May 28, 2017

Inilah Ban Asimetris Terbaru buat Seri Perancis

Setiap sirkuit mempunyai ciri khas tertentu untuk jenis ban yang cocok dipakai buat balapan…  untuk seri Perancis kali ini pemasok ban tunggal Michelin menawarkan jenis ban khusus yaitu ban depan asimetris  yang akan di pakai di Le Mans akhir pekan ini.
Pembuatan jenis ban terbaru ini berdasarkan pada pengujian baru-baru ini di trek Le Mans yang  memungkinkan perusahaan pabrikan ban asal Perancis ini menyiapkan serangkaian ban yang sesuai dengan tingkat grip yang lebih baik disana… dengan karakter sirkuit stop & go tidak terlalu menyiksa ban apalagi ditunjang dengan permukaan sirkuit yang baru membuat daya lekat ban yang lebih kuat ke aspal untuk itu dikembangkan komposisi ban yang lebih keras di bagian sisi kanan depan dan untuk bagian ban belakang dengan kata lain akan menjadi desain asimetris semuanya..


Untuk seri ke lima di Le Mans Michelin akan menyediakan kompon ban dengan pilihan soft, medium dan hard yang trsedia untuk depan atau belakang dengan tipe slicks (balapan kering saja)..

Ban Michelin depan asimetris ini sebelumnya juga pernah digunakan di Sachsenring, Aragon, Phillip Island dan Valencia, namun untuk seri Le mans adalah kali pertama dipakai namun dengan profil dan konstruksi baru untuk musim 2017 seperti yang digunakan pada semua seri  sejauh ini… untuk ban terbaru yang kemarin sudah di tes di Jerez juga akan diumumkan jenis ban baru lagi yaitu pilihan ban depan alternatif dan akan selesai akhir pekan ini.

“Ini adalah akhir pekan yang sangat penting bagi kami karena ini adalah Grand Prix di ‘Rumah Michelin’ dan selalu memiliki makna khusus, dan harapanlebih… Orang-orang Prancis sangat sangat mendukung tepat di belakang kita, jadi kita harus tampil baik untuk mereka ” kata Piero Taramasso, Manajer Two-Wheel Michelin Motorsport.

 

Sebagai persiapannya pabrikan ban Michelin juga melakukan persiapan di trek Le Mans awal bulan ini disesuaikan dengan trek baru

“Awal bulan ini kami memiliki tes yang bagus di Le Mans untuk mencoba permukaan (aspal) baru dan mengumpulkan data sebanyak mungkin tentang senyawa mana yang akan kami gunakan….  Hal ini memungkinkan kami kembali ke (markas kami di) Clermont-Ferrand dan mempersiapkan berbagai ban yang akan memberikan performa optimal di  sirkuit terkenal ini…. asphalt baru akan memberikan grip bagus di kondisi keringyang sudah kita temukan saat tes dan saat hujan di pagi hari pun juga memiliki daya lekat yang sangat mengesankan di musim hujan, yang bisa menjadi penting karena cuaca bisa berubah- ubah di Le Mans. “

Untuk ban basah Michelin menawarkan senyawa soft dan medium… Ban merupakan faktor nomor satu dalam setiap balapan, baik buruknya balapan akan tergantung dari kualitas ban yang disajikan Michelin dan seberapa pintar tim beradaptasi dengan ban.. sekencang apapun motornya tanpa adanya keselarasan dengan ban maka akan memberikan hasil berbeda di Race..

 

 

Comments Via Facebook

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Translate »
%d bloggers like this: