Categories: Sepeda Motor

Selamat Tinggal “Blindspot”, Ducati dan Bosch Bikin Warning System Canggih..

Pengendara motor 18 kali lebih beresiko tewas dalam kecelakaan daripada pengendara mobil. Bosch berpikir bahwa angka ini dapat dikurangi.
Manusia menjadi bagian yang tidak dapat diprediksi dalam penghitungan kecelakaan kendaraan, perusahaan elektronik Bosch berpikir bahwa mereka akan menghadirkan ‘solusi pintar’.
Dikembangkan dengan kolaborasi Ducati, Autotalks dan firma Australia Cohda Wireless, sistem kendaraan dikembangkan dengan cara kerja pada semua kendaraan dalam jarak beberapa ratus meter akan saling tersambung dan mengirim data dan informasi tentang tipe kendaraan, kecepatan, posisi dan arah perjalanan.
Artinya, jika sebelumnya ada motor yang terlihat, sensor dari kendaraan dalam jalan yang sama akan mengirim sensor dan saling tersambung ke kendaraan lain untuk memperingatkan dan memudahkannya untuk bertindak secara langsung (atau kemungkinan secara mandiri)
Bosch memberi skenario dalam demonstrasi ini, “Sebagai contoh, situasi berbahaya meningkat ketika ada motor mendekati mobil dari belakang di jalan dua lajur, yang nantinya berujung dengan tabrakan dengan mobil atau menyalipnya.”

“Jika sistem ini mengidentifikasi situasi yang berpotensi membahayakan, sistem ini mampu memperingatkan pengendara atau pengemudi dengan membunyikan alarm dan menyalakan lampu peringatan di dashboard. Kemudian, semua pengguna jalan menerima informasi penting yang mengaktifkan pertolongan untuk menghindari kecelakaan.”

Solusi digital ini seharusnya membuat ‘perlindungan digital’ yang dapat membantu menghindari dari situasi membahayakan dari kecelakaan sebelum pengendara atau pengemudi menyadari hal itu.

“Melalui sistem keselamatan seperti ABS dan ‘motorcycle stability control’, Bosch telah membuat pengendaraan roda dua menjadi lebih aman secara signifikan. Dengan menghubungkan dengan motor lain, kami akan memperisapkan keselamatan untuk tingkat selanjutnya.”

Dengan pengumuman seperti ini, dan adanya berita bahwa kendaraan konsep terbaru BMW adalah Scooter terkoneksi, dapat dipastikan bahwa teknologi digital dan elektronik akan membawa kita dalam membawa masa depan persepeda motoran kita.

 

Sumber: Bosch

This post was last modified on 1 Juni 2017 20:37

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

MotoGP Dibeli Liberty Media? Dominasi Rider Italia Dan Spanyol Berakhir?

RiderTua.com - Setelah membeli Formula 1, American of Liberty Media pun berusaha mengamankan MotoGP dengan tawaran sebesar 4 miliar euro…

29 Maret 2024

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024