi membuat balapan menjadi lebih menyenangkan.

Kecewa dengan output tenaganya yang tidak diubah, ada hal lain bahwa tS ini seharusnya menjadi ‘pengacau’ mutlak di lintasan balap. Peredam Sachs dan pegas coli disetel oleh STI yang telah disesuaikan, dan kawat v fleksibel baru dalam kompartmen mesin membantu mobil lebih kaku. ‘Draw Stiffener’ telah disesuaikan pula pada bagian chassis dan subframe dengan tujuan yang serupa.

Fitur lainnya yaitu roda 18 inci ringan, yang merupakan ukuran terbesar dalam BRZ, telah diperbaiki dengan empat ban Michelin Pilot Sporte berukuran 215/40. Rem Brembo juga stadar, untuk performa fade-free dibawah tekanan ekstrim.

Di luar, tim desainer telah habis-habisan membuat tampilan yang lebih garang untuk Subaru kecil ini. Perubahan yang paling diperhatikan adalah spoiler belakang serat karbon, yang dapat diatur secara manual tergantung pada bagaimana anda ingin menggunakan mobil ini. Ada pula side skirt baru dan penambahan pada bumper untuk penampilan yang lebih agresif, meski mereka tidak percaya mereka benar-benar membuatnya ‘downforce’. Aksen merah ditambahkan di bagian gril depan dan bumper belakang.

Di bagian dalam, beberapa logo tS telah dipasang di bagian tempat duduk, dan sabuk pengaman merah adalah standarnya. Bukan fitur yang inovatif, namun menjadi sentuhan yang bagus.

Di sisi lain, spektrum performa Subaru berada di tipe RA WRX STI. Tidak seperti BRZ, WRX telah menaikkan tenaga kudanya dari 305 hp (227 kW) ke 310 hp (231 kW) karena fitur cold air intake baru dan knalpot berperforma tinggi. Para pekerja juga menjalankannya dengan komputer mesin dan piston lebih kuat, sedangkan rasio pada gir ketiga juga unik.

Handling juga tidak dilupakan. Suspensinya telah dirombak dengan set strut depan terbalik dan wishbone belakang ganda, ditambahkan dengan peredam Bilstein di semua sisi. Rem Brembo dengan kaliper enam piston depan dan kaliper dua piston di belakang juga standar, dan merupakan sistem kontrol stabilitas yang dimodifikasi. Fitur rim BBS 19 inci dipasang dengan ban Sport Yokohama Advan 245/35.

Dari luar, Tipe RA telah diberi penampilan yang sangat mirip dengan BRZ tS. Garis warna merahnya terlalu mencolok di bagian gril, ketika ada spoiler chinbaru untuk memberi penampilan yang lebih garang. Jika sentuhan tersebut tidak diberikan, bisa dipastikan ini bukanlah WRZ STI normal, dengan sayap besar dan atap serat karbon.

Tersedia hanya 500 unit untuk setiap model berperforma baru akan dibuat untuk pasar Amerika Serikat, jadi jika anda menyukai penampilannya sebaiknya sesegeralah membelinya. Mobil yang mirip dengan Tipe RA akan mencoba untuk melakukan rekor putaran baru untuk sedan empat pintu di acara Nurburgring Nordschleife tahun ini.

  • 2.5-liter DOHC turbocharged engine (WRX STI, WRX STI Limited)
  • Harga jika dirupiahkan 360 jutaan Rupiah(FOB)

Sumber: Subaru

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Daihatsu Lanjutkan Produksi Rocky-Raize di Jepang

RiderTua.com - Sebelumnya Daihatsu diketahui melakukan manipulasi tes tabrak terhadap sejumlah mobilnya yang dijual di Jepang. Akibatnya beberapa model seperti…

24 April 2024

Citroen Menjual C3 Aircross Dengan Harga Terjangkau Karena Ini

RiderTua.com - Citroen telah meluncurkan mobil terbaru lainnya di Indonesia, yaitu C3 Aircross. Model SUV ini menjadi model ketiga dalam varian…

24 April 2024

Tesla Turunkan Harga Mobil Listriknya Lagi?

RiderTua.com - Tesla masih memimpin penjualan mobil listrik secara global pada kuartal pertama tahun ini. Seharusnya mereka sudah dapat mempertahankan…

24 April 2024

Honda Mobilio Baru Terjual 194 Unit di Q1 2024

RiderTua.com - Honda telah mencatatkan hasil penjualan yang cukup bagus sepanjang Maret lalu. Dengan lebih dari 10 ribu unit mobil…

24 April 2024

‘Rolling in the City’ dengan New Honda Stylo 160

RiderTua.com - Kemarin Selasa 23/04, MPM Honda Jatim mengadakan acara rolling city bersama skutik premium fashionable mereka yakni New Honda…

24 April 2024

Citroen Resmi Rilis C3 Aircross di Indonesia!

RiderTua.com - Citroen akhirnya meluncurkan mobil terbarunya di Indonesia, yaitu C3 Aircross. Mobil SUV ini menjadi varian baru lainnya dari…

24 April 2024