May 28, 2017

Anda Pemilik Mobil ? Perhatikan Hal Sepele Tapi Berbahaya Ini.

Hidup di jaman sekarang dengan tingkat kriminalitas yang semakin mengkhawatirkan membuat kita diharuskan selalu waspada. Waspada di mana pun kita berada. kali ini kita membahas tentang mobil. Bukan spesifikasinya namun hal-hal sepele namun ternyata mengandung bahaya tanpa kita sadari. Apakah itu ?

Pertama adalah penggunaan kaca film. Tahukah anda penggunaan kaca film ini diatur dalam undang-undang. Tepatnya SK Menhub (surat keputusan Menteri Perhubungan) No. 439/U/Phb-76 tentang penggunaan kaca film. Menurut aturan disini, kaca film bagian depan, belakang dan samping harus terbuat dari bahan yang tak mudah pecah, bisa tembus pandang dari 2 arah yaitu dari dalam kabin maupun dari luar kabin. Kebanyakan karena privasilah yang menjadi alasannya. Tapi kaca film yang terlalu gelap dikhawatirkan jika terjadi sesuatu di dalam mobil (misalnya terjadi penganiayaan, penculikan, pencurian, perkosaan ) maka orang yang ada di luar tak bisa menolong karena kabin tak terlihat jelas dari luar. Dan jika kaca film terlalu gelap juga bisa kena tilang lo. Tapi jika kaca film terlalu terang juga bahaya, orang luar akan dengan leluasa melihat dalam kabin mobil. Kalau ada barang berharga bisa digasak pencuri atau perampok.

Kedua adalah penggunaan stiker. Stiker keluarga yang saat ini lagi in ayah, ibu, kakek, nenek, anak-anak dan stiker anggota TNI, pelaut atau apalah yang memberitahukan profesi sang ayah. Tanpa anda sadari anda telah memberitahukan keadaan keluarga anda. Jumlah anggota keluarga berapa. Terdiri dari berapa orang tua dan anak kecil apalagi jika sang ayah berprofesi kategori jarang pulang. Wah, bisa jadi sasaran empuk perampok dan pencuri. Seperti yang terjadi Amerika. Keluarga tentara AL Amerika ini memasang striker keluarga plus sang ayah digambarkan pake baju tentara. Walhasil suatu ketika saat sang suami tidak di rumah, terjadi perampokan di rumah tersebut. Sang perampok mengaku bisa mengerti keadaan rumah karena adanya stiker di mobil.

Memang, mobil ibarat rumah, mau diapain aja yang terserah gue yang punya. Tapi jika tetap memperhatikan keamanan gak ada salahnya bukan. Tetap waspada ya bro sis.

 

Comments Via Facebook

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Translate »
%d bloggers like this: